SKRIPSI PGMI
Implementasi Pengelolaan Kelas pada Pembnelajaran Tematik di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al Mujahidin Gumalar Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal
Dalam pembelajaran berbasis tematik (integrated curriculum) membutuhkan pengelolaan kelas yang baik supaya pembelajaran menjadi optimal. Pengelolaan kelas yang kurang baik mengakibatkan peserta didik merasa bosan untuk tinggal lebih lama di kelas. Selain hal itu, wacana perubahan kurikukulum pada satuan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar dan menengah di Indonesia dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka dalam rangka pemulihan pembelajaran yang dilakuka secara bertahap menjadi dasar bagi peneliti untuk meneliti penerapan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik, mengingat kurikulum 2013 sudah lama diterapkan dan dalam penerapannya menggunakan pembelajaran tematik. Sehingga sebelum berakhirnya penerapan pembelajaran tematik khususnya dalam hal mengelola kelas, peneliti merasa perlu utnuk mengetahui pengimplementasinya. Dari permasalahan tersebut penelitian ini fokus pada: (1) Implementasi pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik di kelas II MI Al-Mujahidin Gumalar Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik di kelas II MI Al- Mujahidin Gumalar Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik di kelas II MI Al-Mujahidin Gumalar Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik di kelas II MI Al- Mujahidin Gumalar Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitan lapangan (field research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini pertama, implementasi pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik di kelas II MI Al-Mujahidin Gumalar Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal ini mencakup pengelolaan fisik kelas dan pengelolaan dalam proses pembelajaran tematik yang berkaitan dengan siswa. Kedua, faktor pendukungnya adalah, fasilitas dan pendekatan guru. Faktor penghambat berupa kondisi dan kemampuan membaca siswa.
23SK2323082.00 | SK PGMI 23.082 ARA i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain