SKRIPSI PGMI
Implementasi Metode Yanbu'a dalam Pembelajaran Baca Tulis Al Qur'an (BTQ) di Madrasah Ibtidaiyah Sullam Taufiq Kajen Kabupaten Pekalongan pada Kelas 5
Metode yanbu’a merupakan salah satu metode belajar Al-Qur’an yang terdiri dari juz 1, juz 2, juz 3, juz 4, juz 5, dan juz 6. Metode ini digunakan di MI Sullam Taufiq Kajen Kabupaten Pekalongan. Peneliti merumuskan masalah yaitu (1) Bagaimana implementasi metode Yanbu’a dalam pembelajaran BTQ di MI Sullam Taufiq Kajen Kabupaten Pekalongan pada kelas 5? (2) Apa saja problematika dalam pembelajaran BTQ di MI Sullam Taufiq Kajen Kabupaten Pekalongan pada kelas 5? Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Yanbu’a dalam pembelajaran BTQ di MI Sullam Taufiq Kajen Kabupaten Pekalongan pada kelas 5, untuk mengetahui problematika dalam pembelajaran BTQ di MI Sullam Taufiq Kajen Kabupaten Pekalongan pada kelas 5. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan(field research), sedangkan sumber datanya adalah sumber data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa penerapan metode ini terdiri 3 tahapan, yaitu tahap awal pembelajaran, tahap inti pembelajan, dan tahap akhir pembelajaran. Adapun problematikanya adalah kondisi kelas yang kurang kondusif, kemampuan siswa yang berbeda-beda dan alokasi waktu pembelajaran yang kurang.
23SK2323080.00 | SK PGMI 23.080 FAR i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain