SKRIPSI PGMI
Penerapan Penguatan (Reinforcement) dalam Pembelajaran Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SD Negeri Pecabean 01 Kabupaten Tegal
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran PPKn. Salah satunya siswa tidak memperhatikan guru ketika menyampaikan materi, sibuk dengan dirinya sendiri, bermain dengan teman sebangku atau mengganggu teman lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan secara umum penerapan penguatan (Reinforcement) yang diberikan kepada guru kepada siswa SDN Pecabean 01. Rumusan masalah pada penelitian yang dilakukan adalah (1) Bagaimana penerapan penguatan (Reinforcement) pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran PPKn SD Negeri Pecabean 01? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada penerapan (Reinforcement) pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran PPKn SD Negeri Pecabean 01? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif karena peneliti mendeskripsikan suatu fenomena atau suatu keadaan yang sebenarnya dialami oleh subyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penguatan (Reinforcement) pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran PPKn SD Negeri Pecabean 01, sudah menerapkan dengan baik meliputi penguatan verbal berupa pujian kepada peserta didik dan penguatan non verbal yang berupa senyuman dan gerakan. Untuk faktor pendukung meliputi kesadaran diri siswa, lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran dari siswa sendiri, kurangnya perhatian siswa, dan kurangnya minat pada materi pembelajara.
23SK2323078.00 | SK PGMI 23.078 USM p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain