SKRIPSI PGMI
Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalahan Matematika Siswa Kelas IV di MSI 05 Sampangan Kota Pekalongan
Kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah, sehingga apa yang ditanyakan pada sebuah soal tidak dapat diselesaikan. Maka perlu adanya solusi untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada pembelajaran Matematika, utamanya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.untuk mengatasi hal tersebut peneliti melakukan Eksperimen pemebelajaran Model Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk: (1).Untuk mengetahui Kemampuan pemecahan masalah siswa yang tidak menggunakan model NHT dalam pembelajaran matematika pada kelas IV MSI 05 Sampangan Pekalongan (2). Untuk mengetahui Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran matematika pada kelas IV MSI 05 Sampangan Pekalongan. (3). Untuk mengetahui perbedaan Kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan NHT dan siswa yang tidak menggunakan NHT dalam pembelajaran matematika kelas IV MSI 05 Sampangan Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen/ Ekperimental Semu. Dengan pendekatan penelitian Kuantitatif. Pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi serta uji Wilcoxon dan Main Whiteney sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini adalah (1). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika yang tidak menggunakan model NHT Siswa MSI 05 Sampangan Pekalongan Memperoleh Hasil Nilai Pretest Rata-rata nilai 61,54 sedangkan Nilai Postest rata rata nilai 71,54. (2) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika yang menggunakan model NHT Siswa MSI 05 Sampangan Pekalongan Memperoleh Hasil Nilai Pretest Rata-rata nilai 60,38 sedangkan Nilai Postest rata rata nilai 80,77. (3) Hasil Penelitian menunjukan adanya perbedaan Kemampuan penyelesaian Masalah Siswa yang dikenai dan tidak dikenai dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) matematika siswa kelas IV di MSI Sampangan 05 Kota Pekalongan. Hal ini di tunjukan dari hasil uji Mann Whiteney, diketahui nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebasar 0,000 < 0,005. Maka Ha Diterima dan Ho ditolak berarti berarti ada perbedaan Kemampuan penyelesaian Masalah Siswa yang dikenai dan tidak dikenai dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) matematika siswa kelas IV di MSI Sampangan 05 Kota Pekalongan.
23SK2323076.00 | SK PGMI 23.076 FAC e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain