SKRIPSI PAI
Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Selama Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus Desa Menguneng Kecamatan Warungasem Batang)
Kata Kunci: Peran orang tua, Pendidikan Agama Islam
Pendidikan merupakan upaya manusia untuk memperluas cakrawala pengetahuannya dalam rangka membentuk nilai dan sikap. Seorang Ayah dan Ibu berkewajiban mendidik, mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anaknya. Orang tua merupakan pendidik pertama bagi anak-anak yang juga mempunyai peran yang sangat besar dalam membina pendidikan anak. peran dan upaya orangtua dalam hal ini harus diperhatikan dengan baik sehingga kepribadian anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sekolah adalah pendidikan maka sekolah memegang peranan penting di dalam aktivitas pendidikan. Sekolah bisa dalam batasan-batasan tertentu bila membentuk kepribadian anak. Walaupun ia bukan satu-satunya masih ada orang tua, guaru, teman, rumah, dan lingkungan.
Dalam peneliatian ini penulis akan merumuskan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana Peran Orangtua Dalam Meningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Selama Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus Desa Menguneng Kecamatan Warungasem Batang)? 2) Apa saja Faktor dalam Meningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Selama Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus Desa Menguneng Kecamatan Warungasem Batang)? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui Peran Orangtua Dalam Meningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Selama Pembelajaran Jarak Jauh
Peneliti ini merupakan peneliti yang menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi, paparan data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran orang tua sangat besar dalam membina, mendidik, memotivasi, dan membesarkan anak hingga menjadi sukses. Dengan pemberian perhatian, pemberian hadiah, dan pemberian penghargaan dapat mempengaruhi motivasi belajar anak sehingga peran orang tua sebagai panutan bagi anak untuk membina dan mengajarkan anak tentang sifat terpuji dan tercela, keteladanan kisah-kisah para rasul dan sahabatnya, shalat, puasa dan doa sehari-hari, kemudian peran orang tua sebagai fasilitator anak menyediakan semua kebutuhan anak demi menunjang kenyamanan dan proses belajar anak, dan peran orang tua sebagai motivator anak berperan untuk menguatkan anak untuk giat belajar dan terus termotivasi sehingga anak mendapatkan nilai yang baik.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul kadir. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana
Achmad Badaruddin, Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikan
Agus Purwanto “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar”. Journal of education Psycology and counseling Universitas Pelita Harapan, Indonesia volume 2 nomor 1 2020 .
Agus suprijono. 2011. Cooperative Learning/Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Ahmad D. Marimba. 1987. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung ; Alma ’arif , 1987
Anas salahudin. 2011. Filsafat Pendidikan . Bandung: Pustaka Setia,
Anas Salahudin. 2011. Filsafat Pendidikan Bandung: Pustaka Setia
Anggy Giri Prawiyogi. “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di Sdit Cendekia Purwakarta” Jurnal Pendidikan Dasar.
Danim, Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
Daradjat, Zakiah dkk. 2004. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Daulay, Haidar Putra. 2012. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Prenada Media Group
Departemen Pendidikan Nasional, KBBI Edisi ketiga, (Balai Pustaka),
Diana Sari, “Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa,” Jurnal bimbingan dan Konseling Indonesia: Teori dan Aplikasi 5 (November 2017)
Dimyati, dan Mudjiono, 2013.Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta
Dindin Jamaluddin, Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam (Bandung: Pustaka Setia,
Fatchul Mu‟in. 2011. Pendidikan Karakter (Konstruksi Teoritik & Praktik), Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Haerudin dkk,” Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19” Universitas Singaperbangsa Karawang.
Hamzah B. Uno,. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara
Hening Hangesty Anurraga, “Peran Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi pada Program Home Visit di Homeschooling Sekolah Dolan Malang),” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 7, no. 3 (2019): 4.
Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara,Observasi, Dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif . Jakarta:Rajawali Press
Hermus Hero dan Maria Ermalinda Sni, “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan MotivasiBelajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang,” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 1, no. 2 (2018): 130.
I Putu Yoga Purandina. “Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama PembelajaranJarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3 No. 2. 220
Ignatius Sulistyo, “Peningkatan Motivasi Belajar dengan menerapkann Model Pembelajaran Kooperatif TGT Pada Pelajaran PKN,” Jurnal Studi sosial 4, no. 1 (2016): 17.
Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, 140
Kartini Kartono, Peranan Keluarga Dalam Memandu. 2012. Jakarta : Rajawali
KEMENDIKBUD,2012. Pengantar Umum SILABUS PAI Kurikulum 2013, Jakarta: 2012
Kompri, 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa (Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Lidia Simnihuruk at el., 2019. E-learning: Implemesntasi, strategi dan Inovasi. Medan:Yayasan Kita Menulis
Lilia Kusuma Ningrum.“Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan.” IAIN Metro Lampung, 2019.
Martono Nanang, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder Jakarta:Rajawali Press
Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: remaja Rosdakarya
Muhaimin. 2019. Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam: dari paradigm, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pmebelajaran. Jakarta: Rajawali.
Muhammad Abdullah Ad-Duweisy. 2014. Menjadi Guru yang Sukses dan Berpengaruh, Surabaya: Pustaka Elba.
Munir. 2020. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta CV
Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: Prestasi Pustakarya
Nana Syaodih, 1980. Sikap Belajar Siswa Aktif dan Motivasi dari Guru dengan Prestasi Belajar, Bandung: IKIP
Nika Cahyati,Rita Kusumah. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19” Jurnal Golden Age. Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1. 2020.
Oemar Hamalik. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara
Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Siti Aini Latifa, Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Assalam Bnadung, Jurnal Tarbawi Vol. 1 No 1 Maret 2012
Sri Lestari. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana
St Marwiyah. 2018. Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013.Yogyakarta: Deepublish
Suci Ramadhanti Febriani. “Implementation Of Arabic Learning During Covid-19 Emergency In Indonesia: Hots, Mots, Or Lots?”. Alsinatuna Journal of Arabic Linguistics and Education Vol. 5 No. 2, June 2020,
Suradi. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Thursan Hakim. 2005. Belajar secara Efektif . Jakarta:Puspaswara
Werdayanti, Rina 2015. Nilai Boleh Biasa Mental Harus Juara. Yogyakarta: Istana Media
Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, K. P. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Diesease (Covid-19).Kompas 14 April.
Yusuf, Syamsu. 1993. Dasar- Dasar Pembinaan Kemampuan Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV Andria
23SK2321221.00 | SK PAI 23.221 MUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain