SKRIPSI PAI
Hubungan Pembelajaran Bimbingan Belajar Masuk Gontor Dengan Keberhasilan Anak Dalam Mengikuti Ujian Masuk Gontor
Kata kunci: Bimbingan Belajar, Keberhasilan, Ujian Masuk Gontor.
Proses pendidikan yang berjalan tidak hanya terjadi di sekolah, akan tetapi di luar sekolah pun terjadi proses pendidikan. Dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan di Indonesia terbagi kedalam tiga jalur utama, yaitu formal, non formal, dan informal. Proses pembelajaran yang ada diluar sekolah (formal) contohnya adalah adanya lembaga-lembaga resmi yang menyediakan layanan bimbingan belajar yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan prestasi atau minat belajar. Pondok Modern Darussalam Gontor setiap tahunnya menerima ribuan santri yang tersebar di beberapa kampus pusat dan cabang yang ada di dalam maupun luar pulau Jawa. Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor adalah sebuah wadah bagi para alumni Pondok Modern Darussalam Gontor untuk bisa terus bergerak dalam berbagai bidang yang tujuan utamanya adalah berdakwah untuk masyarakat luas, salah satunya bidang pendidikan. IKPM ini tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia dan disebut sebagai IKPM Gontor Cabang. Salah satu program IKPM yang terus berjalan sampai saat ini adalah adanya Bimbingan Belajar Masuk Gontor. Bimbingan ini diperuntukkan bagi anak-anak yang ingin melanjutkan studinya ke Pondok Modern Darussalam Gontor.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran dalam Bimbingan Belajar Masuk Gontor (Bimago) IKPM Pekalongan, (2) Apakah terdapat hubungan antara Bimbingan Belajar Masuk Gontor (Bimago) IKPM Pekalongan dengan keberhasilan anak dalam mengikuti ujian masuk Gontor. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rumusan-rumusan masalah yang telah disebutkan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif yaitu menekankan analisisnya pada data-data nominal (angka) yang diolah dengan statistika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yakni dengan menggunakan simple random sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi phi dengan statistik.
Hasil dari perhitungan dalam penelitian ini, menyatakan bahwa terdapat hubungan antara pembelajaran Bimbingan Belajar Masuk Gontor (Bimago) IKPM Pekalongan dengan keberhasilan anak dalam mengikuti ujian masuk Gontor dengan hasil perhitungan nilai value sebesar 0,199 dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,011. Kemudian diperoleh nilai∅_t 0,148. Karena nilai Øh = 0,199 > nilai Øt = 0,148 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara pembelajaran bimbingan masuk Gontor dengan keberhasilan anak masuk Gontor pada taraf 5%.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdi, Husnul. Tujuan Pembelajaran, Manfaat, dan Klasifikasinya yang Perlu diketahui. https://hot.liputan6.com/read/4376551/tujuan-pembelajaran-manfaat-dan-klasifikasinya-yang-perlu-diketahui (Diakses tanggal 28 Mei 2022).
Aisyah, Siti. 2015. Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: DEEPUBLISH CV. Budi Utama.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Dwi Putri. 2007. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Skripsi Jurusan Tarbiyah. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Azwar, Saifuddin. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bernadette, Tynan. 2004. Melatih Anak Berpikir Seperti Jenius. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Elisa, Edi. Pengertian Pembelajaran. https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-pembelajaran.html (Diakses tanggal 28 Mei 2022).
Erica, Denny. Hubungan Dan Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMA Kafah Unggul Tangerang. Jurnal Program Studi Manajemen Informatika.
Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Handoko, Martin, dkk. 2016. Bimbingan & Konseling di Sekolah. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Jihad, A. & Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Kartikasari, Rahayu, dkk. 2019. Hubungan Bimbingan Belajar Di Luar Sekolah Dengan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Kompri. 2017. Belajar (Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya). Yogyakarta: GrahaIlmu.
Machali, Imam. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Program Studi MPI UIN Yogyakarta.
Miftahillah. 2014. Hubungan Antara Bimbingan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Di MI Nidhomiyah Jombang. Jurnal Pendidikan, Vol. II, No. 2.
Octavianty, Resma, dkk. 2021. Hubungan Bimbingan Belajar Dalam Keluarga Dengan Prestasi Belajar Matematika Kelas Tinggi SDN 26 Watang Palakka. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol. 5, No. 3.
Riadi, Eri. 2014. Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.
Risaldy, Sabil & Meity H. Idris. 2014. Implementasi Bimbingan & Konseling pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
Salafudin. 2009. Statistika Terapan Untuk Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gama Media.
Santoso, Singgih. 2002. Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sinar. 2019. Hubungan Bimbingan Belajar Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Parepare. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah.
Sriyono, Heru. 2012. Bimbingan Dan Konseling Belajar Bagi Siswa Di Sekolah. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartini, Andewi. 2014. Faktor-faktor Keberhasilan Belajar Menurut Pemikiran Al-Ghazali. Artikel Penelitian Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati.
Sundayana, Rostina. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ulum, Bakhrul. Keberhasilan Belajar Siswa. http://blogeulum.blogspot.com/2013/02/keberhasilan-belajar siswa_24.html?m=1 (Diakses tanggal 13 mei 2022).
Website resmi Gontor, Sejarah IKPM Pondok Modern Darussalam Gontor. https://ppikpm.gontor.ac.id/sejarah/ (Diakses tanggal 26 Desember 2021) .
Wibowo, Agung Edy. 2012. Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian. Yogyakarta: Gramedia.
Wijayanti, Ratna, dkk. 2014. Hubungan Bimbingan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Tunagrahita SMALB. Jurnal Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan, Vol. I, No. 2.
Yani, Nur Winda, dkk. 2013. Faktor-faktor Penghambat dan Pendukung Siswa SMP Kelas 9 Mengikuti Ujian Nasional. Makalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, SMP Negeri 9 Mandau Duri Riau.
Yasa, Gede Sedana. 2014. Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu
23SK2321220.00 | SK PAI 23.220 ALF h | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain