SKRIPSI PAI
Penerapan Blended Learning Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan
Kata Kunci: Blended Learning, Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar
Penerapan model blended learning merupakan salah satu cara agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dimana model pembelajaran ini merupakan penggabungan antara pembelajaran luring dan pembelajaran daring. Dalam menerapkan pembelajaran dengan berbasis blended learning tentunya membutuhkan aplikasi tambahan agar guru bisa memberikan materi ajar atau bahan ajar, tugas-tugas kepada siswa kapan pun dan dimana pun. Diharapkan dengan penerapan model blended learning ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya untuk belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan blended learning dalam mata pelajaran PAI pada siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK N 1 Kedungwuni, untuk menjelaskan penerapan blended learning pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK N 1 Kedungwuni, dan untuk menjelaskan faktor yang mempengaruhi dalam penerapan blended learning pada mata pelajaran PAI di SMK N 1 Kedungwuni.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Penerapan model pembelajaran dengan berbasis blended learning pada mata pelajaran PAI di kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kedungwuni meliputi tiga tahapan dalam pelaksanaannya, meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, serta kegiatan akhir dan tindak lanjut kegiatan. (2) Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat melalui pembagian motivasi meliputi motivasi yang berasal dari dalam (motivasi intrinsik), serta motivasi yang berasal dari luar (motivasi ekstrinsik). (3) Faktor yang mempengaruhi penerapan blended learning pada mata pelajaran PAI siswa kelas X Teknik Pemesinan, antara lain Faktor pendukung internal meliputi, semangat yang tinggi dalam belajar sedangkan faktor pendukung eksternal meliputi, sarana dan prasarana yang mendukung serta penggunaan metode pembelajaran yang tepat, sedangkan faktor penghambat meliputi, kondisi fisik siswa saat menerima pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa dengan materi yang diajarkan dan kondisi sinyal yang kuat.
DAFTAR PUSTAKA :
Agustina, Lisa dan Ghullam Hamdu. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)”. Tasikmalaya: Jurnal Penelitian Pendidikan, No. 1, 12.
Al-Hakim, Rais Tsaqif Yahya, dkk. 2021. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris). Yogyakarta: UAD Press.
Amna Emda, Amna. 2017. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran”. Banda Aceh: Lantanida Journal, No. 2, V.
Anwari, Ahmad Mufti, dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Orientasi Standar Proses Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Arianti. 2018. “Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Sulawesi Selatan: Didaktika Jurnal Kependidikan, No. 2, Desember, XII.
Asfiati. 2020. Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Kencana.
Cendana, Wiputra dan Sinthia Marlina Amperawati Turnip. 2021. “Implementasi Model Flipped Classroom Menggunakan Metode Diskusi pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar”. Tanggerang: Pedagogik, No. 1, Februari, IX.
Dewantara, I putu Mas. 2021. ICT & Pendekatan Heutologi dalam Pembelajaran Abad ke-21. Yogyakarta: Deepublish.
Diantoro, Fery, dkk. 2021. “Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasioanl Di Masa Pandemi Covid-19”. Ponorogo: Ma’alim: Jurnal Pendidikan Islam, No. 1, Juni, II.
Dwiyogo, Wasis Djoko. 2018. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Press.
Fatoni, Abdurrahman. 2011. Metodologi penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Firmansyah, Lely Novia, dkk. 2021. Microsoft 365 Sebagai Media Pembelajaran. Jawa Timur: CV. Beta Aksara.
Gora, Winastwan. Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Haidir dan Salim. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Hamim, Ahmad Husni, dkk. 2022. “Pengertian, Landasan Tujuan, dan Kedudukan PAI dalam Sistem Pendidikan Nasional”. Bandung: Jurnal Dirosah Islamiyah, No. 2, Februari, IV.
Hanum, Latifah. 2017. Perencanaan Pembelajaran. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Hartono, Jogiyanto. 2018. Metode Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: Penerbit Andi (anggota IKAPI).
Indra, Widya dan Yanti Fitria. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digitial untuk Meningkatkan Karakater Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Yogyakarta: Deepublish.
Indriani, Tri Mughni, dkk. 2018. “Implementasi Blended Learning dalam Program Pendidikan Jarak Jauh pada Jenjang Pendidikan Menengah Kejuruan”. Bandung: Edutcehnologia, No. 2, Desember, II.
J. Muleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Jailani, Mohammad, dkk. 2021. “Pengembangan Materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam”. Cirebon: Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, No. 1, XI.
Karimah, Sayyidatul dan Ahmad Aunur Rohman. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar SISWA Kelas XI”. Jurnal: At-Taqaddum, No. 1, 10.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan S.E. No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Lubis, Rajo Hasim, Yul Ifda Tanjung, dkk. 2021. Aplikasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Marelda, Meisy dan Hasfira. 2021. “Peran Guru Dalam Memotivasi Siswa Pada Masa Pandemi”. Jurnal Pendidikan dan Konseling, No. 1, III.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi Dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Nugraha, Farhan Sifa dan Dahwadin. 2019. Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Wonosobo: CV. Mangku Bumi Media.
Putri, Rahmawida. 2021. Model Blended Learning Berbasis Quided Inquiry. CV. Tahta Media Group.
Rachmawati, Betty. 2020. “Penerapan Google Form dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan”, Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang.
Magelang: Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang.
Rahmawati, Tuti Fatma, dkk. 2021. Pembelajaran untuk Menjaga Ketertarikan Siswa di Masa Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Biologi. Yogyakarta: UAD Press.
Salamah dan Chomaidi. 2018. Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.
Saldana, Johny, dkk. 2017. Qualitative Data Analysis A Method Source Book. USA: Sage Publication.
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
Saputro, Yusron Rizqi. 2021. “Implementasi Model Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun”, Skripsi IAIN Ponorogo. Ponorogo: Perpustakaan IAIN Ponorogo.
Setiawan, Johan dan Albi Anggito. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sudana, I Wayan. 2021. “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Blended Learning melalui Aplikasi Classroom”. Badung: Indonesian Journal Of Educational Development, No. 1, Mei, II.
Sudirman, Acai, Akbar Iskandar, dkk. 2020. Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, Dedi, dkk. 2021. “Wajib Belajar Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional”. Bogor: Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, No. 1, X.
Suprihatin, Siti. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Lampung: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, No. 1, 3.
Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Untung, Slamet. 2019. Metodologi Penelitian Teori Dan Praktik Riset Pendidikan Dan Sosial. Yogyakarta: Litera.
Usman, Husain, dkk. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.
Zamzam, Fakhry, dan Firdaus. 2018. Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
23SK2321219.00 | SK PAI 23.219 RIS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain