SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Artikulasi Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas X IPS di MAN Pekalongan
Kata Kunci : Artikulasi, Sejarah Kebudayaan Islam, Siswa
Berdasarkan observasi pendahuluan serta wawancara pendahuluan dari guru sejarah kebudayaan Islam bahwa masih sering dijumpai siswa-siswi MAN Pekalongan yang kurang semangat dalam belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam serta banyak siswa-siswi yang kesulitan dalam mengingat poin-poin penting dalam pelajaran. Pemilihan metode Artikulasi dirasa sesuai untuk membantu peserta didik dalam belajar, menyusun, dan menyimpan sebanyak mungkin informasi yang didapat peserta didik, serta mengelompokkannya dengan secara alami.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode artikulasi dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas X IPS di MAN Pekalongan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat metode artikulasi dalam menumbuhkan motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam kelas X IPS di MAN Pekaongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode artikulasi agar menumbuhkan motivasi siswa kelas X IPS dalam belajar sejarah kebudayaan Islam di MAN Pekalongan serta untuk menjelaskan apa saja faktor pendukung dan penghambat implemetasi metode artikulasi dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada kelas X IPS di MAN Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dimana peneliti berangkat ke lapangan secara langsung dengan mengunakan pendekatan kualitatif yang menekankan pada data deskripsi dalam bentuk kata-kata dan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa,Implementasi metode artikulasi dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas X IPS di MAN Pekalongan meliputi kegiatan awal pembelajaran, inti pembelajaran dan akhir pembelajaran. Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode artikulasi dalam menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas X IPS di MAN Pekalongan, antara lain: faktor pendukung internal meliputi, motivasi diri anak sedangkan faktor pendukung eksternal meliputi, kerja sama teman kelompok, motivasi dan pengawasan orang tua, dampak positif media internet, dan guru yang mengampu, sedangkan faktor penghambat meliputi, kurangnya motivasi dan pengawasan dari orang tua, teman kelompok yang tidak serius, keterbatasan waktu, dan siswa yang kelelahan dan mengantuk.
DAFTAR PUSTAKA :
Agata, Andika Kurnia. 2016. Gambaran Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro Semarang, Skripsi Universitas Diponegoro.
Anggito, Albi & Johan Setiawan. 2018.“Metodologi Penelitian Kualitatif”. Sukabumi: CV Jejak
Arifin, Zaenal dan Feri Ferdian. 2019. Penerapan Metode Artikulasi Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa: Studi Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X Ipa 2 Ma Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri, Jurnal: el Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education Vol1, No 1.
Azis, Abdul. 2019. Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai terhadap Pengembangan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 7, No. 1.
Faturrahman, Amang, dkk. TT. Implementasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Madrasah Tingkat Dasar di Kabupaten Pasuruan, jurnal: AL Murabbi, Vol.5, No. 2.
Ghullam Hamdu, Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas Iv Sdn Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya), Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1 April
Hamid, Abdul. 2017. Guru Profesional, Jurnal Al Falah, Vol. XVII No. 32
Harahap, Hafni Andriani dan Awaluddin Sitorus. 2019. Gerakan Inovasi Mendidik Berkarakter. Lampung: CV Perahu Lentera Group.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Husnal, Hidayati, Gusmaweti, Erwinsyah Satria. 2013. Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Model Artikulasi di kelas IV SD Negeri 55 Air Pacah Padang, Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 1 No.2
Karimah, Sayyidatul dan Ahmad Aunur Rohman. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar SISWA Kelas XI, Jurnal: At-Taqaddum, Vol.10, No.1.
Kurniawan, Wahyu. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Materi Pokok Akhir Khayat Nabi Muhammad SAW. Menggunakan Metode Artikulasi Pada Kelas V MI MA’ARIF NU 02 Kaliwedi Kecamatan Kebasen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. IAIN Purwokerto. Jawa Tengah
Mahdaliyah. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melaui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends di Kelas X MIA 2 MAN Palopo, Skripsi. IAIN Palopo. Sulawesi Selatan.
Mahsunah. 2017.Sejarah Kebudayaan Islam, Jurnal Pedagogic, Volume 9 Nomor 1 September
Margarita D. I Ottu, Phidolija Tamonob. 2021. Profesi Guru Adalah Misi Hidup, Indramayu: CV. Adanu Abimata
Maufur, Hasan Fauzi. 2020. Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikan. Semarang: ALPRIN
Nafiur Rofiq, M. 2011. Potret Kebijakan Pendidikan Diniyah. Yogyakarta: Yogyakarta Absolute Media
Priyastuti, Dwi. 2019. Pendidikan Empirisme. Jurnal. Volume 6
Rifriyanti, Eni. 2019.Variasi Metode Pembelaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTS Miftahul Ulum Weding Bonang Demak, Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, Volume 2 Nomor 2 Agustus
Rubiana, Euis Pipieh. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar IPA Siswa SMP Berbasis Pesantren, Jurnal Pendidikan Biologi, Volume 8 Nomor 2.
Rukhayati, Siti. 2019. Strategi Guru PAI Dalam Mebina Karakter Peserta Didik SMK AL Falah Salatiga. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.
Semiawan, Conny R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakter dan Keunggulannya,Cikarang: Grasindo.
Setiawan, Heri, Try Capriani Susanti dan Heri Hadi Saputra. 2021. Pengaruh Metode Artikulasi Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iii Sdn 28 Cakranegara. Jurnal: Renjana Pendidikan Dasar, Vol. 1 No. 11.
Sugiyono. 2010.MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Suhari dan Aslan. 2018. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pontianak: CV Razka Pustaka.
Sulfemi, Wahyu Bagja. 2018. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Kabupaten Bogor. Jurnal: Ilmiah Edutecno, Vol. 18, No. 1.
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal. PROMOSI, Vol.3. No. 1.
Surya Afriza , Eswendi , Efrizal. 2012.Perbedaan Hasil Belajar Apresiasi Seni Rupa Antara Metode Artikulasi Dengan Metode Konvensional, jurnal ejurnal. Unp. Vol 1, No 1.
Surur, Agus Miftakus Moch. Erwin Wahyudi, M Anggi Mahendra. 2020.Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Artikulasi Sebagai Perangsang Timbulnya Kompetensi, Jurnal Factor M: Focus ACTion Of Research M Athematic, Volume 2, Number 2, Juni
Suyatno. 2009. Menjelajahi Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Musmedia Buana Pustaka.
Umrati dan Hengki Wijaya. 2020.Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wahidin. 2019. Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar, Jurnal Pancar, Vol 3 No 1.
23SK2321218.00 | SK PAI 23.218 ARI i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain