SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Anti Radikalisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kasus tindakan radikalisme yang melibatkan pelajar. Sehingga memunculkan indikasi bahwa radikalisme mulai masuk melalui dunia pendidikan. Maka dunia pendidikan perlu melakukan tindakan pencegahan agar para pelajar terhindar dari paham radikalisme atas nama agama dengan menggintegrasikan pendidikan anti radikalisme ke kurikulum yang ada. Salah satunya dengan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan anti radikalisme dalam mata pelajaran PAI. SMK Muhammadiyah Kajen merupakan salah satu sekolah yang menjalankan kegiatan pendidikan untuk mencegah menyebarnya paham radikalisme agama atau pendidikan anti radikalisme di dunia pendidikan.
Permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah bagaimana pandangan keagamaan guru PAI dan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Kajen? Dan bagaimana implementasi pendidikan anti radikalisme dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Kajen? Tujuan yang akan dicapai adalah untuk mendeskripsikan pandangan keagamaan guru PAI dan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Kajen, dan untuk menjelaskan implementasi pendidikan anti radikalisme dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Kajen. Penelitian ini berguna bagi guru untuk memberikan gambaran guna menyiapkan strategi implementasi pendidikan anti radikalisme yang serasi dengan fakta yang terdapat di sekolah ia berada. Bagi siswa, untuk memberikan kesadaran kegiatan implementasi Pendidikan anti radikalisme dalam pembelajaran. Bagi peneliti, sebagai penambah pengalaman dan wawasan yang berharga tentang implementasi Pendidikan Anti Radikalisme dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sebuah lembaga pendidikan.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen/dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara interaktif melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pandangan keagamaan guru PAI dan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Kajen cenderung kepada pandangan yang moderat, karena menganut kepada paham yang ramai berkembang di lembaga Muhammadiyah yaitu tentang Islam Wasathiyah (tengahan) meskipun tidak terlepas dari pandangan yang konservatif. Sedangkan implementasi pendidikan anti radikalisme dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Kajen berjalan dengan lancar pada setiap komponen kurikulum pembelajaran PAI yaitu tujuan pembelajaran, materi/bahan ajar, dan metode pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA :
Adams, Ian. 2004. Ideologi Politik Mutakhir. Political Ideology Today, terj. Ali Noerz aman. Yogyakarta: Qalam.
Adiwilaga, Rendy dan Agus Kurniawan. 2021. “Strategi Pemerintah Daerah Terkait Pencegahan Paham Radikalisme Agama Di Kabupaten Bandung”. Jurnal JISIPOL, Vol. 5, No. 1, Januari 2021. Bandung.
Agustinova, Danu Eko. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis.
Alhairi. 2017. “Pendidikan Anti Radikalisme: Ikhtiar Memangkas Gerakan Radikal”. Jurnal Tarbawi, Vol. 14, No. 2, Juli-Desember 2017. Kuantan Singingi.
Al-Munawwar, Said Aqil Husin dkk. 2021. Islam Menyejukan. Surabaya: Global Aksara Pres.
Arif, Syamsuddin. 2008. Orientalis dan Diabolisme Pemikiran. Jakarta: Gema Insani.
Ariyanto, Adik dan Margono Aziz. 2018. Pendidikan Al-Qur’an Hadits SMA/SMK Muhammadiyah. Jakarta: Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah.
Azra, Azyumardi. 2014. “Kembalinya Konservatisme Islam Indonesia”. Jurnal Studia Islamika, Vol. 21, No. 2, 2014.
Azra, Azyumardi. 2022. “Konservatifme Agama”. http://republika.co.id/2019 /08/19/Diakses 03 Januari 2022.
Bachtiar, Tiar Anwar. 2017. Pertarungan Pemikiran Islam di Indonesia. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Daradjat, Zakiah. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Aliyy Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: CV. Penerbit Diponegoro.
Djalal, Abdul dan M. Syamsul Huda. “Islam Moderat dan Islam Radikal dalam Perspektif Generasi Milenial Kota Surabaya”. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, Vol. 4, No. 2, Juli 2020. Surabaya.
Fahrurrozi. 2015. “Ekspresi Keberagaman Masyarakat Islam Indonesia: Mozaik Multikulturalisme Indonesia”. Jurnal Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, Vol.7, No.1, 2015. Mataram.
Fikriansyah. 2019. “Peran Pendidik dalam Upaya Deradikalisasi Paham Keagamaan”. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 15, No. 02, Desember 2019. Yogyakarta.
Fitria, Rohana dan Mashuri. 2019. Pendidikan Akidah Akhlak SMA/SMK Muhammadiyah. Jakarta: Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah.
Fuad, Anis dan Kandung Sapto Nugroho. 2014. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hadi, Mohammad Solikul dan Anggraeni Putri Rahayu. 2018. Pendidikan Fikih SMA/SMK Muhammadiyah. Jakarta: Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah.
Hariyati, Nuria Reny dan Hespi Septiana. 2019. Radikalisme Dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis. Gresik: Graniti.
Hasnunidah, Heni. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Hassan, Muhammad Kamal. 1987. Modernisasi Indonesia: Respon Cendikiawan Muslim. Jakarta: Lingkaran Studi Indonesia.
Hidayat, Taufik. 2018. “Pendidikan Anti Radikalisme di Sekolah Dasar”. Skripsi. Purwokwerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Hifni, Mohammad. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Anti Radikalisme Dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Edisi Revisi Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas”. Tesis. Madura: Perpustakaan IAIN Madura.
Ichwan, Nur dkk. 2014. Conservative Turn. Bandung: Al-Mizan.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V.
Khalim, Abdul. 2017. “Model Pendidikan Islam Anti Radikalisme Di Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes”. Tesis. Semarang: UIN Walisongo Semarang.
Khoiriyah. “Pendidikan Anti-radikalisme dan Strategi Menghadapinya (Ikhtiar Menyusutkan Gerakan Radikalisme di Indonesia)”. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 2, Juli 2019.
Probolinggo.
Kurzman, Charlez (ed.). 2003. Wacana Islam Liberal: Pemikiran Islam Kontemporer tentang Isu-isu Global. Jakarta: Paramadina.
Laisa, Emna. 2014. “Islam dan Radikalisme”. Islamuna: Jurnal Studi Islam, Vol. 1, No. 1, 1 Juni 2014. Pamekasan.
Maftuh. 2019. “Islam Liberal Perspektif Leonard Binder dan Charles Kurzman”. Jurnal Studi Islam Miyah, Vol. 15, Nomor 02, Agustus 2019. Gresik.
Maghfiroh, Ningmas. 2010. “Pendidikan Anti Terorisme (Alternatif Pengembangan Kurikulum PAI)”. Skripsi. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Muhaimain. 2008. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin, Aghust. 2019. Transformasi Gerakan Radikalisme Agama Dari Sentral menjadi Lokal. t.tp: CV. Rasi Buku.
Muslim, Muhammad. 2012. “Islam Kanan Vs Islam Kiri di Indonesia”. Jurnal al-Adalah, Vol. 16 No. 2, November 2012. Jember.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Qodir, Zuly. 2010. Islam Liberal: Varian-varian Liberalisme Islam di Indonesia 1991-2002. Yogyakarta: LkiS.
Quthb, Sayyid. 2002. Terjemahan Tafsir Fi Zilalil Quran. Jakarta: Gema Insani Press.
Ramdhun, Abdul Baqi. 2002. Al-Jihad Sabiluna, terj. Solo: Era Intermedia.
Redaktur Kompas.com. “Pelaku Bom Bunuh Diri Marriott Remaja 18 Tahun”. https://www.google.com/amp/s/amp.compas.com/tekno/read/2009/08/08/ 18180192/~Nasional. (Diakses tanggal 31 Mei 2021 pukul 09.55 WIB).
Sapariyanto dan Nasrul Harahab. 2019. Pendidikan Tarikh SMA/SMK Muhammadiyah. Jakarta: Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah.
Sarwono, Jonathan. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Edisi 2. Yogyakarta: Suluh Media.
Siroj, Said Akil. 2015. “Rekonstruksi Aswaja sebagai Etika Sosial: Akar-Akar Teologi Moderasi Nahdlatul Ulama”, dalam Islam Nusantara dari Ushul Hingga Kebangsaan, Akhmad Sahal dan Munawir Aziz.
Bandung: Mizan Pustaka.
Sodikin, Ahmad dan Muhammad Anas Ma`arif. 2021. “Penerapan Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi”. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Vol. 19, No. 2, 2021. Malang.
Sudhita, I Wayan Romi. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukatin dan M. Shoffa Saifillah al-Faruq. 2020. Pendidikan Karakter. Sleman: Penerbit Deepublish.
Suryadi, Rudi Ahmad. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Susanto, Nanang Hasan. 2018, “Menangkal Radikalisme Atas Nama Agama Melalui Pendidikan Islam Substantif”. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12, Nomor 1, Tahun 2018. Pekalongan.
Sutarsyah, Cucu. 2016. Pendidikan di Indonesia Permasalahan dan Solusinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Sya’roni. 2019. “Strategi Integrasi Pendidikan Anti Radikalisme Dalam Kurikulum SMA/MA”. Karangan: Jurnal Kependidikan, Pembelajaran dan Pengembangan, Vol. 1, No. 1, Februari 2019. Lamongan.
Takdir, Muhammad. 2012. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Untung, Mohammad Slamet. 2019. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Penerbit Litera.
Wiarto, Giri. 2015. Psikologi Perkembangan Manusia. Yogyakarta: Psikosain.
Widodo, Sugeng dan Dian Utami. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yusuf, Achmad. 2018. “Moderasi Islam Dalam Dimensi Trilogi Islam (Akidah, Syariah dan Tasawuf)”. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No. 2, Juni 2018. Pasuruan.
Zuhri, Ahmad Muhibbin. 2010. Pemikiran KH. M. Hayim Asy’ari Tentang Ahl al-Sunnah Wa-Al Jama’ah. Surabaya: Khalista.
23SK2321214.00 | SK PAI 23.214 MUH i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain