SKRIPSI PAI
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Minat belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Materi Iman Hari Akhir MTS Wahid Hasyim Warungasem>
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya, Minat Belajar.
Metode tutor sebaya merupakan bimbingan belajar dimana yang memberikan materi adalah teman satu kelasnya yan memiliki pengetahuan lebih dari yang lain. Untuk meningkatkan minat belajar siswa, seorang guru memiliki kewajiban menciptakan pengajaran yang mempu membantu murid lebih kreatif. Untuk itu penggunaan metode tutor sebaya perlu diterapkan di ata pelajaran akidah akhlak. Siswa yang pandai dari siswa lainnya ini menjadi tutor menjelaskan materi tentang iman kepada hari akhir. Untuk itu dengan adanya metode ini siswa bisa memahami dan bertanya dengan temannya tanpa adanya rasa takut..
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran akidah akhlak (materi iman kepada hari akhir) mts wahid hasyim warungasem.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya siswa kelas IX di MTs Wahid Hasyim Warungasem dengan kriteria yang pertama siswa merupakan kelas IX di MTs WAhid Hasyim Warungasem, kedua telah mengikuti pembelajaran dengan metode tutor sebaya. Anak yang sesuai dengan kriteria tersebut ada 30 anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini adalah dibuktikan dengan mean dari variabel X (metode pembelajaran tutor sebaya) adalah 72,57, sedangakan hasil mean dari variabel Y (minat belajar) adalah 83,33. Pada tingkat signifikansi 5% (df = n-2=30–2= 28) diperoleh nilai ttabel nya yaitu 1,70113 sedangkan nilai ttest 5,554, maka ttest 5,554 lebih besar dari ttabel 1,70113, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa IX pada mata pelajaran akidah akhlak (materi iman kepada akhir) MTs Wahid Hasyim Warungasem. Langkah selanjutnya yaitu menghitung koefisien determinan (R square) dan mendapatkan angka 52,4%, Artinya metode pembelajaran tutor sebaya mempunyai pengaruh sebesar 52,4 % terhadap minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran akidah akhlak (materi iman kepada akhir) MTs Wahid Hasyim Warungasem
DAFTAR PUSTAKA :
A , Riwahyudin. 2011. Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamanda. Jurnal pendidikan dasarVol. 6 No 1
Ahmad Abu dan Tri Prasetya, Joko. 2014. Stategi Belajar Mengaja. Bandung: CV. Pustaka Setia
Aminatun, Siti 2020Pengaruh E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Program Kejar Paket C Di Pkbm Pioneer Karanganyar, Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Ansori. Miksan. 2015. Panduan Analisis Manual Penelitian Kuantitatif, (Ngawi: STIT Muhammadiyah Ngawi
Aprijal dkk. 2020. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal pendidikan Vol. 6 No. 1
Aprijal dkk. 2020. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling, Jurnal Pendidikan Vol. 6 No. 1
Apriyono , Ari. 2013. “Analisis Overreaction pada Saham Perusahaan Manufactur di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Nomina,Vo, 2, No. 2
Apriyono, Ari. 2013. “Analisis Overreaction pada Saham Perusahaan Manufactur di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode”, (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Nomina, Vo, 2, No. 2
Astuti, Diah Budi dan Bandur, Agustinus. 2018. Validitas dan Reabilitas Penelitian, Jakarta: Mitra Wacana Media
Darsono, 2002. Belajar dan Pembelajaran (Semarang: CV IKIP Semarang Press
Daryanto, 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasstys
Febianti, Yopi Nisa. 2014. Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 2 No. 2
Ginanjar, M. Hidayat. 2017. Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik, Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 0 6 No.12, Juli
Hajar Ibnu, 1999Dasar-dasar Penelitian Metode Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada,), hlm. 181
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Ilyas. Yunahar. 2007. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lppi
Kartini Kartono1983, Pengantar Metodologi Research Sosial. Bandung : Penerbit Alumni
Kurniawan. Benny 2012Metodologi Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa
Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru Bandung: Remaja Rosdakarya
Majid, Andul Chairul Rahman. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Dalam Implementasi Kurikulum Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Marimbah, Ahmad D. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-amaaf
Mediawati, Elis. 201. Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1, April.
Mediawati, Elis. 2011. Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa, JurnalPenelitianPendidikan Vol. 12 No. 1, April
Mulyasa, E, 2011Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munthe Ashiong Parhehean, Naibah, Henny Pradiastuti, 2019Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 9 No. 2, Mei
Mustakim, Zaenal. 2010. Startegi dan Metode Pembelajaan Buku 1, Pekalongan: STAIN Pekalongan Press
Ningrum, Jamal. 2013. Strategi Pembelajaran . Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Nurhasanah , Siti. A. Sobandi. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil BelajarS iswa Learning Interest As Determinant Student Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1, No. 1, Agustus
Nurumala, 2021 Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 20 Toli-Toli Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat, Jurnal Kreatif Tdulako Online, Vol. 4. No 9
Nuryatim, 2010. Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri Biringkanaya Makassar Terhadap Bidang Studi Aqidak Akhlak. Skripsi. Makasar : UIN Alauddin Makasar
Prasetyo, Ahmadi dan Joko Tri.. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Pratiwi , Noor Komari. 2015. Pengeruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tanggeran, jurnal pujangga, vol. 1 No. 2
Pratiwi Indah Sari, 2020. Pengaruh Tutor Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurbal Ilmiah Dikdaya. Vol. 10, No. 1, April.
Pratiwi, Noor Komari. 2015. Pengeruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tanggeran, jurnal
pujangga, vol. 1 No. 2
Purwanti Ina Yuli, 2020Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Tema 7 Kelas IV MINU Rowolaku Kabupaten Pekalongan, Skripsi, (Pekalongan: IAIN Pekalongan,), hlm. 25
RachiM, Elvania, 2020Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Minat Belajar Siswa MI Pada Mada Pandemi Covid-19 Di Desa Krincing Secang Magelang Tahun 2020, Skripsi, (Salatiga: IAIN Salatiga,), hal. 61
Rosita, Ita Meninggkatkan. 2013. Kerjasama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperati Tipe Think Pair Shake, Jurnal Formatifvol. 3 No. 1, Januari
Rumidi, Sukandar. 2012. Metode Penelitian: Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula.. Yogyakarta: Gajahmada University Press
Rusman dkk. 2020. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Saifudin Azwar, 1998. Metode Penelitian . Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Salafudin dan Nalim. 2014. Statistik Inferensial Pekalongan: STAIN Pekalongan Press
Sanjaya. Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sanubari, Fajar. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Dilengkapi Dengan Media Interaktif Flash Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMA Negeri 1
Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 3, No. 4
Sarahutu, Maria Geretty. 2020. “Pembelejaran Online, Minat Belajar, Dan Kehidupan Sehari-Hari Mahasiswa Pendididkanfisiska Universitas Sanata Dharma Di Tengah Covid-19”, Skripsi Yogya
Karta:Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Sari, Pratiwi Indah 2020 Pengaruh Tutor Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Kota Jambi, Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10 (1)
Sebastianus, Fedi. Maria, Helena Ose Blikololong. Eufrasia, Jeramat. 2020. Pengaruh Pembelajaran Tutor Seaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasa Segi Empat Semester II SMPK
Immaculata Ruteng Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Inovasi Pendidikan dasar. Vol. 4, No. 2, Juli tahun
Sebermen, Mel. 2001. 101 Strategi Pembelajarana Aktif (Aktive Learning) Ter. Sarjuli Dan Azfat Ammar. Jakarta: Yakpedis
Slameto, 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: rineka cipta
Smawat. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak
Sobur, Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana 2002. Metode Statistika. Bandung : PT. Tarsito
Sufi, Trio Saputra, Wasiah dan Bunga Chintia Utami. 2018. “Pengaruh Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Dibagian Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning”, (Universitas Lancang Kuning: Jurnal Sinia, Vol. 11, No. 1, Juni
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi IV (Jakarta : PT Rineka Cipta
Sutrisno, Hadi. 1995. Metodologi Research . Yogyakarta: AndiOffest
Syarifuddin. 2006 Desain Pembelajaran Dan Implementasinya. ciputal: PT Quantum Teaching
Tahalele, JF. 1978. Cara Mengajar dengan Hasil yang Baik . Bandung: CV Diponegoro
Tirtarahardja , Umar dan La Sulo, 2005Pengantar Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta
Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. (Jakarta: Bumi Aksara
Usman, Moh.Uze r. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandunga : PT RemajaRosdaka rya
Wahidah, Tien. 2021. Hasil Belajar Materi Iman Kepada Hari Akhir Dengan Metode Mind Mapping, Jurnal Pendidikan, Volume 5, No. 1, April
Wartini, Sri. 2011. Panduan Praktikum Aplikasi Komputer. Semarang ;Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Wartono , Tri. 2017. “Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan “ Universitas Pamulang: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Vol. 4, No. 2
Winarsunu,Tulus,. 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi & Pendidikan, (Malang: UMM Press
Yunitasari, Ria dan Hanifah, Umi. 2020 “Pengaruh Pembelajaran daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19” Jurnal pendidikan Vol. 2 No. 3
Zaini, Hisyam, 2002, Desain Pembelajaran di Perguruan Negeri. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga
Zainuddin dkk. 1991. Seluk Beluk Pendidikan al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara
23SK2321210.00 | SK PAI 23.210 KRI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain