SKRIPSI PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Jangan Paksa Aku Menyerah Karya Ida Cholisa
Kata kunci: Nilai, Pendidikan Islam, Novel
Pendidikan Islam merupakan hal penting yang harus diajarkan pada generasi muda untuk mewujudkan cita-cita umat muslim yang sesuai dengan perintah Allah. Oleh sebab itu, nilai pendidikan Islam perlu ditanamkan sedini mungkin dengan berbagai media yang akrab di kalangan masyarakat. Sebagaimana buku bacaan lainnya, novel dapat difungsikan untuk media pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam serta alur dan setting dalam novel Jangan Paksa Aku Menyerah karya Ida Cholisa juga relevansinya dengan metode penanaman karakter pada pelajara Pendidikan Agama Islam. Dalam penggalian datanya menggunakan penelitian kepustakaan atau library reseach, dengan meneliti dan menelaah novel Jangan Paksa Aku Menyerah sebagai literatur, guna mendapatkan data untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel tersebut. Kemudian data yang terkumpul diklasifikasikan dan diinterpretasikan serta dianalisis untuk diuraikan secara sempurna.
Hasil penelitian ini mencakup tentang nilai-nilai pendidikan Islam serta alur dan setting dalam novel Jangan Paksa Aku Menyerah karya Ida Cholisa juga relevansinya dengan metode penanaman karakter dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Jangan Paksa Aku Menyerah karya Ida Cholisa meliputi nilai aqidah yang disesuaikan dengan rukun iman (iman kepada Allah, iman kepada kitab Allah, dan iman kepada qadha dan qadar Allah), nilai akhlak (akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap diri sendiri), nilai ibadah (salat, haji, penyelenggaraan/mengurus jenazah, dan menuntut ilmu serta mengajarkannya), dan nilai nilai muamalah (jual beli, pernikahan, dan pegadaian).
Sedangkan alur novel tersebut termasuk kategori alur progresif atau alur maju, mengenai setting atau latar yang melingkupi setiap kejadian dalam novel sangat beragam selaras dengan kehidupan sehari-hari. Kemudian metode penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan islam serta alur dan setting dalam novel diantaranya metode pembiasaan, metode peneladanan, metode nasihat, metode demonstrasi, dan metode cerita.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Makassar: Alauddin University Press
.
Abdurrahman, Muhammad. 2016. Akhlak: Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Abror, Khoirul.2019. Fiqih Ibadah. Yogyakarta: Phoenix Publisher.
Al-Bahra. 2016. “Analisis Terhadap Pemahaman Akhlak Terhadap Diri Sendiri Serta Bagaimana Implementasinya Dalam Realitas Kehidupan”. Jurnal. ISSN: 2356-5209, Vol. 2 No.2.
Ali, Mudzakkir. 2012. Ilmu Pendidikan Islam Edisi Revisi. Semarang: PKPI2 Universitas Wahid Hasyim.
Amri, Muhammad, dkk.. 2018. Aqidah Akhlak. Makassar: Semesta Aksara.
Azis, Rosmiaty. 2019. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: SIBUKU.
Azmy, Asmail. 2021. Akhlak Tasawuf: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: K-Media.
Bungin, Burhan. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pres.
Bunyamin, dkk.. 2017. Aqidah Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Uhamka Press.
Cholisa, Ida. 2013. Jangan Paksa Aku Menyerah. Solo: Metagraf.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2019. Al-Quran dan Terjemahnya Edisi Tahun 2002. Jakarta: CV Darus Sunnah.
Ghazaly, Abdul Rahman dkk.. 2012. Fiqih Muamalat. Jakarta: Kencana.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hafsah. 2016. Pembelajaran Fiqih. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Hasan, Akhmad Farroh. 2018. Fiqih Muammalahdari Klasik hingga Kontemporer: Teori dan Praktek. Malang: UIN-Maliki Press.
Hasbi, Muhammad. 2020. Akhlak Tasawuf: Solusi Mencari Kebahagiaan dalam Kehidupan Esoteris dan Eksoteris. Yokyakarta: TrustMedia Publishing.
Hidayat, Rahmat. 2016. Ilmu Pendidikan Islam: Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Medan: LPPPI.
Hidayatullah. 2019. Fiqih. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari.
Iswantir. 2019. Pendidikan Islam: Sejarah, Peran dan Kontribusi dalam Sistem Pendidikan Nasional. Lampung: Aura CV Anugrah Utama Raharja.
Jamaluddin, Syakir. 2015. Kuliah Fiqih Ibadah. Yogyakarta: LPPI UMY.
Kholifah, Siti. 2015. “Nilai-nilai Pendidian Akhlak dalam Novel Burlian Karya Tere Liye”. Skripsi. Purwokerto: Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Purwokerto.
Kitab Terjemah Safinatun Naja. Hasan Bin Idrus Al-attas. Asko Pekalongan.
Kusumastuti, Adhi, dkk.. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Manab, Abdul. 2015. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta: Kalimedia.
Martha, Evi, dkk.. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Bidang Kesehatan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Muhaemin, dkk.. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Palopo: Read Institute.
Muslich, Ahmad Wardi. 2013. Fiqih Muamalat. Jakarta: Amzah.
Musyarrofah, Ana Allaily. 2015. “Pesan Gurutta pada Novel Rindu Karya Tere Liye Menurut Prespektif Pendidikan Akhlak”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Salatiga: IAIN Salatiga.
Najmah. 2020. Akhlak Tasawuf. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.
Nasih, Abdullah 2013. Tarbiyatul Aulad Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Khatulistiwa Press.
Nasution,Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Nawawi, Nurnaningsih. 2017. Aqidah Islam: Dasar Keikhlasan Beramal Shalih. Makassar: Pusaka Almaida.
Nugroho, Bekti Taufiq Ari, dkk.. 2017. “Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PNPM Mandiri”. Jurnal Penelitian. Vol. 11, No. 1.
Nurgiyanto, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yokyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurwansyah, Anang. 2013. “Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ranah 3 Warna”. Skripsi. Purwokerto: Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan STAIN Purwokerto.
Pujiarti, Maslikhah Titik. 2017. “Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Bercinta dalam Tahajjudku karya Anshela”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Rohmansyah. 2017. Fiqih Ibadah dan Muamalah. Yogyakarta: LP3M.
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif Di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LkiSYogyakarta.
Sahriansyah. 2014. Ibadah dan Akhlak. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
Salfia, Nining. 2015. “Nilai Moral dalam novel 5Cm Karya Dhonny Dirgantoro”. Jurnal Humatika, No. 15, III.
Saproni. 2015. Panduan Praktis Akhlak Seorang Muslim. Bogor: CV Bina Karya Utama.
Shodiq, Sadam Fajar. 2017. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Penanaman Nilai dan Pendekatan Perkembangan Moral Kognitif”, Jurnal Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, At-Tajdid, volume.1, No. 1.
Siswanto. 2015. Pendidikan Islam Dalam Dialektika Perubahan. Surabaya: Pena Salsabila.
Sudiarti, Sri. 2018. Fiqih Muamalah Kontemporer. Medan: Febi UIN-Su Press.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Syaikhu, dkk.. 2020. Fikih Muamalah: Memahami Konsep dan Dialektika Kontemporer. Yogyakarta: K-Medi.
Widayati, Sri. 2020. Buku Ajar Kajian Prosa Fiksi. Sulawesi Tenggara: LPPM Universitas Muhammadiyah Buton Press.
Yahya, Usman. 2015. “Konsep Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar Di Lingkungan Keluarga Menurut Pendidikan Islam”. Jurnal Islamika. 15.2.227-44.
23SK2321209.00 | SK PAI 23.209 SRI n | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain