SKRIPSI PAI
Peran Servant Leadership Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VIII di MTS Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan
Kata Kunci : Servant Leadership, Karakter Religius Guru Dan Siswa.
Salah satu komponen penting dalam manajemen sekolah adalah peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan yang secara langsung bertanggung jawab terhadap keseluruhan proses akademik di sekolah. Beberapa indikator terjadinya krisis kepercayaan kepada pemimpin di lembaga pendidikan Islam antara lain berupa pelayanan yang belum memenuhi harapan. Konsep kepemimpinan yang diterapkan kepala MTS Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan memiliki konsep yang sama dengan servant leadership(pemimpin yang melayani) dalam melaksanakan kepemimpinannya. Perilaku atau akhlak yang dicerminkan dari seorang servant leaders yaitu cenderung menjadi teladan untuk mempengaruhi orang-orang yang dipimpinnya.
Rumusan Masalah berdasarkan latar belakang penelitian yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan Servant Leadership siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan? 2) Bagaimana Kontribusi Servant Leadership dalam peembentukan karakter religius siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Peran Servant Leadership di MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan dan mendeskripsikan kontribusi Servant Leadership dalam membentuk karakter religius siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik Analisis data yang digunakan yaitu redukasi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar bahwa model kepemimpinan yang melayani (servant leadership) sangat berkontribusi dalam membentuk karakter religius siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan, dan ini sudah berjalan dengan sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari karakteristik yang dimiliki dari model kepemimpinan ini telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam hal kemampuannya dalam mendengarkan harapan dari warga sekolah, berempati, memiliki dan meningkatkan kesadaran diri warga sekolah, membangun kekuatan persuasif yang menyatukan kebersamaan diantara warga sekolah, memiliki konseptualisasi dan kemampuan menyembuhkan, mampu melayani warga sekolah, memiliki komitmen terhadap pengembangan individu dan memiliki visi dan misi yang jelas demi masa depan sekolah serta memiliki kemampuan membangun komunitas.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahsanulkhaq, Moh. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaam. Jurnal: Prakarsa Paedagogia. Vol. 2(1). Hlm. 23-24
Ali,Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan, Bandung: Angkasa
Asruri, Ali. 2016. Servant Leadership Kepala Sekolah Di Sd Negeri 1 Grobogan Kabupaten Grobogan. Tesis, Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Bashori. 2019. Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Padang : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
Budiyanto, Mangun. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ombak. Hlm. 30-33
Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Fektifitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.
Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
A. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional; Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung, 2005.
Eko Djatmiko,The Effect of the Principal's Leadership and Facilities on the Teacher’s Performance of State Junior High Schools of Semarang Municipality, (jurnal Fokus Ekonomi Vol. 1 No. 2 Desember 2006 : 19 - 30, ISSN : 1907-6304).
Fuad, Anis dan Kandung Sapto Nugroho. 2014. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif, Yogyakarta : Graha Ilmu
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press
Madhi, Jamal. 2001. Menjadi Pemimpin yang Efektif dan Berpengaruh: Tinjauan Manajemen Kepemimpinan Islam. Bandung :PT. Syamil Cipta Media.
Makmun, Rodli. 2014. Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern. Jurnal: Cendekia. Vol. 12(2). Hlm. 214-215
Moedjino, Imam. 2002. Kepemimpinan & Keorganisasian. Yogyakarta:UII Press.
Mufassir, dkk. 2019. Model Kepemimpinan yang Melayani dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Servant Leadership Kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo, Jurnal Pendidikan Islam Vol.2, No.1, Juni. Gorontola : IAIN Sultan Amai Gorontalo
Mushfi, Muhammad. 2019. Internalisasi Karakter Religius di SMP Nurul Jadid”, Jurnal: Mudarrisuna. Vol. 9(1). Hlm. 7
Nashori, Fuad. 2009. Psikologi Kepemimpinan: Peran Psikologi Islami dalam Pengembangan Moralitas Pemimpin. Yogyakarta: Pustaka Fahima
Peraturan Menteri pendidikan Nasional, no 28 tahun 2010, tentang penugasan kepala sekolah bagian A.
Riyadi, Muslich. 2012. Teori dan Praktik Servant Leadership. Bandung : Pustaka Pelajar
Siagian, Sondang P. 2010. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta:PT Rineka Cinta.
Spears, Larry. 2002. Character and Servant Leadership: Ten Characteristics of Effective, Caring Leaders. The Journal of Virtues & Leadership.
Sudrajad, Ajat. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal: Pendidikan Karakter. Vol. 1(1). Hlm. 48
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mired Method), Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. XXIV Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Surachman, Winarto. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik, Bandung: Tarsio
Suryabrata,Suryadi. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press Tjiptono, Fandy & Candra, Gregoius. 2007. Service Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana
Untung, Slamet. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Litera
Zaenudin, Mahdi. 2002. Studi Kepemimpinan Islam. Yogyakarta:Al-Muhsin.
Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana
23SK2321206.00 | SK PAI 23.206 OKV p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain