SKRIPSI PAI
Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Dalam Film Animasi Nussa Karya Bony Wirasmono Antara Pendidikan Islam Atau Radikalisme
Kata Kunci : Televisi, Animasi Nussa, Pendidikan Islam, Radikalisme
Perkembang teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju melalui media. Salah satunya melalui media televisi. Orang tua dan anak-anak Indonesia hampir seluruhnya memiliki pesawat televisi sebagai salah satu media penghibur keluarga yang dapat memberikan hiburan. Orang tua menyediakan televisi di rumah dengan tujuan agar anak merasa betah tinggal di rumah. Anak yang sudah kecanduan televisi, cenderung malas untuk berinteraksi sosial. Tayangan televisi yang disiarkan secara tidak langsung memberikan dampak baik dan dampak buruk kepada penontonnya. Maka muncul kekhawatiran keluarga Indonesia dalam memilih tayangan yang mendidik anak mereka. Kini hadir salah satu film animasi terbaik dan popular pada tahun-tahun belakangan ini adalah animasi Nussa dan Rara karya Bony Wirasmono. Rilis pada November 2018 lalu bertepatan dengan Hari Anak. Dibalik kesuksesan dan kecemerelangan film Nussa diterpa oleh isu radikalisme dan intoleran. Akhirnya seri Nussa Rara ini secara resmi undur diri dan tidak lagi menayangkan episode terbaru per tanggal 1 Januari 2021 kemarin. Berangkat dari uraian latar belakang tersebut. Peneliti tertarik untuk menganalisa film animasi Nussa yang dikatakan memiliki kandung ajaran radikalisme dan intoleran atau justru sebaliknya film animasi ini mengajarkan nilai Pendidikan Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana prespektif film animasi Nussa karya Bony Wirasmono dalam konteks Pendidikan Islam ditinjau dari teori semiotika Charles Sanders Peirce, (2) Bagaimana prespektif film animasi Nussa karya Bony Wirasmono dalam konteks Radikalisme ditinjau dari teori semiotika Charles Sanders Peirce. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui nilai Pendidikan Islam dan mengetahui problematika nilai radikalisme dalam film animasi Nussa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka yaitu memanfaatkan sumber data kepustakaan. Sumber data di dapat dari primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel yakni dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan study pustaka. Adapun teknis analisis data menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce.
Hasil peneliti menonton film secara utuh hingga berulang kali. Peneliti menemukan nilai Pendidikan Islam dengan lima indicator dengan 20 scane. 17 scane menunjukan nilai Pendidikan Islam dan tiga scane sebaliknya. Peneliti juga menemukan stigma radikalisme dengan lima indikator tapi hanya dua indikator yang ditemukan didalamnya. dua indikator menghasilkan dua scane stigma radikalisme. Berdasarkan kritikan dua pengamat media social. Setelah melakukan analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan teori Triangle Meaning terdiri dari sign, object dan interpretant yang ada dalam film animasi Nussa. Peneliti menemukan ternyata ke 3 scane yang bertolak belakang dengan nilai Pendidikan Islam hanya sebuah refleksi emosional yang menggambarkan sifat dan karakter alamiah anak serta menggambarkan keadaan zaman sekarang. Maka kesimpulannya film aimasi Nussa mengandung nilai Pendidikan Islam.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, Abd Ar–Rohman Saleh. Tanpa Tahun. Education Theory A Qur’anic Out look. Makkah Al–Mukarromah: Ummu Al–Qurro Univercity.
Al–Abrasyi, Muhammad Athiyah. 2016. At–Tarbiyah Al–Islamiyah Wa Falasifatuha. Kairo: Isa Al–Bab Al–Halabi.
Al–Ahnawi, Ahmad Fu’ad. 2011. At–Tarbiyah Fi Al–Islam. Kairo: Dar Al–Ma’arif.
Al–Attas, Nauib. 2010. Aims and Onjektives of Islamic Education. Jeddah: King Abdul Aziz Univercity.
Al–Jaza’iri, Abu Bakar Jabir. 2011. Minhajul Muslim Konsep Hidup Ideal dalam Islam. Jakarta: Darul Haq.
Al–Nahlawi, Abdurrahman. 2012. Ushul al–Tarbiyah al–Islamiyah wa Asalibiha. Damaskus: Dar al–Fikr.
Al–Rasyidin dan H. Samsul Nizar. 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Ancok, Djamaludin. 2011. “Ketidakadilan Sebagai Sumber Radikalisme Dalam Agama; Suatu Analisis Berbasis Teori Keadilan dalam Pendekatan Psikologi”. Dalam Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Yogyakarta.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kalitatif. Sukabumi: CV Jejak.
An–Nahlawi, Abd Ar–Rohman. 2013. Prinsip–Prinsip Pendidikan Islam. Bandung: Diponogoro.
Ardianto, Elvinaro, dkk. 2012. Komunikasi Massa. Bandung: Rimbiosa Rekatama Media.
Ardyaksa, Ananda Sevma dan Thomas Dicky Hastjarjo. 2016. “Pengaruh Film terhadap Emosi”. Dalam Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Yogyakarta.
Arifin, Muzayyin. 2017. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsita, Melvi, dkk. 2014. “Pengaruh Tayangan Film Kartun Terhadap Pola Tingkah Laku Anak Usia Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Kultur Demokrasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Lampung.
Astuti, Evi Tri. 2020. “Filsafat Ilmu Pengetahuan Sebagai Arah Pengembangan Berpikir yang Konstruktif: Telaah Pemikiran Pragmatis Charles S. Peirce dan Kontribusinya dalam Pembelajaran Sains
Pendidikan dasar Islam”. Dalam At–Tajdid; Jurnal Ilmu Tarbiyah Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan. Pacitan.
Bianto, Iwan. 2010. Multimedia Digital; Dasar–dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual Konsep, Isu, dan Problem Ikonitas. Yogyakartka: Jalasutra.
Buna’i. 2013. Perencanaan Pembelajaran PAI. Surabaya: CV. Salsabila Putra Pratama.
Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Cross, Michael. 2013. Social Media Security; Leveraging Social Network While Mitigating Risk. Massachusetts: Syngress Elsevier.
Daradjat, Zakiah, dkk. 2012. Pendidikan Islam Keluarga dan Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daradjat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daud, Mohammad Ali. 2011. Hukum Islam; Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Demillah, Airani. 2019. “Peran Film Animasi Nussa dan Rara dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Ajaran Islam pada Pelajar SD”. Dalam Jurnal Interaksi; Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.
Eco, Umberto. 2012. Teori Semiotika, Signifikasi Komunikasi, Teori Kode, Serta Teori Produksi Tanda edisi terjemahan Inyiak Ridwan Muzir. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Effendy, Onong Uchjana. 2012. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Meretas Pendidikan Berkualitas dalam Pendidikan Islam; Menggagas Pendidik atau Guru yang Ideal dan Berkualitas dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hartiningsih. 2014. Komunikasi Massa Televisi dan Tayangan Kekerasan dalam Pendekatan Kasus. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hoed, Benny H. 2011. Semiotika dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunikasi Bambu.
Jaki, Akhmad. 2019. “Pesan Keislaman dalam Animasi Nussa”. Skripsi Sarjana Pendidikan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya. Palangka Raya.
Mardiah, Badiatul. 2019. “Pesan Dakwah Dalam Film Insya Allah Sah (Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce)”. Dalam Skripsi Sarjana Sosial Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.
Masduqi, Irwan. 2011. Berislam Secara Toleran. Bandung, Mizan.
Mclaughlin, Paul. 2012. Radicalism; A Philosophical Study. Palgrave: Macmillan.
Mubasyaroh. 2014. “Film Sebagai Media Dakwah (Sebuah Tawaran Alternatif Media Dakwah Kontemporer”. Dalam At–Tabsyir, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Kudus.
Mujtahid. 2011. Reformulasi Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Munip, Abdul. 2012. “Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah”. Dalam Jurnal Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nuha, Siti Ulin, dkk. 2021. “Nilai Peduli Sosial pada Film Animasi Nussa dan Rara”. Dalam Jurnal Riset Pendidikan Dasar Program Studi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.
Nurdin, Ismail. 2019. Metodologi Peneltian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Nurleli. 2015. “Representasi Islam dalam Film PK”. Dalam Skripsi Sarjana Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.
Purnama, Medina Nur Asyifah. 2020. “Nilai–Nilai Pendidikan Moral (Santun dan Hormat pada Orang Lain) dalam Film Animasi Nussa dan Rara (Episode Kak Nussa)”. Dalam Scaffolding; Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo. Ponorogo.
Puspitasari, Dwi Ratih. 2021. “Nilai Sosial Budaya Dalam Film Tilik (Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce)”. Dalam Semiotika; Jurnal Komunikasi Universitas Bunda Mulia. Jakarta.
Qodir, Zuly. 2014. Radikalisme Agama di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
__________. 2016. “Kaum Muda, Intoleransi, Dan Radikalisme Agama”. Dalam Jurnal Studi Pemuda Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Yogyakarta.
Rachman, Arief dan Ismi Nadiyati. 2017. “Dakwah Melalui Film Animasi”. Dalam Orasi; Jurnal Dakwah dan Komunikasi Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Cirebon.
Rahmatullah, Muhammad. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar IPS”. Dalam Thesis Magister Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
__________. 2010. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Safroni, Ladzi. 2013. Al–Ghazali Berbicara tentang Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Salim, Peter dan Yenny Salim. 2012. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.
Sandra, Meita. 2015. Gusdur dan Pendidikan Islam Upaya Mengembalikan Esensi Pendidikan di Era Global. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Saputra, Wahidin. 2011. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT. RajaGrafido Persada.
Sayekti, Octavian Muning. 2012. “Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini”. Dalam Jurnal Pendidikan Anak Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Sidik, Abdurrahman. 2018. “Analisis Iklan Produk Shampoo Pantene menggunakan Teori Semiotika Pierce”. Dalam Technologia; Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al–Banjari Banjarmasin. Edisi IV. Banjarmasin.
Sobur, Alex. 2012. Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
__________. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: CV. Alfabeta.
__________. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suherdiana, Dadan. 2008. “Konsep Dasar Semiotik dalam Komunikasi Massa Menurut Charles Sanders Peirce”. Dalam Ilmu Dakwah; Academic Journal for Homilestic Studies Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Bandung.
Syahidin. 2015. Aplikasi Metode Pendidikan Qurani dalam Pembelajaran Agama di Sekolah. Tasikmalaya: Ponpes Suryalaya Tasikmalaya.
Tim Penyusun. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Pekalongan: FTIK IAIN Pekalongan.
Trianto, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Umberto, Eco. 2012. Teori Semiotika, Signifikasi Komunikasi, Teori Kode serta Teori, (edisi terjemahan oleh Inyiak Ridwan Muzir). Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Undang–Undang Tentang Perfilman No. 33 Tahun 2009, Bab I Ketentuan Umum, Pasal 1 Ayat 1.
Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wahjuwibowo, Indiwan Seto. 2011. Semiotika Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Wahyu, Indiwan Seto. 2013. Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Wibowo, Prihandono. 2014. Prosiding Kongres Pancasila VI; Penguatan, Sinkronisasi, Harmonisasi, Integrasi Pelembagaan Dan Pembudayaan Pancasila Dalam Rangka Memperkokoh Kedaulatan Bangsa.
Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.
Widoyoko, Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiranti, Ika Wahyu. 2015. “Pengaruh Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak TK”. Dalam Jurnal Pendidikan Anak Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Yasin, A. Fatah. 2018. Dimensi–dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press.
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
23SK2321205.00 | SK PAI 23.205 MUH a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain