SKRIPSI PAI
Komparasi Hafalan Al-Qur'an Antara Santri Mukim Dan Santri Kalong di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Salafiyah Proto Kedungwuni Pekalongan
Kata kunci : Komparasi, Hafalan Al-Qur’an
Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan merupakan pondok salaf yang mayoritas santri-santrinya menghafal Al-Quran, bukan hanya santri mukim yang tinggal di pondok saja melainkan juga santri kalong yang tinggal di rumah, dari kedua tempat (di pondok dan di rumah) yang ditinggali oleh para santri memiliki pengaruh terhadap hafalan para santri, hal ini terbukti dari pendapat santri mukim yang tinggal di pondok dan santri kalong yang tinggal di rumah, diantara kelebihan menghafal Al-Qur’an di pondok adalah lingkungan lebih mendukung karena langsung dibimbing oleh guru, kekurangannya jika santri tidak dapat mengatur waktu maka akan menghambat waktu yang dibutuhkan dalam menghafal Al-Qur’an, sedangkan untuk kelebihan menghafal Al-Qur’an di rumah adalah waktunya lebih fleksibel sehingga dapat menambah hafalan pada waktu kapanpun tidak terikat oleh kegiatan atau aturan apapun, kekurangannya motivasi kurang, maka dari pendapat-pendapat tersebut penulis tertarik untuk membuat penelitian tentang Komparasi Hafalan Al-Qur’an antara Santri Mukim dan Santri Kalong di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan.
Adapun rumusan masalah yang ditentukan peneliti sebagai berikut: bagaimana tingkat hafalan Al-Qur’an santri mukim? Bagaimana tingkat hafalan Al-Qur’an santri kalong? Apakah ada perbedaan tingkat hafalan Al-Qur’an antara santri mukim dan santri kalong ?
Metode pendekatan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sampel dalam penelitian yaitu santri putri baik yang mukim maupun santri kalong. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis pendahuluan uji normalitas dan uji homogenitas data, kemudian melakukan analisis uji hipotesis menggunakan rumus t-test.
Hasil penelitian menunjukan: 1). hafalan Al-Qur’an santri mukim masuk dalam kategori sangat baik, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata tes adalah 77 dalam interval 73-81. 2). hafalan Al-Qur’an santri kalong masuk dalam kategori sangat baik, dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata tes adalah 88 dalam interval 87-90. 3). Berdasarkan hasil penghitungan secara manual diperoleh nilai t_hitung = 3,811 sedangkan taraf signifikan t_tabel (0,05 = 2.003) (0,01 = 2.666) jika dibandingkan antara hasil tersebut maka 3,811 > 2.003 : 3,811 > 2.666 artinya H_0 ditolak dan H_aditerima, dengan demikian kesimpulannya adalah terdapat perbedaan hafalan Al-Quran santri mukim dan santri kalong di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni.
DAFTAR PUSTAKA :
Aini, Naharin. 2020. “Studi Komparasi Peserta Didik Progam Tahfidz Qur’an dan Reguler dalam Hasil Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS PSA Istiqomah Islamiyyah Tulang Bawang Barat”. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. I(1). 22.
Ainie. 2018. “Studi Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Tafsir Antara Siswa Yang Tinggal Di PPTQ Al-Asror Dengan Yang Tinggal Di Rumah Pada Siswa Progam Keagamaan Di MAN Bangkalan”.
Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Akbar, Ali dan Hidayatullah Ismail. 2016. Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin. XXIV(1). 91-102.
Albusthomi, Andrians Nur Kamil. 2019. “Tujuan Penyelenggaraan Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah”. Jurnal Textura. VI(1). 25-35.
Alwi, B. Marjani. 2013. “pondok Pesantren: Ciri Khas, Perkembangan, dan Sistem Pendidikannya”. Lentera Pendidikan. XVI(2). 205-219.
Amaliah, Rezeki. 2017. “Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurung”. Jurnal Dinamika. VIII(1). 11-17.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
AS, A Syafi’. 2019. “Konsep Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Juz 30dan Implementasinya pada Anak Usia Dini”. Jurnal Progam Studi PGMI. VI(2). 278-297.
Asep Saepul Hadi dan Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Asy-Syahida, Salma Nadhifa dan A. Mujahid Rasid. 2020. “Studi Komparasi Metode Talaqqi dan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an”. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. IV(2). 186-191.
Christalisana, Chandra. 2018. “pengaruh pengalaman dan karakter sumber daya manusia konsultan manajemen kontruksi terhadap kualitas pekerjaan pada proyek di kabupaten Pandeglang”. Jurnal Fondasi. VII(1). 87-98.
Fadlly, Muhamad dkk, “Perbandingan mushaf rasm Uthmani dan mushaf rasm Imla’I menurut perspektif kaedah rasm serta implikasi penggunaannya”, (Kuantan: Jurnal Al-Sirat, No. 17, I, 2018), hlm. 1-31.
Firidianti, Suci. 2017. “Studi Komparasi Hasil Bealajar Santri Yang Menetap Dipesantren Dan Santri Yang Menetap Dirimah Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Inayatullah Gasing Laut”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Raden Patah, Palembang.
Garalka, dan Damanah. 2019. Metodologi Penelitian. Lampung: CV Hira Tech.
Hadi, Asep Saepul dan Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Huda, M. Nurul. 2018. “Budaya Menghafal Al-Qur’an Motivasi dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas”. Jurnal Pendidikan. II(2). 247-260.
Imtihana, Aida Imtihana. 2016. “Implementasi Metode Jibril dalam Pelaksanaan Hafalan Al-Qur’an di SD Terpadu Ar-Rhido”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. II( 2). 1-19.
Irhas, M dkk. 2021. “Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Melalui Media Audio Speaker Al-Qur’an Di HSG Khoiru Ummah Loa Janan Ilir Samarinda”. Borneo Journal Of Primary Education. I(1). 55-75.
Khaliq, Syaikh Abdurrahman Abdul. 2020. 11 Kaidah Emas Menghafal Al-Qur’an. Solo: Pustaka Arafah.
Khoirun Nisa dan Chusnul Chotimah. 2020. “Implementasi Progam Hafalan Al-Qur’an di SMP Islam Mbah Bolong Jombang”. Jurnal Ilmu Pendidikan. IV(2). 158-172.
Khulusinniyah dan Almannah Wassalwa. 2017. “Reorientasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Pada”Santri Kalong” Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo”. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. I(2). 237-249.
Komala, Risma Dwi dan Nellyaningsih. 2017. “Tinjauan Implementasi Personal Selling pada PT. Astra Internasional Daihatsu Astra Biz Center Bandung pada Tahun 2017”. Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. III(2). 330-337.
Maimori, Romi. 2016. “Efektivitas progam syar’I: hafalan Al-quran dengan metode one day three lines pada siswa MTSN 01 Lima Puluh Kota”. Jurnal Ilmiah Syari’ah. XV(2). 201-212.
Mashud, Imam. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VI B Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018”. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran. III(2). 347-358.
Masruri, Ahmad. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas Viii Pada Smpit An-Nawawi Al-Bantani Gunung Sindur Bogor”. Jurnal Pendidikan Islam. I(3). 441-465.
Murdiono, 2020. Al-Qur’an Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Bayan, Malang; Universitas Muhammadiyah Malang.
Muthohharoh, Nur Millah. 2019. “Pengaruh Kegiatan Tasmi’ Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an (Studi Kasus Pada Siswa MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe, Tanggerang Selatan)”. Jurnal Pendidikan Islam. I(3). 383-417.
Nisa, Sarah fadliyatun. 2020. “pengaruh pembelajaran tahsin terhadap hafalan al-quran santri di pondok pesantren dear El-Huda curug tanggerang”. Jurnal Mediakarya. I(2). 304-317.
Pasaribu, Risnawati. 2018. “Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Kedisiplinan Belajar dan Prestasi Belajar pada Siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta”. Jurnal Bimbingan Konseling, II(2). 173-187.
Pratiwi, Nuning Indah. 2017. “Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunkasi”. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. I(2). 202-224.
Rusyd, Raisya Maula Ibnu. 2019. Panduan Praktis dan Lengkap Tahsin, Tajwid, Tahfizh Untuk Pemula. Yogyakarta: Laksana.
Salafudin. 2005. Statistik Terapan untuk Penelitian Sosial. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Setyawan, Dodiet Adiyta. 2014. Hipotesis. Surakarta: Politeknik Kesehatan.
Suharman. 2018. “Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. X(1). 93-115.
Tim Yayasan Al-Muntada Al-Islam. 2012. Panduan Mengelola Sekolah Tahfidz. Solo: Al-Qowam.
Umar, Husein. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Yahya, Imam Abu Zakaria bin Syaraf. 2021. At-Tibyan Adan Penghafal Al-Qur’an. Sukoharjo: Maktabah Ibnu Abbas.
23SK2321204.00 | SK PAI 23.204 ALV k | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain