SKRIPSI PAI
Konsep Etika Pendidik Perspektif Imam Al-Nawawi Ad-Dimasyqi dan KH. Hasyim Asy'ari (Studi Komparatif Kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Al-Qur'an Dan Kitab Adabul 'Alim Wa Al-Muta'allim)
Kata kunci : Etika Pendidik, KH. Hasyim Asy’ari, Imam Al-Nawawi Ad-Dimasyqi, Studi Komparasi
Etika pendidik menjadi salah satu aspek terpenting dalam mewujudkan keberhasilan pendidik selama proses pembelajaran. Sudah menjadi suatu kewajiban Sebagai seorang pendidik, untuk memberikan teladan dan contoh yang baik bagi anak didiknya, dengan kata lain segala perilaku yang dilakukan seorang pendidik baik dari segi etika bertutur kata, sikap, maupun bertindak akan mempengaruhi kepribadian anak didik. Banyak sekali rujukan dari berbagai buku-buku maupun kitab-kitab baik karya-karya terdahulu, maupun karya-karya terbaru yang membahas tentang etika pendidik, diantaranya, yaitu kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalatil Al-Qur’an dan kitab Adabul Alim Wa al-Muta’allim. Dalam kitab tersebut menunjukkan akan pentingnya etika bagi seorang pendidik, agar ilmu yang disampaikan seorang pendidik dapat bermanfaat bagi anak didiknya dan bernilai barakah, maka seorang pendidik seharusnya memiliki etika yang baik dalam pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan yakni dengan membentuk karakter yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan 1. bagaimana konsep etika pendidik perspektif Imam Al-Nawawi dan KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalatil Al-Qur’an dan kitab Adabul Alim Wa al-Muta’allim. 2. Apa saja persamaan dan perbedaan konsep etika pendidik perspektif Imam Al-Nawawi dan KH. Hasyim Asy’ari. Adapun Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Sumber utama yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah Kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalatil Al-Qur’an dan kitab Adabul Alim Wa al-Muta’allim. yang merupakan kitab hasil karya Imam Al-Nawawi Ad-Dimasyqi dan juga KH. Hasyim Asy’ari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif, serta teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis isi (content analyze) dan Komparasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan tentang konsep etika pendidik antara Imam Al-Nawawi Ad-Dimasyqi dan juga KH. Hasyim Asy’ari, 1. Persamaan etika pendidik dari kedua tokoh tersebut yaitu meliputi: Etika pendidik terhadap dirinya sendiri, Etika pendidik dalam pembelajaran, Etika pendidik terhadap peserta didik, Etika pendidik terhadap ilmu. 2. perbedaan Etika pendidik dari penelitian ini yaitu terletak pada beberapa indikator dan isi dari masing-masing Kitab. Imam Al-Nawawi dalam kitabnya, etika pendidik terhadap dirinya sendiri memuat 4 indikator, KH. Hasyim Asy’ari terdapat 20 indikator, etika pendidik terhadap peserta didik, Imam Nawawi memuat 4 indikator, KH. Hasyim Asy’ari memuat 14 indikator, etika pendidik dalam pembelajaran, imam Al-Nawawi memuat 7 indikator sedangkan KH. Hasyim Asy’ari memuat 14 indikator.
DAFTAR PUSTAKA :
A Octavia, Shilpy. 2020. Etika Profesi Guru. Sleman: Deepublish
Abdullah As,Dkk. 2017. ”Manhaj Imam An-Nawawi Dalam Kitab Al-Arba‘In An-Nawawiyyah: Kajian Filosofi Di Balik Penulisan Kitab Hadis Al-Arba‘In An-Nawawiyyah”. Sumatera Utara: At-Tahdis: Journal Of Hadith Studies.Vol. I.(2)
A’dlom Syamsul, 2014, Kiprah KH, Hasyim Asy’ari Dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Islam, Malang: Jurnal Pusaka (II), No. 1
Agustian Murniati,Dkk. 2019. Keterampilan Dasar Dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Al-Asyqar, Umar Sulayman. 2006. Ikhlas: Memurnikan Niat, Meraih Rahmat. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta
Al-Bindany, Hashim Mohd Hazri. 2017. Panduan Berinteraksi Dengan Al-Qur’an: Terjemahan Kitab At-Tibyan Fi Adab Hamalatil Qur’an Karya Imam An-Nawawi. Selangor: Galeri Ilmu
Al-Mas’udi, Hasan Hafidh.2012. Akhlaq Mulia Terj. Taisirul Khallaq. Surabaya: Al-Miftah
Amrullah, Aziz. 2015. ”Pendidik Profesional Yang Berjiwa Islami”. Bangil:, Dalam Jurnal Studi Islam, Vol. X.(1)
Andriawan Didik. 2020. Guru Ideal Dalam Perspektif Al-Qur’an. Yogyakarta: Mirra Buana Media
An-Nawawi As-Syafi’i Abi Zakariya. 2018. Menjadi Sahabat Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pesantren
An-Nawawi As-Syafi’i. 2018. Hadis Al-Arba’in An-Nawawiyyah. Jakarta Selatan: Qultummedia
An-Nawawi. 2015. Adab Berdamping Dengan Al-Qur’an. Selangor: PTS Publishing House
Anwar, Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenamedia Group
Aprita, Serlika Dan Hayatuddin, Khalisah. 2020. Etika Dan Tanggung Jawab Profesi Hukum. Pasuruan: Qiara Media
As-Suyuti, Jalaluddin. 1988. Al-Minhaj As-Syawiy Fi Tarjamah Al-Imam An-Nawawi (Beirut: Dar Ibnu Hazim
Azzarnuji. 2012. Ta’limul Muta’allim. Surabaya: Al-Miftah
Bahrudin Achmad, 2021, Terj. Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah Hadratussyeikh Hasyim Asy’ari, Jawa Barat: Pustaka Al-Muqsith
Bahaf, M. Afif. 2015. Akhlak Tasawuf. Serang: A-Empat
Departemen Agama Ri. 2020. Al-Qur’an Terjemah. Bandung: Cordoba.
Dhofier Zamakhsyari, 2002, Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pendangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES
Efendi, Amin. 2018. “Pendidik Sebagai Model Dalam Mewujudkan Peserta Didik Yang Berkarakter”. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan . Vol. II.(1).
Elia.Fikri,Dkk,”Motivasi.Kerja.Guru.Dan.Sikap/Sifat.Guru”..Sumber.Https://Www.Academia.Edu/41190305/_Motivasi_Kerja_Guru_Dan_Sikap_Sifat_Guru. Di Akses Pada 9 Oktober 2021.
Fitri Helma. 2020. Etika Akademis Dalam Islam: Pemikiran Nukman Sulaiman Tentang Etika Pendidik Dan Peserta Didik. Yogyakarta: K-Media
Gafur, Abd. dan Fita Mustafida. 2019. ” Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif Di SD/MI”. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam Vol. 1. (2)
Galih Pratomo, Seto, 2021, Nasionalisme Pemuda: Pemikiran-Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, Yogyakarta: Literasi Bangsa
Hadi, Abdul, 2018, KH. Hasyim Asy’ari: Sehimpun Cerita, Cinta, Dan Karya Maha Guru Ulama Nusantara, Yogyakarta: Diva Press
Hamid, Darmadi. 2015. ”Tugas, Peran, Kompetensi Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional”. Pontianak: Jurnal Edukasi), Vol. XIII. (2).
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan: Library Research. Malang: Literasi Nusantara
Haris, Abd. 2010. Etika Hamka. Yogyakarta: LKIS
Harjali,2016. ”Strategi Guru Dalam Membangun Lingkungan Belajar Yang Kondusif: Studi Fenomenologi Pada Kelas-Kelas Sekolah Menengah Pertama Di Ponorogo”. Ponorogo: Dalam Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. XXIII. (1).
Hayati Sri. 2020. Pengembangan Proses Belajar Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Profesionalitas Pengajaran. Magelang: Pustaka Rumah Cinta
Hijrawatil, Aswat. 2019. ”Peranan Manajerial Guru Terhadap Desain Lingkungan Fisik Kelas Di Sekolah Dasar”,Sulawesi Tenggara: Dalam Jurnal Basicedu Vol. III, (2)
Ibn Al- ‘Athar, Alauddin. 2007. Tuhfat At-Thalibin Fii Tarjamati Al-Imam Muhyi Ad-Din”. Dicetak Bersama Kitab Al-I’jaz Fi Syarh Sunani Abi Dawud As-Sajastani. Urdun Amman: Dar Al-Atsriyah.
Ida Fiteriani, 2015. ” Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar “, Dalam Jurnal (Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Juni, Vol. II. (1)
Idi Warsah, Muhammad Uyun,2019. ”Kepribadian Pendidik:Telaah Psikologi Islam”. Lampung: Jurnal Psikis: Psikologi Islami, Vol. 5. (1)
Ipop S. Purintyas, Dkk. 2020. Akhlak Mulia. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo
Kurniawan, Syamsul Dan Erwin Mahrus. 2013. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Khoirul Fata Ahmad dan M. Ainun Najib, , 2014, Kontekstualisasi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Persatuan Umat Islam, Dalam Jurnal MIQOT (38), No.2
Lathiful Khuluq, 2000, Fajar Kebangunan Ulama: Biografi K.H. Hasyim Asy’ari, Yogyakarta: LKiS
Maidiantius Tanyid. 2014. ”Etika Dalam Pendidikan: Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan”. Toraja: Dalam Jurnal Jaffray, Vol. XII. (2)
Moh. Sya’rroni, 2014, ” Etika Keilmuan: Sebuah Kajian Filsafat Ilmu”, Semarang: Jurnal Teologia,Vol. XXV (1)
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mubasysyarum Bih,” Menata Niat Belajar Dan Mengajar Menurut Kh Hasyim Asy’ari”, di Akses Melalui Sumber: Https://Islam.Nu.Or.Id/Post/Read/111313/Menata-Niat-Belajar-Dan-Mengajar-Menurut-Kh-Hasyim-Asy-Ari. Di akses pada 10 Oktober 2021.
Muhdi, Ali. 2016. Konsep Moral Pendidik Dan Peserta Didik Menurut Imam Al-Nawawi Al-Dimasyqiy ( Studi Analisis Sufistik Kitab Al-Tibyan Fi Adabi Hamalati Al-Qur’an. Karya Ilmiah. LP2M Iain Purwokerto
Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media
Mukani. 2016. Berguru Ke Sang Kyai. Yogyakarta: Kalimedia
Mukhlisin, Sa’ad. 2019. Etika Sufi Ibn Al-‘Arabi. Probolinggo: Cv. Mandiri
Mukhlis Lbs, 2020, “Konsep Pendidikan Menurut Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari”, Padang: Jurnal As-Salam, (IV), No. 1
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi Dan Metode Pembelajaran. Cet.Ke-6, Yogyakarta: Matagraf
Mustari Muhammad Dan Taufiq Rahman, 2012, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta : Laksbang Pressindo
Nafi’, Muhammad. 2017. Pendidik Dalam Konsepsi Imam Ghazali. Yogyakarta: Deepublish
Nahrowi, Izza Rahman. 2016. Ikhlas Tanpa Batas. Jakarta Selatan: Zaman
Ajie Najmuddin, Ihwal Pembentukan Barisan Hizbullah Dan Sabilillah dalam Website https://jateng.nu.or.id/read/Nan/ihwal-pembentukan-barisan-hizbullah-sabilillah. Di Akses pada 10 Oktober 2021
Nasir, M. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: Balai Pustaka.
Nawawi. 2000. Al-Minhaj Syarh Sahih Muslim Yordania: Baitul Afkar Ad-Dauliyah.
Nawawi. 2013. Hadis Arba’in An-Nawawi Terj. Tim Mutiara. Yogyakarta: Mutiara Media
Nawawi. 2015. Riyadhus Shalihin: Edisi Indonesia. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.
Nawawi. 2018. Adabul ‘Alim Wal Muta’allim. Cet. Ke-1. Yogyakarta: Diva Press
Nawawi. 2019. Adab Guru Dan Murid (Mutiara Nasehat Tentang Pentingnya Ikhlas, Keutamaan Menuntut Ilmu, Serta Adab Mengajar, Belajar, Dan Berfatwa. Solo: PQS Publishing.
Nawawi. 2019. At-Tibyan: Adab Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an. Jakarta Timur: Ummul Qura.
Nawawi. 2021. Adab Di Atas Ilmu. Yogyakarta: Diva Press.
Nizar, Samsul Dan Efendi, Zainal Hasibuan. 2018. Pendidik Ideal Bangunan Character Building. Depok: Prenada Media Group
Noor, Moh. 2019. Guru Profesional Dan Berkualitas. Semarang: Alprin
Nurhadi Dan Harahap, Muh Irhamuddin. 2020. Konsep Tanggung Jawab Pendidik Dalam Islam. Guepedia.
Prabowo, M. Nur Dan Albar, Adetary Hasibuan. 2017. Pengantar Studi Etika Kontemporer (Teoritis Dan Terapan). Malang: UB Press
Ramli, M. 2015. ”Hakikat Pendiik Dan Peserta Didik”. Banjarmasin: Dalam Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Vol. V. (1)
Razi, Abi Fakhrur. 2019. Biografi Imam Nawawi Dan Terjemah Muqaddimah Mahalli. Situbondo: Cyber Media Publishing.
Rara zarary, Biografi Lengkap KH.Hasyim Asy’ari, 11 Maret 2020, Dalam Website https://tebuireng.online/biografi-lengkap-kh-m-hasyim-asyari/. Diakses pada tanggal 18 November 2021.
Riskha, Silvia Fabriar Dan Muhajarah, Kurnia. 2020. ” Kajian Kitab Al Arba’in An Nawawiyah: Deskripsi, Metode Dan Sistematika Penyusunan”,Nganjuk: Dalam Jurnal Lentera:Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi. Vol. XIX. (2)
Rijal Fadli Muhammad, Dan Ajat Sudrajat, 2020, ”Keislaman Dan Kebangsaan: Telaah Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari”, Yogyakarta: Khazanah Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, Vol. XVIII, No. (1)
Rijal Fadli Muhammad Dan Miftahudin, 2019, Dari Pesantren Untuk Negeri: Kiprah Kebangsaan KH. Hasyim Asy’ari, Yogyakarta: Jurnal Islam Nusantara (III), No. 2,
Rifai, Muhammad, 2009, KH.M Hasyim Asy’ari: Biografi Singkat, Yogyakarta: Garasi
Rosyada, Dede. 2020. Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Cet. Ke-1. Jakarta: Kencana
Salminawita. 2016.”Etika Pendidik Perspektif Imam Nawawi” Dalam Jurnal Miqot. Vol. XI. (2)
Salsabila Difani,Dkk. 2021. Antologi Esai: Aku Bangga Menjadi Guru, Peran Guru Dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik. Yogyakarta: UAD Press.
Shabir, M.2015. ”Kedudukan Guru Sebagai Pendidik”. Makassar: Dalam Jurnal Auladuna, Vol. II. (2).
Solikhah Dan Nurotun Mumtahanah, 2021, “Konstribusi Kebangsaan Kiai Hasyim Asy’ari: Membangun Relasi Harmonis Islam dan Indonesia”, Tuban: dalam Jurnal Akademika, (XV), No. 1
Sri Sarjana Dan Nur Hayati, 2016. ”Pengaruh Etika, Perilaku, Dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru”. Dalam Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Vol. 1. (3).
Sri Ulfa Rahayu,2020. ”Manhaj Imam An-Nawawi Dalam Kitab Syarah Hadis Sahih Muslim”. Sumatera Utara: Dalam Jurnal Al- I’jaz : Jurnal Kewahyuan Islam Vol. No. 2
Sumiati. ”Menjadi Pendidik Yang Terdidik”. Makassar: Dalam Jurnal Tarbawi,Vol. II. (1)
Sunarti. 2019.” Etika Pendidik Dan Relevansinya Dengan Kompetensi Kepribadian Guru” Malang: jurnal Turatsuna,Vol. XXI (2).
Sya’rroni, Moh. 2014. ” Etika Keilmuan: Sebuah Kajian Filsafat Ilmu” Semarang, Jurnal Teologia, Vol. XXV. (1).
Syaraf Nawawi Abi Zakariya. 2016. Riyadhus Shalihin. Jakarta: Shahih
Syaraf Nawawi, Muhyiddin Yahya. 2015. Syarah Hadits Arba’in. Jakarta: Shahih
Syarifah Habibah. 2015. “Akhlak Dan Etika Dalam Islam”. Aceh: Dalam Jurnal PGSD: Jurnal Pesona Dasar Vol. 1 (4)
Tanyid, Maidiantius. 2014. “Etika Dalam Pendidikan: Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan”. Dalam Jurnal Jaferay. Vol. XII, No. 2
Taufiqurrohman,2019. ”Ikhlas Dalam Perspektif Al Quran: Analisis Terhadap Konstruk Ikhlas Melalui Metode Tafsir Tematik”. Cirebon. Dalam Jurnal Eduprof : Islamic Education Journal, Vol. 1,(1)
Totok Wahyu Abadi. 2016. “Aksiologi:Antara Etika,Moral Dan Estetika”. Sidoarjo: Kanal Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol IV. (2)
Ulum Amirul, 2016, Hadratusy Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy‟ari Al-Jombangi, (Yogyakarta: Global Press
Untung, Moh. Slamet. 2018. Muhammad Sang Pendidik. Yogyakarta: Litera
Wardani, Kristi. 2010.”Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
Yaqin, Ainul. 2020. Pendidikan Akhlak-Moral Berbasis Teori Kognitif. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Yedidyah, Otniel. 2008. Bebas Dari Bahaya Kesombongan. Yogyakarta: Andi Offset
Yusuf Sya’bani, Muhammad Ahyan. 2018. Profesi Keguruan: Menjadi Guru Yang Religius Dan Bermartabat. Gresik: Caremedia Communication
23SK2321203.00 | SK PAI 23.203 MUH k | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain