SKRIPSI PAI
Peran Pondok Pesantren Roudlotussholihin Dalam Menumbuhkan Sikap Keagamaan Masyarakat Desa Wiyorowetan Ulujami
Kata Kunci: Peran, Pondok Pesantren, Menumbuhkan Sikap Keagamaan
Perkembangan Manusia ditentukan oleh pengalaman dari lingkungannya, artinya ketika suatu kelompok masyarakat berada di lingkungan yang baik maka akan tercipta suatu lingkungan masyarakat yang baik pula. Pondok Pesantren Roudlotussolihin merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang keberadaan serta perannya sangat penting terhadap pembentukan akhlakul karimah masyarakat dan sikap - sikap keagamaan masyarakat..
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana sikap keagamaan masyarakat Desa Wiyorowetan? 2)Bagaimana peran pondok pesantren Roudlotussholihin dalam membentuk sikap keagamaan masyarakat ?
3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam proses menumbuhkan sikap keagamaan masyarakat Desa Wiyorowetan Ulujami ?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Pengasuh dan pengurus pondok pesantren Roudlotussholihin senantiasi mempunyai kegiatan rutin dalam membentuk sikap keagamaan masyarakat dengan cara melakukan kajian-kajian buku salaf dengan masyarakat. Sholat berjamaah rutin dengan masyarakat di masjid juga menjadi sarana dalam pembentukan sikap keagamaan spiritual masyarakat desa wiyorowetan ulujami. Adapun peran yang sangat penting dari pondok pesantren Roudlotussholihin ialah mendidik, membimbing, membina, mengarahkan dan mengajak warga masyarakat untuk menumbuhkan sikap keagamaan yang baik dari segi sosial dan beribadatannya. Kedua faktor pendukung pembentukan sikap keagamaan masyarakat desa wiyorowetan ulujami yaitu karena letak pondok yang strategis berada di tengah-tengah lingkup masyarakat yang menjadikan pondok pesantren pusat dalam mencari ilmu agama.. Antusias masyarakat dalam menimba ilmu sangat patut di apresiasi. Selain hal itu juga terdapat kendala dalam menumbuhkan sikap keagamaan yang berasal dari masyarkat itu sendiri yaitu pekerjaan masyarakat yang tidak bisa ditinggalkan karena sudah menjadi kewajiban utama dalam mencari nafkah. Pandemi covid 19 yang sempat melanda semua wilayah juga menjadi faktor penghambat dalam menumbuhkan sikap keagamaan.
DAFTAR PUSTAKA :
Amirin, Tang M. 1995. Menyusun Rencana Penelitian, Jakarta: PT Grafindo Persada.
Arifin, Bambang Syamsul. 2008. Psikologi Agama, Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Arikunto, Suharsimi. 1999. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Azizy, Qodri Abdillah. 2002. Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Dhofier, Zamakhasary, 1984. Tradisi Pesantren-Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
Fatich, Sabita Nurul. 2017. “Peran Pondok Pesantren Darul A’mal Terhadap Peningkatan Nilai Religius Masyarakat Mulyojati 16 B Metro Barat”, Skripsi Sarjana Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Lampung: Perpustakaan Metro Lampung.
Ghazali, M.Bahri. 2003. Pesantren Berwawasan Lingkungan, Jakarta: Prasasti.
Haedari, Amin. 2004. Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global, Jakarta: IRD Press.
Hakim, Lukman. 2017. “Peran Pondok Pesantren Al Ustmani dalam Pembinaan Akhlak Remaja Desa Gejlik Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan”, Skripsi Sarjana Pendidikan Islam, Pekalongan: Perpustakaan IAIN Pekalongan.
Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Herningrum, Indah. 2020. Peran Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan islam, Jurnal Islamika: jurnal ilmu-ilmu keislaman, Vol 20 No 02
Heryanto, Bima. 2020. Penerapan Prinsip Habluminallah dan Habluminnas sebagai konsep pengendalian internal pada pengelolaan keungan masjid, Jurnal Jimat vol 11 No 1
Hilmi, Danial. 2020. Pembinaan Kajian Keagamaan Berbasis Karakter Islam Pada Majelis Taklim Lowokwaru, Jurnal Pendidikan Ilmiah Vol 5 No 1
Madjid, Nurcholis. 2007. Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta : Paramadina.
Mastuhu, 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islami, Jajarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyani, Laily Fitriani. 2020. Antusiasme masyarakat dalam program mengajar dari rumah (MDR) di Era Pandemi di Desa Penedagandor, Lombok Timur, Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual Vol 2 N0 2,
Naafi, M. Dian. 2007. Praktis Pembelajaran Pesantren, (Yogyakarta: Insite for Training and Development (ITD).
Nahrawi, Amirudin. 2008. Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Yogyakarta: Gama Media.
Nata, H. Abuddin. 2001. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Gradsindo.
Noer, M Fadloli. 2014. Menuntut ilmu sebagai transformasi perubahan paradigma, Jurnal Qathruna Vol 1 No 1
Noviyanti, Ririn. 2020. Indonesia dalam mengahdapi Pandemi Covid 19, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Vol 20 No 2
Purwanto, M. Ngalim. 2001. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Raharjo, M. Dawam. 1985. Pergulatan Dunia pesantren, Jakarta: P3M.
Ramayulis. 2013. Psikologi Agama, Jakarta Kalam Mulia.
Saefullah, Eef. 2017. Bekerja dalam Perspektif ekonomi islam, Jurnal Ekonomi Vol 2 No 2
Sangadji, Eta Mamang. dan Sopiah. 2010. Metodoligi Penelitian (Pendekatan Praktis dalam Penelitian), Yogyalarta: CV Andi Offset.
Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Indeks.
Siregar, Dame. 2016. Analisis Hadi-hadis tentang fadilah sholat berjamaah, Jurnal Yurisprudentia Vol 2 No 1
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Lualitatif, dan R dan D, Bandung: Alfabet.
Sugiyono. 2014. Memahami PenelitianKualitatif, Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulton, M. dan M. Khusnuridlo. 2006. Manajemen Pondok Pesantren Dalam Perspektif Global, Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Syamaun, Syukri. 2019. Pengaruh Budaya Terhadap Sikap dan Perilaku Keberagaman, Jurnal At-Taujih Vol 2 No 2
Tolha, Moh. 2016. Dinamika Pendidikan Islam Pasca Orde Baru, Jogjakarta: LkiS.
Yacub. 1984. Pondok Pesantren dan pembangunan Masyarakat Desa, Bandung: Angkasa.
23SK2321202.00 | SK PAI 23.202 DEF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain