SKRIPSI PAI
Pengaruh Kegiatan Shalawat Nariyah Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Putri Kelas XII di MAS Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Kata kunci: Shalawat Nariyah, Pembentukan, Karakter Religius
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Kegiatan Shalawat Nariyah Peserta Didik Putri Kelas XII di MAS Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan; (2) Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Putri Kelas XII di MAS Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan dalam Kegiatan Shalawat Nariyah; (3) Pengaruh Kegiatan Shalawat Nariyah Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Putri Kelas XII di MAS Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalahipeserta didik putri kelas XII di MAS Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan dengan jumlah 225 siswa. Penentuan besarnya sampel dalam penelitian ini menggunakan ukuran sampel menurut Gay dan Diehl, sampel diambil sebanyak 16% x 225 = 36, jadi dalam hal ini diambil 36 sampel. Pengambilan anggota sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling (pengambilan sampel acak dan sederhana). Teknik pengumpulanidata dalam penelitian ini menggunakan angket (Questionnaire). Uji instrumen dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan bantuan program SPSS 25. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis, analisis regresi linier sederhana, dan analisis korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat kegiatan shalawat nariyah peserta didik putri kelas XII di MAS Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori tinggi yaitu 59,194 karena berada pada interval 59,194 - 63,968; (2) tingkat pembentukan karakter religius peserta didik putri kelas XII di MAS Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori tinggi yaitu 64,527 karena berada pada interval 64,527 - 71,299; (3) terdapat pengaruh kegiatan shalawat nariyah terhadap pembentukan karakter religius peserta didik putri kelas XII di MAS Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji T diperoleh t hitung > t tabel yaitu 3,207 > 2,728 dan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian pada Uji F diperoleh F hitung > F tabel yaitu 10,287 > 4,12 dan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji analisis regesi linier sederhana y = 24,060 + 0,684X dengan signifikansi 0,003 < 0,05 dan koefisien regresi variabel kegiatan shalawat nariyah (X) yang berjumlah 0,684 yang berarti jika kegiatan shalawat nariyah meningkat, maka pembentukan karakter religius (Y) akan meningkat sebesar 68,1%. Selanjutnya pada hasil uji analisis korelasi dengan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak, H1 diterima.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmad, Junaidi. 2020. The Miracle Of Shalawat. Yogyakarta: Araska.
Ainiyah, Nur. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”. Semarang: Jurnal Al-Ulum, No. 1, XIII, 2013.
Alim, Badruddin Syariful. 2020. “Strategi Majelis Sholawat Nariyah dalam Memperbaiki Akhlak Pemuda di Kabupaten Sumenep”. Tesis Magister Pendidikan. Malang: UIN Malang.
Anam, Much. Arif Saiful. “Pendidikan Karakter: Upaya Membentuk Generasi Berkesadaran Moral”. Surabaya: Jurnal Pendidikan Agama Islam, No. 2, II, 2014.
Anshori, Muslic dan Sri Iswati. 2019. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: UNAIR.
Anwar, Syaiful dan Agus Salim. “Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial”. Lampung: Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, No. 2, IX, 2018.
Arbaiyah. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Amtsal Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Wasliyah KM 6 Medan”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Medan: UMSU Medan.
Assegaf, Habib Abdullah dan Indriya R. Dani. 2017. Mukjizat Shalawat. Jakarta: Qultum Media.
Bahri, Saiful, dkk. “Nilai-nilai Pendidikan Islam yang Terkandung dalam Ibadah Shalat Berjama’ah Santri Usia Remaja di Yayasan Al-Hikmah Musthopa Plered Purwakarta”. Purwakarta: Jurnal Mozaic Islam Nusantara, No. 1, V, 2019.
Bahri, Syamsul dan Fahkry Zamzam. 2021. Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Sem-Amos Pengujian dan Pengukuran Instrumen. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Bungin, M. Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Caswati, Lia. 2019. “Tradisi Membaca Shalawat Nariyah Pada Malam Senin Manis Oleh Keluarga Abdul Qodir Desa Pageraji Kecamatan Cilongkok Kabupaten Banyumas”. Skripsi Sarjana Agama.
Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Christalisana, Chandra. “Pengaruh Pengalaman dan Karakter Sumber Daya Manusia Konsultan Manajemen Konstruksi Terhadap Kualitas Pekerjaan pada Proyek di Kabupaten Pandeglang ”. Banten: Jurnal Fondasi, No. 1, VII, 2018.
Dasir, Muh. 2013. “Implementasi Nilai-nilai Religius dalam Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SMA/SMK Kurikulum 2013”. Tesis Magister Pendidikan. Yogyakarta: UII Yogyakarta.
Djazari, M. dkk. “Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise UNY”. Yogyakarta: Jurnal Nominal, No. 2, II, 2013.
Firdaus dan Fakhry Zamzam. 2018. Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Firmansyah, Farid dan Rudy Haryanto. 2019. Manajemen Kualitas Jasa Peningkatan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Pamekasan: Duta Media.
Ghazali, Suhaidi dan Shabri Shaleh Anwar. 2017. Shalawat Populer Esensi Sholawat Bagi Ummat Nabi Muhammad SAW. Pekanbaru: Qudwah Pres.
Gunawan, Ce. 2020. Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Habibi, M. Nur. 2021. “Pembentukan Kecerdasan Spiritual Melalui Jam’iyyah Sholawat Nariyah (Studi Kasus pada Jam’iyyah Rutinan Sholawat Nariyah Gemiring Lor Jepara)”. Skripsi Sarjana Agama. Kudus: IAIN Kudus.
Hidayat, Aziz Alimul. 2021. Cara Mudah Menghitung Besar Sampel. Surabaya: Health Books Publishing.
Hidayat, Aziz Ulimul. 2021. Menyusun Instrumen Penelitian dan Uji Validitas Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing.
Hidayat, Nurul. “Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam”. Tulungagung: Jurnal Ta’allum, No. 2, III, 2015.
Holidi, Ahmad Faran dan Miftahus Surur. “Memasyarakatkan Shalawat Nariyah di Bumi Nusantara”. Situbondo: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Hadits, No. 1, II, 2019.
Inswide. 2021. Wawasan Pendidikan Karakter. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Istianah. “Shilarurrahim sebagai Upaya Menyambungkan Tali yang Terputus”. Kudus: Riwayah: Jurnal Studi Hadis, No. 2, II, 2016.
Jannah, Miftahul. “Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura”. Amuntai: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, No. 1, IV, 2019.
Kallang, Abdul. “Konteks Ibadah Menurut Al-Qur’an”. Bone: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, No. 2, IV, 2018.
Kamaluddin, M. 2016. Rahasia Dahsyat Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah. Banyumas: Pustaka Ilmu Semesta.
Khalil, M. Ramli Husein. 2017. Mengungkap Rahasia 33 Shalawat Kepada Nabi SAW. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Khansa, Amalia Muthia, dkk. “Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15”. Tangerang: Jurnal Pendidikan Dasar, No. 1, IV, 2020.
Khaq, Moh. Ahsanul. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan”. Kudus: Jurnal Prakarsa Paedagogia, No. 1, II, 2019.
Kuliyatun. “Penanaman Nilai-nilai Religius pada Peserta Didik di SMA Muhammadiyah 01 Metro Lampung”. Lampung: Jurnal At-Tajdid, No. 2, III, 2019.
Kurniawan, Robert dan Budi Yuniarto. 2016. Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta: Kencana.
Kurniawati, Riska. 2019. "Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Peserta Didik di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Kurniawati, Riska. 2019. “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Peserta Didik di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Lampung: UIN Lampung.
Latipah, Ipah. “Implementasi Metode Al-Khikmah, Al-Mau’idhah, Al-Hasanah, dan Al-Mujadalah dalam Praktik Pendidikan”. Bandung: Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, No. 2, III, 2016.
Ma’aayisy. 2018. “Pembentukan Karakter Religius pada Siswa Melalui Kegiatan Boarding School di SMA Ma’arif NU 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Mahmudah, Umi. 2020. Metode Statistika Step By Step. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Mahmudiyah, Awaliyani dan Mulyadi. “Pembentukan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren”. Gresik: Jurnal STAI Al-Azhar, No. 1, II, 2021.
Maksum, Muhammad Ali. 2018. “Pengaruh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Karakter Religius Siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Minarsih, Maria Magdalena. “Strategi Perusahaan dalam Penanganan Berkurangnya Fokus Pegawai di Kecamatan Gunungpati”. Semarang: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, No. 2, X, 2019.
Muhammad, Nur Hasib. 2020. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di MTs Negeri Batu”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Malang: UIN Malang.
Muyasyaroh, Lyna Dwi dan Zeni Murtafiati Mizani. “Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo”. Ponorogo: Jurnal of islamic Education Studies, No. 1, III, 2020.
Muyasyaroh, Lyna Dwi. 2020. “Pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Religius Islami Siswa di SMA Negeri 3 Ponorogo”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Ningsih, Yulita Futria, dkk. 2021. Fiqih Ibadah. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Nisa, Yusinta Khoerotul. 2017. “Pembentukan Karakter Religius Siswa di Sekolah Dasar Terpadu Putra Harapan Purwokerto Banyumas”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Nurmisdaramayani. 2017. “Implementasi Ganjaran dan Hukuman dalam Proses Pembelajaran di MTs Al-Banna Pulau Banyak Kecamatan Tanjung Pura Langkat”. Tesis Magister Pendidikan. Medan: UIN Sumatera Utara.
Omeri, Nopan. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan”. Bengkulu: Jurnal Manager Pendidikan, No. 3, IX, 2015.
Ovan dan Andika Saputra. 2020. Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Priyatna, Surya Eka. 2020. Analisis Statistik Sosial Rangkaian Penelitian Kuantitatif Menggunakan SPSS. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Purnomo, Rochmat Aldy. 2017. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: CV Wade Goup.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif”. Banjarmasin: Jurnal Alhadharah, No. 33, XVII, 2018.
Roflin, Eddy, dkk. 2021. Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Rohidin. 2016. Pengantar Hukum Islam. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Salim dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Sari, Linda Kurnia. 2018. “Pengaruh Kegiatan Tadarus Keliling dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Jati Agung Sidoarjo”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Shahari, Dian Ayu. 2018. “Pembentukan Sikap Religius Siswa Melalui Ekstrakulikuler Sie Kerohanian Islam di SMK NU Trate Kota Gresik”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Kediri: IAIN Kediri.
Siahaan, Wildan Pratama. 2017. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MAS Miftahussalam Kecamatan Medan Petisah Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi Sarjana
Pendidikan. Medan: UIN Sumatera Utara.
Siregar, Rosmita Sari, dkk. 2021. Dasar-dasar Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Siregar, Sofyan. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharnis. “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Keluarga”. Palu: Jurnal Musawa, No. 1, VII, 2015.
Sujarweni, Wiratna dan Lila Retnani Utami. 2019. The Master Book Of SPSS Pintar Mengolah Data Statistik untuk Segala Keperluan Secara Otodidak. Semarang: Quadra.
Sukatin dan M. Shoffa Saifillah Al-Faruq. 2020. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Sukiyat. 2020. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Sumargo, Bagus. 2020. Teknik Sampling. Jakarta: UNJ Press.
Sutarsih, Eti. 2017. "Pendidikan Akhlak Pembiasaan Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Pada Siswa di SMK Negeri 3 Purbalingga”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Suyono. 2012. Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Tabrani. “Metode Amtsal dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Al-Qur’an”. Riau: Jurnal Ilmiah Keislaman, No. 1, XVIII, 2019.
Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Pekanbaru: Jurnal Al-Tharifqah, No. 1, I, 2016.
Umro, Jakaria. “Penanaman Nilai Religius di Sekolah yang Berbasis Multikultural”. Pasuruan: Jurnal Al-Makrifat, No. 2, III, 2018.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Litera.
Wardani, Dian Kusuma. 2020. Pengujian Hipotesis (Deskriptif, Komparatif dan Asosiatif). Jombang: LPPM Universitas KH. A Wahab Hasbullah.
Yunarti, Yuyun. “Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter”. Lampung: Jurnal Tarbawiyah, No. 2, XI, 2014.
Yunidar. “Penerapan Metode Tsawab dan ‘Iqab dalam Membentuk Akhlak Siswa di Sekolah Dasar Aceh Besar”. Aceh: Jurnal Ilmiah Didaktika, No. 2, XVI, 2016.
Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
23SK2321201.00 | SK PAI 23.201 NAL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain