SKRIPSI PBA
Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Program Intensif Bahasa Arab (PIBA) Dalam Maharah Kalam Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Pendidikan bahasa Arab merupakan salah satu jurusan yang ada di UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pada jurusan bahasa Arab mahasiswa di haruskan mempelajari beberapa Keterampilan, dalah satunya keterampilan berbicara (Mahārah kalām) yang bersfungsi sebagai bahasa Agama, ilmu pengetahuan, dan komunikasi. Dalam kenyataannya banyak yang mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab, kesulitan tersebut dikarenakan adanya perbedaan antara bahasa Arab dengan bahasa sehari-hari. Hal ini berpengaruh pada keberhasilan peserta didik dalam mempelajari bahasa Arab khususnya pada saat belajar Mahārah kalām. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dekomentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui rumusan masalah: 1) Bagaimana problematika belajar mahasiswa program intensif bahasa Arab (PIBA) dalam Mahārah kalām di jurusan pendidikan bahasa Arab UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan?, 2) bagaimaan upaya mahasiswa program intensif bahasa Arab (PIBA) dalam mengatasi kesulitan belajar Mahārah kalām di jurusan pendidikan bahasa Arab UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan?. Dari hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: 1. Adapun Problematika mahārah kalām yang dialami oleh mahasiswa PBA yaitu sebagai berikut; problem linguistik, meliputi: problem qawāʿid naḥwu, Problem bunyi, Problem kosa kata, problem susunan kalimat, peoblem. Faktor non linguistik meliputi: faktor guru, faktor siswa, faktor metode, faktor media, dan faktor lingkungan. 2. Upaya mahasiswa mengatasi kesulitan belajar mahārah kalām yaitu: mahasiswa sering latihan dan berbicara bahasa Arab, sering melafalkan huruf hijaiyyah dan makhroj sesuai dengan petunjuk yang benar, mahasiswa mencatat kosa kata yang baru ditemui baik dari dosen dan buku bahasa Arab, sering belajar dan bertanya tentang muḍāf maupun muḍāf īlāīh kepada teman atau dosen, selalu mengerjakan latihan yang berkaitan dengan qawāʿid naḥwu yang bentuk pola kalimat yang beragam, yang dilakukan adalah dosen menciptakan pembelajaran yang kreatif serta memberikan motivasi kepada mahasiswa, mahasiswa memberikan motivasi kepada dirinya sendiri agar tumbuh minat belajar yang tinggi sehingga semangat dalam belajar, dosen menggunakan metode yang bervariasi sesuai dengan tujuan mahārah kalām, materi mahārah kalām, serana yang tersedia supaya mahasiswa dapat memahami dan mengerti apa yang diterangkan oleh dosen, dosen sering menerapkan media disaat pembelajaran langsung tidak hanya fokus pada media papan tulis saja. Karena dengan media papan tulis saja membuat mahasiswa kurang semangat disaat memperaktekkan xiii secara langsung, hendaknya mahasiswa sendiri mempunyai inisiatif untuk menciptakan lingkungan berbahasa khususnya bahasa Arab, supaya mahasiswa mudah memperaktekkan mahārah kalām sehari-hari. Karena dengan adanya lingkungan berbahasa di kampus menjadikan kualitas mahārah kalām mahasiswa semakin meningkaT.
23SK2322004.00 | SK PBA 23.004 HAJ a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain