SKRIPSI PBA
Pengaruh Metode Al-'Assal-Kalim dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Prestasi Siswa di SMK Syafi'i Akrom Pekalongan
Penelitian ini berangkat adanya sebuah kesenjangan dalam pembelajaran bahasa Arab yang disebabkan karena penggunaan metode yang diterapkan guru masih konvensional. Sehingga siswa tidak terlihat aktif. Namun, ketika metode Al – ‘As}a Al – Kalīm diterapkan terdapat prestasi yang didapatkan siswa cukup baik. Penelitian ini betujuan (1) untuk mengetahui metode Al – ‘As}a Al – Kalīm dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. (2) untuk mengetahui prestasi siswa di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Al – ‘As}a Al – Kalīm dalam pembelajaran bahasa Arab siswa terhadap prestasi siswa di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan sumber data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan pendekatannya adalah kuantitatif yaitu penelitian yang data-datanya dinyatakan dalam bentuk angka dan dianalisis dengan teknik statistik. Hasil penelitian ini ialah (1) Penggunaan metode Al – ‘As}a Al – Kalīm dalam pembelajaran bahasa Arab siswa di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan Selatan tahun ajaran 2021/2022 tergolong cukup baik dalam kelas interval 58, 058 ≤ X ≤ 70,562 dengan presentase 71,43%. (2) Prestasi belajar bahasa Arab siswa di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan Selatan tahun ajaran 2021/2022 tergolong cukup baik dalam kelas interval 77,79 ≤ Y ≤ 96,49 dengan presentase 67,35%. (3) Pelaksanaan metode Al – ‘As}a Al – Kalīm memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi 5% Nilai Ttabel = 2,011741, maka Ttes = 8,696296 > Ttabel = 2,011741, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka disimpulkan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Pelaksaan metode Al – ‘As}a Al – Kalīm memiliki pengaruh cukup/sedang terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan Selatan. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji korelasi, dimana terletak pada tabel patokan interprestasi nilai r terletak pada interval 0,41 –0,70 yang berarti terdapat pengaruh cukup/sedang antara pelaksanaan Al – ‘As}a Al – Kalīm dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan Selatan. Kemudain dari hasil output SPSS diketahui koefisien determinasi R² = 0,616, berarti didapatkan sebuah kesimpulan bahwa prestasi belajar bahasa Arab di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan Selatan dipengaruhi metode Al – ‘As}a Al – Kalīm sebesar 61,6% dan 38,4% dipengaruhi oleh variabel lain, sehinga korelasi antara keduanya cukup/sedang.
23SK2322003.00 | SK PBA 23.003 MAR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain