SKRIPSI PBA
Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufrodad Bahasa Arab pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda Pesanggrahan Paguyangan Brebes
Penerapan metode bernyanyi MTs Nurul Huda Pesanggrahan Paguyangan Brebes yang digunakan dalam proses pembelajaran Mufradāt bahasa Arab. Ketertarikan penulis terletak pada cara yang diterapkan untuk Pembelajaran mufradāt tidak seperti biasanya yang monoton, akan tetapi mengembangkan penguasaan mufradāt melalui Metode bernyanyi yang sesuai klasifikasi tema mufradāt yang diberikan. Dan peneliti Ingin mengetahui Faktor pendukung dan penghambat Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda Pesanggrahan Paguyangan Brebes. sebagai topik penelitian ini Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda Pesanggrahan Paguyangan Brebes? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda Pesanggrahan Paguyangan Brebes?. Jenis peelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: Satu orang guru bahasa arab, dan 10 orang peserta didik kelas VII MTs Nurul Huda Pesanggarahan Brebes. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab kelas VII MTs Nurul Huda Pesanggrahan Paguyangan Brebes menggunakan langkah-langkah yaitu, pendidik mengkondisikan peserta didik melalui ice breaking, kemudian peserta didik menulis permufrodat dibaca bersama-sama, selanjutnya pendidik menyuruh peserta didik untuk membaca sambil bernyanyi bersama-sama di sertai gerakan dan dibantu oleh pendidik, kemudian peserta didik ditunjuk satu persatu untuk ditanya mengenai mufradat yang diajarkan. 2. Faktor pendukung metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab kelas VII MTs Nurul Huda Pesanggrahan Paguyangan Brebes yaitu semangat anak yang tinggi dalam pembelajaran menyanyi karena menyanyi itu menyenangkan, sarana prasarana yang mendukung (audio visual). Faktor penghambat metode bernyanyi dalam menghafal mufrodat bahasa arab kelas VII MTs Nurul Huda Pesanggrahan Paguyangan Brebes yaitu, sulit membaca hal ini membuat guru harus lebih mendekati, dituntun dan memperhatikan anak secara langsung; ada sebagian kecil peserta didik yang pendiam atau tidak suka bernyanyi, dan kurang tertib ketika proses belajar mengajar
sedang berlangsung.
23SK2322002.00 | SK PBA 23.002 WIW p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain