SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Tutor Teman Sebaya dalam Belajar Qawaid Nahwu Santri di Pondok Pesantren Al Mashad Manbaul Falah Wali Sampang Kota Pekalalongan
Dalam proses pembelajaran di pondok pesantren Al-Masyah Manbaul Falah Wali Sampang kota Pekalongan menerapkan metode tutor teman sebaya untuk mempelajari qawāid nahwu karna metode ini dianggap memudahkan santri dalam mempelajarinya serta membantu tercapainya tujuan pembelajaran dikelas. Metode tutor teman sebaya merupakan salah satu dari strategi pembelajaran yang berbasis active learning. Metode tutor teman sebaya ini dikenal sebagai pembelajaran antar teman atau bisa disebut juga sumber belajar selain guru, melalui metode ini dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa sehingga pembelajaran dapat berjalan aktif dan menyenangkan. Sedangkan qawāid nahwu adalah ilmu dasar yang menjadi tolak ukur untuk mempelajari bahasa Arab. Qāwaid sendiri ialah aturan-aturan atau kaidah-kaidah yang terdapat dalam menyusun kalimat bahasa Arab. Dan nahwu yaitu suatu ilmu yang mempelajari keadaan-keadaan dari akhir kata. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui rumusan masalah: 1) Bagaimana implementasi metode tutor teman sebaya dalam belajar qawāid nahwu di Pondok Pesantren al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang Kota Pekalongan, 2) Apa kelebihan dan kekurangan peran metode tutor teman sebaya dalam belajar qawāid nahwu di Pondok Pesantren al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang Kota Pekalongan?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena atau situasi dengan menggunakan pendekatan kualiatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer ialah ustadz dan santri dan sumber sekunder berupa buku, jurnal dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data model Miles dan Humberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: pertama implementasi metode tutor teman sebaya dalam belajar qawāid nahwu sehingga memudahkan santri memahami pelajaran, kedua terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan, diantara beberapa kelebihanya meningkatkan pemahaman santri, memperkuat hubungan santri dan mengemban tanggung jawab sedangkan kekuranganya ialah kurang disiplin, kurang kondusif dan merasa malu.
23SK2322001.00 | SK PBA 23.001 NUR i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain