SKRIPSI PAI
Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Terpuji Pada Peserta Didik di SMP Ma'had Islam Pekalongan
Kata kunci: Akidah Akhlak, Peran Guru.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran Guru akidah akhlak dalam membina akhlak terpuji pada peserta didiknya terlebih pada kondisi dan situasi yang mengakibatkan Guru kurang maksimal untuk memberikan materi pelajaran dan membina peserta didik ditambah dengan adanya pergaulan zaman sekarang yang semakin kurang sehat. Hal ini juga terjadi di SMP Ma’had Islam Pekalongan, banyaknya pengaruh buruk yang mempengaruhi akhlak peserta didik mengharuskan Guru akidah akhlak dengan gencar memberikan pembinaan akhlak terpuji kepada peserta didiknya terutama dengan kondisi saat ini.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, 1. Bagaimana peran Guru akidah akhlak dalam membina akhlak terpuji pada peserta didik?, 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat membina akhlak terpuji pada peserta didik?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di SMP Ma’had Islam Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Guru Akidah Akhlak di SMP Ma’had Islam Pekalongan telah dilaksanakan dengan baik. Peran Guru sebagai pembiming dimana Guru mampu menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta didiknya dan mampu mengarahkan peserta didik untuk melakukan akhlak terpuji. Selain itu Guru mampu memberikan contoh yang dapat dijadikan tauladan bagi peserta didiknya melalui cerita yang menarik dan menunjukkan sikap sebagai tauladan yang baik bagi peserta didiknya. Guru juga berperan sebagai fasilitator, dimana beliau memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak Sekolah dengan semestinya serta dibantu dengan kegiatan Sekolah yang dapat membantu membina akhlak terpuji peserta didik. Peran Guru sebagai motivator sudah dijalankan dengan baik, beliau tidak lupa untuk selalu mengingatkan peserta didik untuk menjaga akhlaknya. Sebagai evaluator dimana dilakukan secara akademis dengan tetap mempertimbangkan perilaku peserta didik dan selalu mengingatkan peserta didik untuk berkepribadian yang baik. Peran Guru akidah akhlak juga dibantu dengan adanya faktor dukungan dari Orang tua peserta didik, Guru-guru lainnya dan juga lingkungan masyarakat. Namun dibalik itu Guru juga dihadapkan dengan faktor penghambat yang juga bisa bersumber dari internal, Orang tua, lingkungan dan juga waktu yang kurang maksimal untuk memeberikan pembinaan akhlak terpuji pada peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA :
Azhar, Khoirul dan Izzah Sa’idah. 2017. Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik di MI Kabupaten Demak. (Jurnal Al-Ta’dib, No. 2, X).
Bandiah, Siti. 2020. Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-nilai Moralitas Siswa SMP Aisyiyah Curup. (SALIHA, No. 2, III)
Darmadi, Hamid. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. ( Jurnal Edukasi, No. 2, XIII).
Efendy, Rustan dan Irmwaddah. 2018. Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. ( Jurnal Pendidikan Agama Islam, No. 1, I ).
Esi dkk. 2016. “Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas XI SMK”. (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, No. 10, V).
Fadhillah, Zalfa Nurina. 2020. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di Smp Islam Al Hidayah Jatiuwung Tangerang. (JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, No. 1, I).
Hanif, A. Rifky dan Abdul Khobir. 2013. Konsep Akhlak Seorang Peserta Didik Dalam Mencari Ilmu Menurut Kiai Ahmad Sakhowi Amin (Kajian Kitab Miftah Al Akhlaq). (Edukasia Islamika Journal, No. 1, XI).
Hari, Bambang Purnomo. 2011. Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). ( Jurnal Pengembangan Pendidikan, No. 1, VIII).
Hendra, Jossapat Prijanto. 2015. Kompetensi Kepribadian Guru Dan Relevansinya Terhadap Tugas Mengajar Di Kelas. (Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, No. 2, V).
Ika, Handarini Oktafia, & Siti Sri Wulandari. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19”. (Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), No. 3, VIII).
Khoiriyah, Mufidatul. 2018. Skripsi: Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SMK MA’ARIF NU Mantup. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. (Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, No. 1, III).
Kusdiana. 2019. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Karimah Di Sekolah. (An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, No. 1, VIII).
Muhaimin. 2014. Tesis: Peranan Guru Dalam Membina Akhlak Mulia Peserta Didik Di MTS DDI Lapeo Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. UIN ALAUDDIN Makassar.
Mulyani, Fitri. 2009. Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). (Jurnal Pendidikan Universitas Garut, No. 01, III).
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mz, Syamsul Rizal. 2018. Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf. ( Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, No. 1, VII).
Nata, Abuddin. 2019. Pengembangan Profesi Keguruan Dalam Perspektif Islam. Depok : PT. RajaGrafindo Persada.
Ningrum. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Man 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. ( Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, No. 1, V).
Nurdin, Syarifuddin. 2019. Profesi Keguruan. Depok : PT RajaGrafindo Persada.
Nurjannah, Eka dkk. 2020. Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. (JOEAI: (Journal Of Education and Instruction), No. 3, III).
Pratiwi, Nur. 2013. Skripsi: Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Qhoria, Nurul. 2014. Skripsi: Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Moral Siswa Di SMP Negeri 3 Walenrang Desa Pompengan Utara Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu.
Palopo: STAIN Palopo.
Saeful, Rahmat Pupu. 2009. Penelitian Kualitatif. ( Equilibrium, No. 9, V ).
Stiyowati, Dwei. 2018. Skripsi: Peranan Guru Akidah Akhlak Dalam Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Akhlak Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Lehan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur). Lampung: IAIN METRO.
Sukmalina. 2017. Skripsi. Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa (Studi Di MTS Patra Mandiri Palembang). Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.
Syukur, Agus. 2020. Akhlak Terpuji dan Implementasinya di Masyarakat. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, No. 2, III).
Yunus, Ummu Kalsum dan Kurnia Dewi. 2018. Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Islami Peserta Didik Mts. Guppi Samata Gowa. (Jurnal Inspiratif Pendidikan, No.1, VII).
23SK2321200.00 | SK PAI 23.200 SAF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain