SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD N 01 Bukur Bojong Pekalongan
Kata Kunci : Guru PAI, Karakter, Pandemi Covid-19.
Peran Guru PAI tujuan dasarnya adalah menciptakan manusia berbudi luhur, membentuk peserta didik yang beriman, berakhlakul karimah, berkarakter dan berpengetahuan luas. Peran Guru PAI sangatlah penting dalam pembentukan karakter siswa pada masa pandemi Covid-19. Pembelajaran yang saat ini dilakukan secara jarak jauh menyebabkan pendidikan karakter sulit untuk dilakukan. Tetapi guru yang berada di sekolah tersebut dalam melaksanakan peranan dalam membentuk karakter pada masa pandemi Covid-19 dapat dilakukan dengan cukup baik, dimana perannya sebagai tauladan dalam pembentukan karakter berjalan cukup baik. Hal ini disebabkan karakter terbentuk dari kebiasaan hidup sehari-hari, oleh sebab itu agar terbentuk karakter yang lebih baik, pihak sekolah perlu membiasakan siswanya agar menanamkan nilai-nilai kebaikan. Dengan demikian guru PAI selain mengajarkan ilmu agama juga berperan penting dalam membentuk karakter siswa pada masa pandemi Covid-19.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI dalm pembentukan karakter siswa pada masa pandemi Covid-19 di SD N 01 Bukur Bojong Pekalongan, dan faktor-faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa pada masa pada pandemi Covid-19 di SD N 01 Bukur Bojong Pekalongan? Sebagian tujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa pada masa pandemi Covid-19 di SD N 01 Bukur Bojong Pekalongan. Seta kegunaannya untuk menambah khasanah keilmuan tentang pengetahuan mengenai peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa pada masa pandemi Covid-19 di SD N 01 Bukur Bojong Pekalongan..
Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) guru PAI berperan sebagai pengajar, pembimbing, teladan, motivator, fasilitator dan pengelola. Melalui kegiatan keagamaan sebelum proses pembelajaran yang secara tidak langsung juga menanamkan karakter religious dan kedisiplinan siswa, memberi contoh keteladanan dalam setiap pelajaran serta mengajarkan sopan santun. Walaupun pembelajaran saat ini dilakukan secara daring ataupun dalam pembelajaran tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, akan tetapi dengan kecanggihan teknologi proses pembelajaran dan pembentukan karakter siswa dipermudah. (2) Kemudian faktor-faktor yang mundukung guru PAI dalam membentuk karakter siswa pada masa pandemi Covid-19 di SD N 01 Bukur Bojong Pekalongan yaitu guru yang aktif membimbing dan mengarahkan, orang tua yang memberi dukungan serta pengawasan dan sarana prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya yaitu, keterbatas waktu dalam mengajar, lingkungan tempat tinggal siswa yang tidak baik, dan semakin canggihnya teknologi.
DAFTAR PUSTAKA :
Ali, Mohammad Daud. 1998. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Ariskunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azwar, Saifudin. 1998 Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daradjat, Zakiah. dkk. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. 2004. Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum dan Madrasah: Panduan Untuk Guru dan Siswa. Bandung: Departemen Agama RI.
Efendy, Rustan. 2018. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa,” Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Falah, Ahmad Syukron. 2017. “Peran Guru PAI Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Anak di SD Islam Hidayatullah Banyumik Semarang,” Skripsi PAI. Semarang: UIN Walisongo.
Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2012 Metodologi Penelitian kualitatif, Jogjakarta: Ar-RuzzMedia.
Gymnastiar, Abdullah. 2019. Karakter Baku Ikhtiar Membangun Generasi Muda Islami, (Bandung: Emqies Publising.
Halimah, Miftahul. 2018. “Peranan Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter siswa di SMP N 2 Sukdana Lampung Timur,” Skripsi PAI. Lampung Timur: IAIN Metro.
Hamid, Hamdani dan Beni Ahmad Saebani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hidayat, Saleh Nur. 2020 “Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga,” Skripsi PAI. Salatiga: IAIN Salatiga.
Hidayati, Abna Hidayati. 2016. Desain Kurikulum Pendidikan Karakter, (Jakarta: Kencana.
https://en.wikipedia.org/wiki/COVID-19_pandemic. Diakses pada 1 Agustus 2021 pukul 23:40.
Isjoni. 2008. Guru sebagai Motivator Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jalaludin. 2010. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lantaeda, Syaron Brigette, Florence Daicy J.Lengkong, Joorie M. Ruru. 2017. “Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan RPJMD Kota Tomohon,” Jurnal Administrasi Publik.
Meleong, Lexy J. 1998. Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Mulyasa, E. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustakim, Zaenal. 2017 Strategi dan Metode Pembelajaran Edisi Revisi. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Purwanto, M. Ngalim. 2000. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Qomaruzzaman, Bambang. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Pendekatan NLP. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Salsabila, Unik Hanifah, Rio Saputra, dan Imam Nur Qoyyum. 2020. “Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Pembentukan Karakter dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam”. Yogyakarta: Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Pendidikan Karakter: Konsep dan Model, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiarto, Adam. 2021.“Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Saat Pandemi di SMP Islam Ramah Anak”, Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________ 2015. Metode penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarno, Agus. 2020. “Dampak Covid-19 Dapat Berpengaruh pada Menurunnya Mutu Pendidikan”. Derap Guru Jawa Tengah.
Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektf. Yogyakarta: Hikayat Publinsing.
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metedologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Tim Edukatif HTS. 2015. Buku Ajar Pendidikan Agama Islam: Untuk SMA/MA. Surakarta: CV Hayati Tumbuh Subur.
Tim Redaksi Nuansa Aulia. 2006. Himpunan Perundang-undangan Republik Indonesia: Tentang Guru dan Dosen. Bandung: CV. Nuansa Aulia.
Tohirin. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Wahidah, Idah. dkk, 2020. “Pandemi Covid-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan,” Jurnal Manajemen dan Organisasi.
Winaputra, Udin S. dkk. 2001. Pedoman Umum Pendidikan Budi Pekerti Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Buku I. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
23SK2321199.00 | SK PAI 23.199 IRF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain