SKRIPSI PAI
Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP Negeri 4 Sragi
Kata Kunci: keaktifan belajar siswa, prestasi belajar, pendidikan agama islam dan budi pekerti
Keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran sangatlah penting, karena pembelajaran tidak hanya memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa tetapi juga menciptakan situasi yang dapat membawa siswa aktif belajar untuk mencapai perubahan tingkah laku. Dalam proses pembelajaran peneliti akan meneliti apakah keaktifan belajar siswa mempengaruhi nilainya. Hal ini menjadi perhatian bagi peneliti dan tertarik untuk mengetahui “Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti Kelas VIII di SMP Negeri 4 Sragi”.
Peneliti merumuskan masalah yaitu: Pertama, bagaimana keaktifan siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP Negeri 4 Sragi?. Kedua, bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP Negeri 4 Sragi?. Ketiga, bagaimana pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP Negeri 4 Sragi?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Sragi. Dalam pengemabilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampelnya yaitu kelas VIII C dan VIII D. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: hasil angket keaktifan belajar siswa memperoleh nilai sebesar 89,18, yang berada pada interval > 85 dan termasuk kategori sangat tinggi. Sedangkan prestasi belajar SMP Negeri 4 Sragi memperoleh nilai sebesar 85,46, yang berada pada interval > 84 dan termasuk kategori sangat tinggi. Terdapat pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Negeri 4 Sragi. Pengaruh yang positif atau signifikan antara keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar yang ditunjukan dengan t hitung = 4,954 pada tingkat signifikan 5 % nilai t tabel = 2,004 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun besarnya pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar sebesar 0,309 (nilai R Squere) yang berarti bahwa keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar sebesar 30,9 %. Sedangkan sisanya sebesar 69,1 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar peneliti seperti : faktor hereditas (kecerdasan), motivasi dan lingkungan belajar.
DAFTAR PUSTAKA :
A.M, Sardiman. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.
A.M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Pers.
Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Andini, Thoifah Asri, Ngadiman, dan Elvia Ivada. 2017. “Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Pemanfaatan Jam Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar”. Surakarta: Jurnal ”tata akta” Pendidikan Akuntansi UNS, No. 1, April, III.
Apriani, Siska. 2019. “Pengaruh profesionalisme Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Pancasila Kota Bengkulu”. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Arifin, Zaenal. 2011. Evaluasi Instruksional: Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsismi. 1996. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarata: Bumi Akasara.
Aryanti, Sri Sapitri. 2011. “Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa”. Garut: Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. V, No. 1.
Budiastuti, Diah dan Agustinus Bandur, 2018. Validitas dan Reabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Guru dan Anak-Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azman Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djojo, Adji. 2012. Aplikasi Praktis SPPS dalam Penelitian. Yogyakarta : Gaya Media.
Gunawan, Heri. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardiyanto, Widya. 2019. “Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sidrap”. Skripsi. Parepare: Institut Agama Islam Negeri Parepare.
Hawi, Akmal. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Cet. Ke-2, Jilid I. Jakarta: Rajawali Pers.
Ismail SM. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.
Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, Cet. Ke II. Bandung: Alfabeta.
Khotmawati, Dewi. 2019. “Pengaruh Pembelajaran PAI Terhadap Keaktifan Peserta Didik Melaksanakan Shalat Fardhu di SMA I Al-Ma’arif Singosari”. Malang: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. IV, No. 2.
Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, (Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Maesaroh, Siri. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”. Surakarta: Jurnal Kependidikan, Vol. I, No. 1.
Mahmudah, Umi. 2020. Metode Statistika Step By Step. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasia Kompetensi,. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2008. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musya’adah, Umi. 2018. Peran penting Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasa. STAI Taruna Surabaya: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, Vol. 1, No. 2.
Marbun, Stefanus M. 2018. Psikologi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Pane, Aprida dan Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar dan Pembelajaran”. IAIN Padangsidimpuan: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. III, No. 2.
Poerdarmainta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rohmadi, Syamsul Huda. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Araska.
Purta, Nusa dan Santi Lisnawati. 2012. Pendidikan Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran, Cet. Ke-6, Jilid II. Jakarta: Rajawali Pers.
Rumiyati. 2021. Model Talking Stick Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Semarang: NEM.
Salafudin dan Nalim. 2014. Statistik Inferensial. Pekalongan: Stain Press.
Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saputra, Trio. 2018. “Pengaruh Presepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Dibagian Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning”. Universitas Lancang Kuning: Jurnal Sinia, vol. 11.
Semiawan, Conny. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyono. 1992. Tehnik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Sudarmanto, Eko. 2021. Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Yayasan, Kita Menulis.
Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2010. Uji KHI Kuadrat dan Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susanti, Lidia. 2019. Prestasi belajar akademik & non akademik teori dan implementasinya. Malang: Literasi Nusantara.
Syafi’i, Ahmad. 2018. “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi”. Surabaya: Jurnal Komunikasi Pendidikan, No. 2, Juli.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Syaikh Muhammad bin shalih Al-‘Utsaimin rahimahullahu Ta’ala. 2016. Syarh ‘Umdatul Ahkaam. Jilid 2. Muassasah Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin Al-Khairiyyah.
Tanto, Usman Zaki el. 2012. Islamic Learning. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Thursan, Hakim. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Tohirin. 2003. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pekan Baru: Sarana Mandiri Offset.
Tohirin. 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja grafindo Persada.
Tohirin. 2014. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Cet. Ke-5, Jilid V. Jakarta: Rajawali Pers
Wibowo, Nugroho. 2016. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari”. (Gunungkidul: Jurnal Electronics, Informatocs, and Vocational Education (ELINVO), No. 2, Mei, III).
Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Budi Aksara.
23SK2321198.00 | SK PAI 23.198 DIY p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain