SKRIPSI PAI
Peran Tripusat Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Religus Anak SD di Desa Denasri Wetan Kecamatan Batang
Kata Kunci : Peran, tripusat pendidikan, karakter religius.
Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah kemajuan dan perkembangan teknologi yang semakin canggih tidak dibarengi oleh kemajuan moral saat ini, banyak sekali anak yang tidak bersikap baik yang seharusnya dimiliki oleh seorang anak, sehingga timbul permasalahan akibat dari kemorosotan moral tersebut, contoh dari tindakan yang dilakukan anak yang tidak baik adalah berbicara tidak sopan terhadap lawan yang lebih tua terlebih kepada seorang guru, dan meninggalkan kewajiban seorang muslim dalam menjalankan ibadah-ibadahnya, sehingga dari hal tersebut menyebabkan hasil yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Melihat peristiwa tersebut, peran keluarga, sekolah dan masyarakat dalam pembentukan karakter religius anak ialah wajib karena banyaknya hal yang terjadi tidak sesuai dengan tujuan pendidikan.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan bagaimana peran tripusat dalam membentuk karakter religius anak SD di Desa Denasri Wetan Kecamatan Batang Kabupaten Batang, untuk tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran tripusat pendidikan dalam pembentukan karakter religius anak di Desa Denasri Wetan Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Kegunaan dari penelitian terdiri dari kegunaan teoritis dan kegunaan praktis.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, subjek dari penelitian ini terdiri dari tiga unsur tripusat pendidikan yaitu, keluarga dari orangtua anak, sekolah yang terdiri dari kepala sekolah dan guru PAI, serta masyarakat yang terdiri dari tokoh agama dan tokoh masyarakat. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data lapangan adalah dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data, tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran tripusat pendidikan dalam membentuk karakter religius sudah cukup baik karena di dalam tripusat pendidikan yang terdiri dari keluarga, sekolah dan masyarakat saling ada keterkaian, peran keluarga terutama orangtua sangat mempengaruhi perkembangan kepribadian anak orangtua disini memberikan contoh teladan yang baik serta membiasakan berperilaku sesuai dengan ajaran agama islam. Sekolah mempunyai peran yang penting dalam mewnujudkan karakter religius anak, di sekolah anak dibiasakan dengan perilaku yang sesuai ajaran Islam, guru memberikan contoh teladan yang baik, serta guru menjadi pembimbing bagi anak-anak. Di lingkungan masyarakat sebagai tempat berinteraksi mempunyai peranan yang penting dalam membentuk karakter religius anak, peran masyarakat dalam membentuk karakter religius diantaranya menjadi teladan bagi anak-anak di Desa Denasri Wetan serta turut serta dalam membimbing anak dalam kegiatan keagamaan.
DAFTAR PUSTAKA :
Adhim, Fauzil. 2006. Postive Parenting: Cara-cara Islami Mengembangkan Karakter Positif pada Anak, Bandung: Mizan.
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyat.2015. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, Rulam.2014. Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan Yoyakarta: ArRum Media.
Anggito, Albi dan johan setiawan, 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak.
Arifin, Zaenal.2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA press.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan dan Kemajuan Bangsa, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Bariyah, Siti Khusnul. 2019. Peran Tripusat Pendidikan dalam Membentuk Kepribadian Anak. IAIN Purwokerto, Jurnal Kependidikan, Vol. 7 No. 2, November.
Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Faturrohman, Pupuh. 2013. Pengembangan Pendidikan karakter, Bandung: PT Refika Aditama.
Fitri, Agus Zainal Fitri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Sekolah Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitrianti. Sukses Profesi Guru Dengan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama, 2012.
Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ihsan, Puad.1997. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: PT Rieneka Cipta.
Indrianti, Tia. 2020. Peran Orang tua Dalam Membentuk Karakter Anak di desa Kedaton Induk kec. Batanghari kab. Lampung timur, Lampung: Skripsi tidak diterbitkan.
Istiqomah, Pangesti.2017. Pembentukan Karakter Religius dan Mandiri pada Siswa di SMPTunas Bangsa Banjarnegara Purwokerto: Skripsi tidak diterbitkan.
Jalaludin, 2001. Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo.
Juhji. 2016. Peran Urgen Dalam Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vo. 1 No. 1 Tahun.
Karsidi, R. Sosiologi Pendidian. Digital Library Universitas Sebelah Maret 2008 diakses pada tanggal 22 februari 2022.
Kementerian Agama, 2007. Alquran dan Terjemahannya, Bandung: PT Sygma Ekmedia Arkanleema.
Koesoema A Doni. 2015 Pendidikan Karakter: Utuh dan Menyeluruh, Sleman: Kanisus.
Mahmudiyah, Awaliyah. 2021. Pembentukan Karakter Religius di Madrasah Ibtidayah Berbasis Pesantren. Gresik: STAI Al-Azhar, 2021 Vol 2 No. 1 P.ISSN: 2723-4932.
Majid, Abdul dan Dian Andayani, 2012. Pendidikan Karakter Prespektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosadakarya Offset.
Majlis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1962. Karya Ki Hajar Dewantara, Bagan pertama: Pendidkan, Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa,.
Mamik, 2015. Metodologi Kualitatif, Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mulyadi, 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pekanbaru: Diktat.
Nasution, S. 2011. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Rokib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Intregratif di Sekolah, Keluarga, Masyarakat, Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Sadulloh, Uyoh. 2010. pedagogik (Ilmu Pendidikan), Bandung: Alfabeta.
Salim, Dkk., 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis, Jakarta: Kencana.
Saputro, Heri dan Yufentri Otnial Talan, 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Jurnal Of Nursing Practice, Vol. 1 No. 1, Oktober.
Subianto, Jito. 2013. Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukkan Karakter. dalam Jurnal Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Volume 8 Nomor 2. Jakarta.
Sugiyono, 2016. Metode Peneletian Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sulastri, 2018. Pola Pembentukan Karakter Religius pada Anak Dalam Pendidikan Agama Islam di SMP 05 Kepahiang, Bengkulu: Skirpsi tidak diterbitkan.
Suwarno. 1982. Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru.
Thirtarahardja Dan La Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Wahdaniyah Mensinegikan Tripusat Pendidikan dalam Pembentukan Akhlak Al- Karimah (Karakter) Peserta Didik. Unismuh Makassar, Jurnal Tarbawi, Vol. 2 No. 2 ISSN 2527-4082.
Wawancara dengan guru PAI Ibu Khusnul Khotimah di ruang kepala sekolah pada tanggal 28 april 2022.
Wawancara dengan ibu Umpriyah tanggal 16 april 2022
Wawancara dengan kepala sekolah Ibu Esti Yuni Pratiwi SD Negeri 02 Denasri Wetan pada tanggal 26 april 2022.
Wawancara dengan orangtua anak ibu endang pada tanggal 17 april 2022
Wawancara dengan orangtua anak ibu kuntirah pada tanggal 18 april 2022
Wawancara dengan tokoh agama Bapak Mujiono pada tanggal 26 mei 2022
Wawancara dengan tokoh masyarakat Bapak Ahmad Rofi’I pada tanggal 20 mei 2022
Zayadi, 2011. Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Zubaedi, 2012. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
23SK2321197.00 | SK PAI 23.197 ELV p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain