SKRIPSI PAI
Strategi Pembelajaran Tahsin Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen
Kata kunci : strategi pembelajaran tahsin, metode talaqqi
Dalam upaya meningkatkan kualitas santri dalam pembelajaran dan pemahaman mengenai Alquran perlu adanya model pembelajaran tahsin yang seperti inilah, diharapkan akan muncul lulusan santri yang tidak hanya bisa membaca Alquran secara kontekstual tetapi dapat memhami Alquran secara mendalam. Pembelajaran tahsin ini dilakukan tidak hanya sekali duakali saja namun perlu adanya pembiasaan. Di Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen sendiri setiap harinya dilakukan metode pembelajaran tahsin yang wajib diikuti para santrinya.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran tahsin Alquran dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran santri Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tahsin Alquran dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran santri Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran tahsin Alquran dalam meningkatkan kemampuan membaca santri Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen Pekalongan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data,wawancara,observasi lapangan dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan reduksi data,penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian tentang implementasi strategi pembelajaran tahsin Alquran dalam meningkatkan kemampuan membaca santri Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen yaitu: Pertama,Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Tahsin Alquran dimulai dari setelah sholat subuh dan setelah sholat maghrib sampai menjelang adzan isya’ berkumandang. Setelah sholat subuh dilakukan mulai dari pukul 05.00 – 06.00 WIB dengan metode mendengarkan dan menyimak lantunan murotal Alquran yang dimainkan dalam tipe recorder lewat alat pengeras suara setelah itu dilaksanakanlah pembiasaan metode talaqqi pembacaan Alquran disetiap paginya dan untuk sesi pelaksanaan setelah sholat maghrib dilakukan metode pembelajaran penerapan ilmu tajwid dengan memperhatikan penjelasan ustadz yang mengampuh dalam bidang tersebut. Kedua faktor pendukung dalam strategi pembelajaran tahsin Al Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca santri Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen diantaranya adalah dari dewan guru yang memiliki kemampuan yang ulet dan tekun dalam mengajarkan pembelajaran tahsin Alquran.Dari para santri dan lingkungan sekitar yang selalu mendukung dalam penerapan strategi pembelajaran ini.Adapun faktor penghambat dalam strategi pembelajaran tahsin Al Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca santri Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen diantaranya adalah dari dewan assatidz yang masih mengalami penurunan semangat.Kendala sarana prasarana yang masih minimalis untuk mewadahi pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA :
Ariani,Safrina. Januari-Juni 2015. Program Bengkel Mengaji (Upaya Penin0gkatan Kemampuan Tahsin Al-Qur‟an Mahasiswa PAI. Jurnal Mudarrisuna, Vol. 5.
Ash-Shiddieqy,Muhammad Hasbi,Teungku,Prof. Dr. 2009. Ilmu-ilmu Al-Qur’an (Semarang : Pustaka Rizki Putra.). Hlm.13.2
Daud, Muhammad Ali. 2003. Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Rajawali pers.
Ekosudarmanto dkk. 2021. pendekatan Kuantitatif. Desain Penelitian Bisnis : Yayasan Kita menulis.
Fitri,Nur,Mahmudah. 2021. Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas IT. Yogyakarta : UAD PRESS.
Fuad, Juhar. 7 Juni. Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, (Kompasiana Com).
HS, Mastuki, El-sha, M. Ishom. 2006. Intelektualisme Pesantren. Jakarta : Diva Pustaka.
Hermawan, Asep. 2005. Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta : PT Grasindo.
Ibnu, Katsir. 2008. Mudahnya Memahami Al-Qur’an Jilid 1-6. ( Yogyakarta : AMM). Hlm 5
J. R. Raco. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana.
Laduni : “Biografi KH. Dahlan Salim Zarkasyi” http//www.laduni.id/post/amp/67463 diakses tanggal:20 Maret 2022.
Luthfi, Achmad. 2012. Pembelajaran Al-Quran dan hadist. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Majid, A. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
M. Nafiur, Rofiq. 2011. PotretKebijakan Pendidikan Diniyah.Yogyakarta : Yogyakarta Absolute Media.
Moleong, Lexy, J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nasrudin Moh, Ulumul Qur’an, (Pekalongan: NEM, 2019).
Nasution, Halimah, Nur. 2016 Implementasi Strategi 7T (Tahyi‟ah, Takhayyul, Taskhin, Tarkiz, Tartil,Takrir, Tarabuth) dalam proses menghafal Alquran siswa Tsanawiyah di madrasah tahfizhil Quran Islamic Centre Medan.
Prasodjo, Sudjono. 1982. Profil Pesantren. Jakarta : LP3S.
Prasojo,A.D. 2011. Penggunaan metode Tahsin terhadap kemampuan membaca Alquran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V Di SDN 1 Bandar Lampung.
Quraish, M. Shihab. 2007. Wawasan Al-Quran Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung : PT Mizan Pustaka.
Rauf, Abdul, 2014. Pedoman Dauroh Al-Qur’an.( Jakarta : Markas Qur’an).
Sulhiana, Risa. 2011. Upaya Ma’had Sunan Ampel AL-Aly dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Mahasantri.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Ulum, M. Samsul. 2007. Menangkap Cahaya Al-Qur’an. Malang : UIN-Malang Press
Untung, Slamet. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Litera.
Umrati dan Hengki Wijaya. 2020 . Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi
23SK2321196.00 | SK PAI 23.196 MUH s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain