SKRIPSI PAI
Kesulitan Orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak di Masa Pandemi Covid 19 Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Pekalongan
Kata Kunci: Pandemi, PJJ, Kesulitan Orangtua, Solusi Orangtua,
Pendampingan dan pola asuh serta peran orangtua sangat menentukan bagaimana keberhasilan pendidikan anaknya kelak. Tataran konseptual dalam proses pendidikan di lingkungan keluarga merupakan realisasi tanggung jawab orangtua terhadap pendidikan anaknya, merupakan cakupan aspek – aspek yang sangat perlu diperhatikan, diawasi, dan didampingi oleh orangtua dalam mendidik anaknya. Terlebih dimasa pandemi ini pendampingan orang tua dalam pendidikan anaknya semakin erat dan kembali kepada pendidikan utamanya yaitu pendidikan dari orangtua yang sebenarnya dilimpahkan orang tua kepada guru di sekolah. Sehingga sudah menjadi kewajiban orangtua dimasa pandemi ini untuk mendampingi dan membimbing buah hati mereka dengan segala cara yang mereka mampu untuk mendukung kesuksesan belajar anaknya dimasa pandemi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kesulitan yang orang tua hadapi dalam mendampingi pembelajaran Pendidikan Agama Islam anaknya di masa pandemi covid 19 dan bagaimana solusi orangtua untuk mengatasi kesulitan yang mereka hadapi dalam mendampingi pembelajaran Pendidikan Agama Islam anaknya di masa pandemi covid 19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah analisis data mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, orangtua kesulitan menemukan sumber belajar yang baku dari internet, kedua, keterbatasan orangtua terhadap penggunaan system dan teknologi yang digunakan dalam PJJ, ketiga, pengeluaran biaya yang lebih untuk kuota internet, keempat, keterbatasan orangtua dalam pemahaman materi belajar anak, kelima, kesulitan dalam mengajak anak untuk belajar, keenam, kesulitan orangtua dalam mengawasi dan membagi waktu dalam bekerja dan mendampingi anak belajar dirumah. Sedangkan solusi orangtua berupa: pertama, berkonsultasi dengan guru, wali kelas, atau tokoh agama untuk membantu menyelesaikan masalah belajar anak, kedua, memberikan pengetahuan ilmu agama dan pembiasaan norma agama dalam kehidupan sehari – hari, ketiga, memberikan hukuman, keempat, memberikan pujian ataupun hadiah pada anak, kelima, mengawasi belajar anak, keenam, mengatur jadwal belajar anak, ketujuh, memberikan nasehat, kedelapan, memberikan edukasi tentang kesadaran terhadap tanggungjawab anak sebagai seorang pelajar.
DAFTAR PUSTAKA :
Agus Purwanto, Dkk, 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal: Universitas Pelita Harapan Indonesia. Vol. 2., No. 1.
Arfiani, Nur. 2020. Bijak Menjadi Orang Tua Sebagai Bentuk Perlindungan Anak Dalam Menjalani Kegiatan Belasjar Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Rechtens: Universitas Mulia Balikpapan, Vol. 9, No. 2.
Basar, A.M. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus di SMP IT Nurul Fajri Cikarang Barat–Bekasi. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 2., No 1.
Cahyati, Nika. dan Rita Kusumah. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age: Universitas Hamzanwadi, Vol. 04 No. 1.
Dahlan R, M., Lela Qodriah. 2018. Lingkungan Pendidikan Islami Dan Hubungannya Dengan Minat Belajar PAI Siswa SMA Negeri 10 Bogor. Edukasi Islami. Jurnal Pendidikan Islam, UIKA Bogor, Vol. 07 No. 02.
Daud, Ma’mur. 1986. Terjemahan Hadis Shahih Muslim. Jakarta: Fa. Widjaya, Cet., II.
Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur`an dan Tafsirnya (Edisi yang Disempurnakan) Jilid X. Jakarta: Departemen Agama RI.
Dwi Prasetyo, F.A.,. 2018. Pendampingan Orangtua Dalam Proses Belajar Anak (Studi Deskriptif Tentang Tingkat Optimalisasi Pendampingan Orangtua Dalam Proses Belajar Anak Menurut Persepsi Siswa Kelas X SMK N 1 Nanggulan Tahun Ajaran 2017/2011. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Fatma Dewi, W.A. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Vol 2, No 1.
Firdaus. 2020. Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring DiMasa Pandemi Covid 19. Jurnal Utile: Jurnal Kependidikan Universitas Muhammadiyah.
Jailani, M. Syahran. 2014. Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Vol. 8., No. 2.
Khalimah, S.N. 2020. Peran Orang Tua Dalam pembelajaran daring di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: IAIN Salatiga.
Lailatul, Selfi. dan Mardhiana Faridhatul. 2020. Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE: Journal Of Childhood Education Universitas Islam Lamongan Vol. 4., No. 2.
Mastoah, Imas. 2020. Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid 19 di Kota Serang. Aṣ Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Vol.5 No.2.
Mediana, Kompas: Survey KPAI Siswa Tidak Bahagia dengan Pembelajaran Jarak Jauh, https://Kompas.Id/Baca/Humaniora/Dikbud/2020/04/27/Survei-KPAI-Siswa-Tidak-Bahagia-Dengan-Pembelajaran-Jarak-Jauh/.
Meilina, Fitri. 2021. Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak di Masa Pandemi Covid-19 Studi di Rw. 1 Desa Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Banyumas. Skripsi. IAIN Purwokerto.
Munjiat, S.M. 2020. Analisis Upaya Orang Tua Dalam Mendidik Anak Dimasa Pandemi. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon Vol. 6., No. 2.
Murdoko, W.H. 2017. Parenting With Leadhersip Peran Orangtua Dalam Mengoptimalkan Dan Memberdayakan Potensi Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Pandi, M. Dwi. 2021. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring Pada Pendidikan Agama Islam Desa Limau Manis Kecamatan Kemuning Kabupaten Inhil Provinsi Riau. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Praja, M. Arie. 2011. Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa di MI Assyafi”Iyah Pikatan Wonodadi di Blitar Tahun 2010/2011. Tulungagung. Skripsi Tidak Diterbitkan.
Rofi’ah, Risatur. 2021. Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Saat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya. Conseils: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Vol. 01, No. 01.
Sari, Neneng Yulda. dan Wisroni. 2020. The Urgency Of Parental Guidance For Youth Education In The Era Belajar Dari Rumah (BDR). Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Padang. Vol. 8., No. 3.
Sere, Idrus. 2018. Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Mendidik Anak Menurut Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 12-19 (Analisis Tafsir Ibnu Katsir). Laporan Hasil Penelitian: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ambon.
Tatang. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Utami, E.W.,. 2020. Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Wardani, Anita. dan Yulia Ayriza. 2021. Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 5., Issue 1.
Widiasworo, Erwin. 2018. Mahir Penelitian Pendidikan Modern. Yogyakarta: Araska.
Zulfikar. 2020. Refungsionalisasi Pendidikan Keluarga Pada Masa Pandemi Studi Pada Wali Murid SMP Al Hasanah Kota Bengkulu. Tesis. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Zulfikar. 2020. Rekonstruksi Pendidikan Keluarga Pada Masa Pandemi Studi Pada Walimurid SMP IT Al Hasanah Kota Bengkulu. An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Bengkulu. Vol. 5., No. 2.
23SK2321193.00 | SK PAI 23.193 AIN K | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain