SKRIPSI PAI
Implementasi Literasi Digital Sebagai Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 4 Pemalang
Kata Kunci : Literasi Digital, Guru PAI, Akhlakul Karimah
Sejak pandemi tahun 2020, pembelajaran daring menjadi solusi pada masa pandemi. Namun, Meskipun secara formal pendidikan bisa tersampaikan, pendidikan moral dan akhlak siswa sedikit terabaikan. Oleh karena itu, guru PAI memiliki peran untuk mengimplementasikan literasi digital keagamaaan pada mata pelajaran PAI yang diharapkan menjadi solusi dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik.
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana akhlakul karimah peserta didik kelas IX di SMP N 4 Pemalang? (2) Bagaimana Implementasi literasi digital pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di SMP N 4 Pemalang? (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi literasi digital pada mata pelajaran pendidikan agama Islam?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan bagaimana akhlakul karimah peserta didik kelas IX di SMP Negeri 4 Pemalang, (2) Menjelaskan Implementasi literasi digital dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik, dan (3) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat implementasi literasi digital pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam.
Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket dengan informan Guru PAI, Waka Kurikulum, dan siswa kelas IX. Teknik analisis data yang digunakan model Miles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini (1) Akhlakul karimah peserta didik kelas IX di SMP N 4 Pemalang menunjukkan bahwa semua indikator masuk ke dalam kategori sangat baik. (2) Implementasi literasi digital dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik dilakukan dengan memberikan kajian nilai-nilai akhlakul karimah yang sudah diberikan tautannya oleh guru PAI melalui media digital.(3) Faktor pendukung implementasi literasi digital dalam pembelajaran PAI yakni kemampuan guru dalam menerapkan dan mengembangkan literasi digital, tersedianya kuota gratis dan fasilitas WiFi dan komputer, dan keaktifan peserta didik saat. Faktor penghambat implementasi literasi digital dalam pembelajaran PAI yakni tidak memiliki handphone pribadi, kendala jaringan dan kuota data yang terbatas, motivasi dan minat belajar yang rendah, serta lingkungan keluarga yang kurang mendukung.
DAFTAR PUSTAKA :
Agustini, Rajab. Dan Meysurah Sucihati. 2020. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Menuju Era Society 5.0”. Universitas Pgri Palembang..
Anggito, Albi. dan Johan Setiawan, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif , Sukabumi: CV Jejak.
Anjar Fitriyati, Etik. 2019. Urgensi Literasi Digital Dalam Menangkal Hoax Informasi Kesehatan Di Era Digital. Journal of communication studies.
Arifin, Muzayyin. 2012. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, Dinie Anggaeni. dkk. 2021. Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Lterasi Digital, Jurnal Basicedu. 5.6.
Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Haniyyah, Zida. 2021. Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMPN 03 Jombang, Jurnal Irsyaduna. Jombang. 1.1
Hidayat, Nur. 2013. Akhlak Tasawuf, Yogyakarta: Ombak.
Kemendikbud, 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kemendikbud. 2017. Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Muflihin, Ahmad., dan Toha Makhshun, 2020. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Sultan Agung, 3.1
Mujahidah. 2016. Tanggung Jawab Guru Bidang Studi Agama Islam dan Realisasinya dalam Perkembangan Nilai-Nilai Religi Pada Siswa Madrasah Aliyah An-Nur Nusa di Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Makassar. UIN Alauddin.
Nasrudin, Endin. dan Mulyawan S Nugraha. 2011. Psikologi Perkembangan, Sukabumi, STAI Sukabumi & CV Mulya Sejahtera Nugraha
Novidiantoko, Dwi. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif . Yogyakarta : CV Budi Utama.
Purnomo, Andi. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Putra, Nusa. dan Santi Lisnawati, 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rahmawati, Septiana. 2021. Penerapan Literasi Digital Sebagai Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Pada Peserta Didik Kelas X di SMK N 1 Ponorogo. Skripsi PAI IAIN Ponorogo.
Robani, Alfarezi. 2019. Konsep Pendidikan Moral Dan Etika Dalam Perspektif Emha Ainun Nadjib, UIN Raden Intan Lampung.
Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional, Riau : PT Indragiri Dot Com.
Setiyanto, Eko. dan Smithdev Comunity. 2008. Tampil Beda Dengan Perangkat Digital. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sidiq, Umar. dan Miftachul Choiri, 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan Ponorogo: CV Nata Karya
Sudarsono, 2005. Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Sugiyono, 2016.Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D .Bandung : CV Alfabeta..
Suhairi, 2017. Manajemen : Pendekatan Teori Etika Dan Moralitas. Jurnal Rudhah. 5. 2
Sulianta, Feri. 2020. Literasi Digital, Riset, Pengembangannya Dan Perspektif Sosial Studies. Bandung: Feri Sulianta.
Tamin, Zulfikri dan Afrizal Nasir, 2015. Akhlak yang Mulia Bimbingan Akhlak Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW, Jakarta: Erlangga.
Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta. Rajawali Pers.
Tsaniyah, Naimatus dan Kannisa Ayu Juliana. 2019. Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks Di Era Disrupsi. Jurnal Dakwah dan Komunikasi.
Ulfah, Tiana. 2020. Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital di Sekolah Menengah Pertama Seminar Nasional Pendidikan. FKIP UNMA
Yeni Wahyuni, 2021. Problematika Moralitas Anak pada Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Immanuel Kant: Studi Kasus Di Kampung Cikaso Desa Sukamukti Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1.3
23SK2321192.00 | SK PAI 23.192 NUR i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain