SKRIPSI PAI
Strategi Guru Dalam Mewujudkan Mutu Pembelajaran PAI Pada Situasi Pandemi Covid-19 di SMP N 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan
Kata kunci : Strategi, Mutu pembelajaran, Pandemi
Pelaksanaan proses pendidikan tidak terlepas dan akan selalu terikat dari sebuah kegiatan pembelajaran, karena dalam proses menanamkan berbagai hal dan berbagai nilai yang harus senantiasa disampaikan menggunakan beberapa metode & strategi agar tujuan pendidikan tersebut tercapai. Pembelajaran merupakan usaha sadar yang dilakukan sehingga menciptakan atau terciptanya kegiatan belajar. Pembelajaran akan selalu dituntut untuk menyelaraskan serta menyesuaikan setiap komponennya dengan situasi dan kondisi.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran PAI di SMP N 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan pada situasi pandemi Covid-19 Bagaimana strategi yang digunakan dalam membentuk mutu pembelajaran PAI di SMP N 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran PAI di SMP N 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan pada situasi pandemi Covid-19 serta mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam membentuk mutu pembelajaran PAI di SMP N 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dimana peneliti berangkat ke lapangan secara langsung dengan mengunakan pendekatan kualitatif yang menekankan pada data deskripsi dalam bentuk kata-kata dan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi guru Dalam Mewujudkan Mutu Pembelajaran PAI di SMP N 1 Petungkriyono Kabupaten Pekalongan telah memenehui semua indikator yang dikemukakan oleh Pudji Mujiono yaitu Kesesuaian yaitu strategi atau gaya belajar dengan karakteristik peserta didik telah dilasanakan dengan baik yaitu mengajar dengan sabar dan telaten serta membedakan pembelajaran pada masing-masing kelas, Guru motivasi, nasihat dan apersepsi sebelum masuk pembelajaran Guru telah memenuhi beberapa hal seperti perencanaan dengan membuat RPP, Pelaksanaan dengan menggunakan daring, pengembangan materi dan metode, penilaian belajar. guru PAI menggunakan media sosial dalam menunjang pembelajaran serta penaliain hasil belajar menggunakan video. indikator yang terakhir adalah produktivitas.
DAFTAR PUSTAKA :
Amelia I. 2017. Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pasimaranu Kabupaten Kepulauan Selayar”, Skripsi Sarjana Pendidikan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makasar.
Budio S. “Strategi Manajemen Sekolah”, Jurnal Menata, vol.2 , 2019.
Basuki. 2019. Interactive Qualitative Data Analysis Between Miles-Huberman and Spradley in Basuki Dissertation, Ponorogo: E-Book
Djamarah S B. 2013. Strategi belajar Menagajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dzulfikri. M. “Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Dengan Strategi Pembelajaran Roconnecting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Menggunakan Hasil Pengukuran Kelas XI TITL Semester I di SMKN7 Surabaya”, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol .2 nomor 2. 2017.
Emzir, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Ghony, M. J., & Almansur, f. 2012 Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar Ruzz
Hengki Wijaya dan Umrati. 2020. Analisis Data Kualitatif”, Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray
Muhaimin, 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Prasada.
Mujib, Fathul. 2008. Diktat Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, STAIN Tulungagung.
Mustakim, Z. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Musyafa, M. 2019. Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Surat Al-Kahfi ayat 60-82 Menurut Quraish Shihab dalam tafssir Al-Misbah. Pekalongan : IAIN Pekalongan.
Nugraha, M. S, dkk, Pembelajran Pai Berbasis Media Digital(StudiDeskriptip terhadap Pembelajaran PAI di SMA Alfa Centauri Bandung), Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta‟lim Vol. 12 No.1 2014
Nurdin, I., & Hartati, S. 2019. metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Sahabat Cendikia.
Nurhayati & Abdul H. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung : Alfabeta.
Pudji Muljono.2006. Manajemen Pembelajaran Quantum Teaching, .Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto Agus, dkk, Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah dasar Journal of Education, Psychologu and Counseling Volume 2 Nomor 1 2020
Qonita L. 2020. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Pendidikan Tingkat SMP Di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan”, Skripsi Sarjana Pendidikan. Semarang:
Universitas Negeri Semarang.
Rahmat Hidayat. 2016.Ilmu Pendidikan Islam. Medan: LPPPI.
Ramayulis. 2002.lmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Muia
Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana.
Safrizal ZA, dkk, 2020. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah: Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis Dan Manajemen, Jakarta: Kementrian Dalam Negeri
Sanga L.P, Leony. ‘’Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasisiwa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimia Fisika I’’ (Universitas Kristen Indonesia, Jurnal JDP, Vol.12 No.1 April 2019.
Sobri Muwafiqus, Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Hasan Jufri, Jurnal Studi Keislaman vol. 3, Nomor 1, Juni 2017
Solikhatun. 2016. Metode Pendidikan Islam menurut An-Nahlawi. Pekalongan : Duta Media Utama
Sri Hartati dan Ismail Nurdin. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Sahabat Cendikia
Sukmadinata N.S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suryadi R.A & Uci Sanusi. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish
Yaumi muhammad. 2014. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana
23SK2321190.00 | SK PAI 23.190 DAR s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain