SKRIPSI PAI
Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan
Kata kunci: persepsi, orang tua dan pembelajaran daring
Adanya Covid-19, membuat Kemendikbud mengeluarkan surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Salah satu bahasan surat edaran tersebut adalah tentang kebijakan pembelajaran daring. Pembelajaran daring, berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka. Pembelajaran daring membutuhkan sarana dan prasarana penunjang, seperti smartphone, pc dan jaringan internet. Sarana dan prasarana penunjang tersebut tidak semuanya disediakan oleh pihak sekolah dan dibebankan kepada orang tua dan peserta didik sendiri. Selain itu, ada peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran daring. Pembebanan sarana dan prasarana penunjang dan kurangnya antusias peserta didik membuat persepsi tersendiri untuk orang tua peserta didik.
Dari uraian di atas, penelitian ini dilakukan, pertama untuk mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring peserta didik di SMP Negeri 3 Pekalongan. Kedua, mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran daring peserta-didik di SMP Negeri 3 Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer yaitu orang tua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan, sedangkan data sekundernya yaitu dokumen, arsip gambar dan yang lainnya yang mendukung atau penguat berkaitan dengan persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring peserta didik di SMP Negeri 3 Pekalongan dengan menggunakan trianggulasi data Miles dan Huberman untuk proses analisis data.
Hasil penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua peserta didik mempunyai persepsi yang negatif terhadap pembelajaran daring di SMP N 3 Pekalongan. Orang tua menganggap pembelajaran daring di SMP N 3 Pekalongan tidak efektif dari segi pemahaman terhadap materi dan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran daring. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran daring di SMP N 3 Pekalongan sarana dan prasarana yang mendukung di SMP N 3 Pekalongan, para guru yang sudah mampu menguasai IPTEK, fasilitas pembelajaran daring peserta didik dan kepedualian orang tua dalam pembelajaran daring. Sedangkan, faktor penghambat pembelajaran daring peserta-didik di SMP Negeri 3 Pekalongan adalah kesadaran peserta didik dan kesibukan orang tua untuk mengontrol pembelajaran daring serta keterbatasan fasilitas penunjang belajar daring peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA :
Apriliana, Nur Millati Aska Sekha. 2020. “Problematika pembelajaran daring pada siswa kelas IV MI Bustanul Mubtadin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga.
Ashari, M. Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr01353818/proses-pembelajaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-coronadinilai-belum-maksimal. Diakses tanggal 05 Februari 2021.
Ayudia, Revi dkk. 2020. “Persepsi Orangtua terhadap Pembelajaran Daring pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru”. Jurnal JRPP. 2 (3).
Bahry, Zainul. 1996. Kamus Umum: Khususnya Bidang Hukum dan Politik. Bandung: Angkasa.
Cahyati, Nika. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19”. Jurnal Golden Age. 4 (1).
Cintiasih, Tiara. 2020. “Implementasi Model Pembelajaran Daring Di Kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020”. Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga.
Maulana, Hutomo Atman dan Hamidi, Muhammad. 2020. “Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi”. Jurnal Pendidikan. 2 (8).
Ni'mah. 2017. “Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu Di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi sebagai Pedagang)”. Skripsi. Palangkaraya: IAIN Palangkaraya.
Rahmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Ridwan. 2020. 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta.
Suprayogo, Imam dan Tabroni. 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Skripsi Sarjana Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Valeza, Alsi Rizka. 2017. “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung”. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
23SK2321186.00 | SK PAI 23.186 LIL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain