SKRIPSI PAI
Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Membina Akhlak Siswa Terkait Peduli Lingkungan di SDN Kenconorejo 01 Tulis Batang
Kata Kunci : Program Sekolah Adiwitaya, Akhlak Terkait Peduli Lingkungan.
Skripsi ini membahas tentang implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam membina akhlak siswa terkait peduli lingkungan di SDN Kenconorejo 01 Tulis Batang. Penelitian ini dilatar belakangi semakin banyaknya kerusakan alam yang terjadi karena manusia sehingga diperlukan adanya pembentukan akhlak terkait peduli lingkungan sejak dini, terutama dalam suatu lembaga pendidikan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi program sekolah adiwiyata dalam membina akhlak siswa terkait peduli lingkungan di SDN Kenconorejo 01 Tulis Batang. (2) bagaimana respon siswa dan pandangan masyarakat terhadap Gerakan PBLHS di SDN Kenconorejo 01 Tulis Batang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subyek dan sumber datanya adalah siswa dan siswi SDN Kenconorejo 01 Tulis, guru SDN Kenconorejo 01 Tulis, masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar SDN Kenconorejo 01 Tulis. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis menurut miles and Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan Implementasi progam sekolah adiwiyata dalam membina akhlak siswa terkait peduli lingkungan di SDN Kenconorejo 01 Tulis secara garis besar ada beberapa jenis kegiatan, yaitu mengintegrasikan PRLH dalam pembelajaran, baik dalam pembelajaran PAI maupun pembelajaran lainnya, mengintergrasikan PRLH dalam kegiatan ektrakulikuker pramuka dan seni tari, mengintergrasikan PRLH dalam pembiasaan yaitu pembiasaan Lisa dan one day one bottle. Kemudian penerapan PRLH untuk masyarakat sekitar yaitu aksi bersih desa, kampanye, dan orang tua mengajar. Selain itu, membentuk Kader Adiwiyata yang berjumlah 30 anak yang diberi nama tim Sisduling Selasih dan setiap kegiatan Adiwiyata di sekolah selalu melibatkan tim Sisiduling Selasih. Terakhir, mengintegrasikan PRLH dalam kegiatan rutin dan budaya sekolah, yaitu kegiatan Jumat sehat dan Sabtu bersih, dan budaya kantin ramah lingkungan. Respon atau Tanggapan siswa SDN Kenconorejo 01 Tulis terkait kegiatan-kegiatan gerakan PBLHS tersebut sangatlah antusias. Sedangkan dalam pandangan masyarakat sekitar mengenai gerakan PBLHS masih asing, mereka belum familiar dengan istilah gerakan PBLHS tersebut. Masyarakat juga memberikan tanggapan yang positif mengenai gerakan PBLHS dan sangat mendukung adanya kegiatan tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari keaktifan dan keikutsertaan masyarakat dalam berbagai kegiatan yang diadakan sekolah.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdillah, Arbi. 2021. Hasil Wawancara Guru PAI SDN Kenconorejo 01 Tulis pada 30 November 2021
Afriantoni, 2019, “Prinsip-Prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda: Percikan Pemikiran Ulama Sufi Turki Bediuzzaman Said Nursi”, (Sleman: Deepublish).
Ahmad, Husain., 2019, “Ketahanan Dasar Lingkungan” (Makassar: CV. Sah Media).
Anggito, Albi dan Johan Setiawan., 2018 “ Metodologi Penelitian Kalitatif” (Sukabumi: CV Jejak).
Asih, Hesti Juni. 2021. Hasil Wawancara Siswi SDN Kenconorejo 01 Tulis pada 30 November 2021
Cahyaningsih, Nur’afni Fitria., 2020, “Implementasi Progam Sekolah Adiwiyata Dalam Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan Di MTs Negeri 2 Blitar”, Skripsi Sarjana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim).
Caryo’ah, 2021, Hasil Wawancara Mayarakat Desa Kenconorejo Tulis pada 3 Desember 2021
Darmadi, 2018, “Konservasi Sumber Daya Manusia Dalam Ekosistem Pendidikan Islam” (Gresik: CV. Jendela Sastra Indonesia Press).
Edi, Fandi Rosi Sarwo., 2016, “Teori Wawancara Psikodignostik” (Yogyakarta: LeutikaPrio).
Fatmawati, Indah. 2021. Hasil Wawancara Guru Kelas 6 SDN Kenconorejo 01 Tulis pada 30 November 2021
Hadi, Rahmat Septiyo., 2020. Mahasiswa IAIN Pekalongan, Observasi Penelitian.
Hardisman, 2017, “Tuntunan Akhlak Dalam Al-Qur’an Dan Sunnah (Membentu Pribadi Muslim Berkarakter Dan Penerapannya Pada Etika Kedokteran)” (Padang: Andalas University Press).
Hartono, Dudi., 2016, “Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan: Psikologi”, (Jakarta Selatan: Pusdik SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia)
Haryono, Cosmas Gatot., 2020, “Ragam Metode Penelitian Kualitatif komunikasi” (Sukabumi: Jejak Publisher).
Hasan, Muhammad dkk., 2021, “Teori-Teori Belajar”.(Makassar: Tahta Media Grup)
Hasnawati, 2020, “Akhlak Kepada Lingkungan”, Jurnal Pendais, Vol. 2, No. 2, Desember.
Huda, Atok Miftachul, Husamah, & Abdulkadir Rahardjanto., 2019, “Etika Lingkungan (Teori dan Praktik Pembelajarannya)” (Malang: UMM Press).
Indrianeu, Tineu., 2020, “Model Sekolah Adiwiyata Dalam Meningkatkan Kepedulian Warga Sekolah Terhadap Lingkungan Di Smp Negeri 10 Tasikmalaya”, Geography Science Education Journal (GEOSEE), Vol. 1, No. 1.
Jaya, Laut Mertha., 2020, “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif” (Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia).
Mukhlish, 2019, “Buku Ajar Hukum Lingkungan” (Surabaya: Scopindo Media Pustaka).
Mulyono, Agus dkk., 2015, “Kasus-Kasus Aktual Kehidupan Keagamaan di Indonesia”, (Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Agama, Kementerian Agama RI)
Mustadi, Ali, dkk., 2020, “Landasan Pendidikan Sekolah Dasar” (Sleman: UNY Press).
Musyafri, Ilham. 2021. Hasil Wawancara Siswa SDN Kenconorejo 01 Tulis pada 30 November 2021
Nissan. 2021. Hasil Wawancara Mayarakat Desa Kenconorejo Tulis pada 3 Desember 2021
P, Indra & Ika Cahyaningrum., 2019, “Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian” (Sleman: Deepublish).
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nomor 52 tentang Gerakan Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Hidup Di Sekolah, tahun 2019
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nomor 53 tentang Penghargaan Adiwiyata, Tahun 2019.
Putriana, Angelia dkk., 2021, “Psikologi Komunikasi”, (Medan: Yayasan Kita Menulis)
Rahma, Yanti Dwi , Sjamsiar Sjamsuddin Indradi, & Riyanto., 2014, “Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi Pada Sdn Manukan Kulon Iii/540 Kota Surabaya)”, Jurnal Adsministrasi Publik, Vol. 2 No. 4.
Rezkita, Shanta & Kristi Wardani., 2018, “Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar”. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke SD-an, Vol. 4, No. 2.
Rukajat, Ajat., 2018, “Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach)” (Sleman: Deepublish).
Rukajat, Ajat., 2018, “Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach)” (Sleman: Deepublish)
Sabartiyah, 2019, “Pelestarian Ligkungan Hidup” (Semarang: Alprint).
Sugiono, 2010, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D” (Jakarta: Alfabeta).
Ulumiyah, Maratul., 2018, “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di SMPN 1 Kepanjen Kabupaten Pemalang”, Skripsi Sarjana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim)
23SK2321183.00 | SK PAI 23.183 RAH i | DIGITAL (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain