SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Literasi Membaca Kelas X di SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan
Kata Kunci: Upaya, Pendukung dan Penghambat Motivasi Literasi Membaca
SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang menerapkan program literasi. upaya guru dalam meningkatkan Motivasi literasi membaca di SMK Muhammadiyah Pekalongan berfokus pada literasi dan juga SDM yang mumpuni sehingga kegiatan literasi bisa berjalan dengan baik. Berbagai tokoh ahli literasi didatangkan dalam maupun luar negeri, seperti Korea, Jepang, Malaysia. Hal ini yang menjadi penyebab penelitian ini dilakukan.
Rumusan Penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi literasi membaca kelas X di SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi literasi membaca kelas X di SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan. Manfaat penelitian secara teoritis, berguna untuk menambah dan memperkaya khasanah keilmuan dalam dunia pendidikan. Manfaat penelitian secara praktis, berguna sebagai bahan pijakan dalam mengembangkan literasi di sekolah-sekolah, sebagai kajian meningkatkan budaya literasi peserta didik di sekolah, sebagai bahan evaluasi pelajar atau yang mengajar agar menjadi pribadi yang literat. kemudian harapan penelitian ini bisa diadopsi dan dijadikan bahan evaluasi untuk lembaga pendidikan lainnya
Penelitian ini menggunakan penelitian studi lapangan atau penelitian kualitatif. Dimana peneliti ikut serta terjun di lapangan guna melakukan verifikasi data yang sudah diperoleh. Sumber data primer penelitian ini berupa interview atau wawancara terhadap pihak yang terkait dalam bahasan penelitian dan sumber data penelitian sekunder berupa data pelengkap seperti buku, jurnal, tokoh masyarakat dan dokumentasi.
Hasil penelitian di SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan, upaya guru dalam meningkatkan motivasi literasi membaca kelas X di SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan yang awalnya guru melakukan studi banding ke sekolah lain, sudah berjalan dengan baik. SDM dan penunjang literasi sudah baik dan berkualitas. Bermula dengan dibentuknya sebuah koordinator tim guru, khusus untuk mendampingi siswa menjalankan kegiatan literasi kemudian sekolah menjadwalkan siswa untuk mengikuti kegiatan literasi setiap hari dalam sepekan melakukan literasi 2-3 kali pertemuan. Dengan estimasi waktu kurang lebih dengan waktu 15 menit sampai dengan 30 menit, dengan pelaksanaannya di kelas masing-masing. Kemudian mendatangkan orang dari luar seperti Korea, Jepang dan Malaysia sebagai semangat dan motivasi siswa dalam pelaksanaan literasi. Kemudian Literasi On The Street atau literasi keliling ke tempat tertentu. Selain itu terdapat faktor pendukung diadakannya kegiatan literasi membaca di SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan seperti SDM yang mendukung, adanya tim koordinator khusus literasi, Perpustakaan yang menunjang gerakan literasi sekolah, Penjadwalan yang rapi dan sistematis. Adapun faktor Penghambat seperti kurangnya strategi baru dalam mengatasi kebosanan siswa, kurangnya jumlah buku penunjang gerakan literasi, kurangnya siswa memahami makna literasi, kedisplinan siswa kurang, dan Jumlah tenaga guru pendamping literasi yang masih kurang memadai.
DAFTAR PUSTAKA :
Abidin, Yunus dan Tata Mulyati. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kempuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ali, Mohammad. 2001. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Alwi, Hasan. Et.2007. al, (ed), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. Ed.3 Cet. Ke-4.
Aprilia, Putri. Siswa. SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan, Wawancara Pribadi. Kamis.25 Agustus 2022.
Apriliansyah, Muh Al Fath. SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan. Wawancara Pribadi. Kamis, 25 Agustus 2022.
Arifian, M. Fata. Waka Kurikulum. SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan, Wawancara Pribadi. Kamis, 24 Agustus 2022.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah tingkat dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Dokumentasi SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan, Rabu 24 Agustus 2022.
Faradina, Nindya. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Volume 6 Nomor 8.
Hakim, Luqman. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan. Wawancara Pribadi, 18 Agustus 2022.
Hamidah, Siti Nur. 2018. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menguasai Perilaku Indisipliner Siswa di SMKN 4 Semarang. Skripsi: FITK UIN Walisongo Semarang.
Haqiqi, M. Pengelola literasi perpustakaan SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan. Wawancara Pribadi. Kamis.18 Agustus 2022.
Husba, Zakiyah Mustafa, dkk. 2018. Remaja, Literasi, dan Penguatan Pendidikan Karakter. Kendari : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara.
Harjatanaya, Tracey Yani, dkk. 2017. White Paper: Literasi Di Indonesia. Divisi Kajian Komisi Pendidikan PPI DI Indonesia.
Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (https://kbbi.web.id/guru. diakses pada 22 Juni 2022 pukul 20.54 WIB)
Kurniawan, M. Labib. Siswa. SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan, Wawancara Pribadi. Kamis.25 Agustus 2022.
Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Teras.
Mudyahardjo, Redja. 2011. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Observasi dan dokumentasi, SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan, Rabu, 8 Juni 2022
Padma Wi, Ni Nyoman. 2018. literasi di Sekolah dari Teori ke Praktek. Bandung : Nilachakra.
Permatasari, Ane. 2015. “Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi”. Jurnal Kependidikan.
Prabowo, Andi. 2014. Memahami Metode-metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purnomo, Bambang Hari. 2011. Metode dan Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research), Jurnal Pengembangan Pendidikan Volume 8 No.1, Juni 2011.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Utama dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Raharja, Umar Tirta dan Lavisva. 2002. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Rosaliza, Mita. 2015. Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif, Jurnal Ilmu Budaya Vol.11 N0.2 Februari.
Rusydiah, Evi fatimatur, dkk. 2018. Akselerasi Surabaya Sebagai Kota Literasi Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi Berbasis Pendekatan Asset Based Community Driven-Development (ABCD).
Surabaya-UIN Sunan Ampel Surabaya: Annual Conference on Community Engagement.
Rahmalina, Wahab. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sudaryono, Jujuk Margono, dan Wardani Rahayu. 2013. Pengembangan Penelitian Instrumen Pendidikan. Yogyakarta : GRAHA ILMU.
Sugangga, I Made Ngurah. 2017. Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas, Denpasar : jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, Vol.3, No.2. Agustus.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suwandi, Sarwiji. 2019. Pendidikan LiterasiBandung : Remaja Rosdakarya.
Suriasumantri, Jujun S. dan Andi Hakim Nasoetion. 2001. Filsafah Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Surabaya: Pustaka Sinar Harapan
Syamsudin, Abin. 2006. Diagnosis Kesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.
Tohari, Ahmad. 2019. Pengantar Metodologi Penelitian Sosial. Pontianak: Tanjungpura University Press.
Undang-undang Republika Indonesia Nomer 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Wahab, Rahmalina. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta:Rajawali Pers.
Wibowo, Tri. Guru dan pendamping Literasi SMK Muhammadiyah Bligo Pekalongan. Wawancara Pribadi. 22 Agustus 2022.
Winarno, Tri. 2018. Guru Generasi Milenial. Yogyakarta : Rua Aksara-Bening Pustaka.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter; Landasan Pilar, dan Implementasi, Jakarta: Prenada Media Group.
23SK2321180.00 | SK PAI 23.180 DIY u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain