SKRIPSI PAI
Strategi Belajar Mahasiswa Pekerja Part Time (Paruh Waktu) Dalam Meraih Prestasi di IAIN Pekalongan
Kata kunci: Strategi Belajar, Pekerja part time, Prestasi.
Melanjutkan studi di perguruan tinggi merupakan harapan besar bagi semua orang. Kenyataannya, tidak semua orang bisa merasakan bangku kuliah di Perguruan Tinggi. Hal ini didasari oleh alasan ekonomi atau tidak lulus ujian seleksi, bahkan bisa juga karena cara pandang masyarakat yang kurang mementingkan kuliah dan lebih memilih bekerja, meski keduanya dapat dijalankan secara bersamaan yaitu dengan belajar sambil bekerja. Berdasarkan fakta yang ditemui, tidak sedikit mahasiswa IAIN Pekalongan yang bestatus mahasiswa aktif namun juga melakukan pekerjaan sampingan. Namun belajar sambil bekerja bukanlah hal yang mudah dikerjakan. Mahasiswa harus mampu menyelesaikan dua kewajiban sekaligus agar tidak berbenturan antara satu dengan yang lain. Tentu setiap mahasiswa harus mempunyai strategi yang baik untuk menjalankan kewajiban sebagai peserta didik dan tanggungjawab sebagai pekerja, sehingga keduanya dapat berjalan beriringan.
Berdasarkan pada latar belakang tersebut peneliti mengajukan tiga rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana prestasi mahasiswa yang bekerja part time, 2) Bagaimana strategi belajar mahasiswa pekerja part time dalam meraih prestasi, 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan strategi belajar dan bekerja. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan prestasi mahasiswa yang bekerja part time, 2) Untuk mendeskripsikan strategi mahasiswa pekerja part time dalam meraih prestasi, 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan strategi belajar dan bekerja.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dari hasil pengumpulan data.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa prestasi mahasiswa pekerja part time (paruh waktu) di IAIN Pekalongan yang diraih sangat baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Strategi yang digunakan mahasiswa pekerja part time (paruh waktu) dalam meraih prestasi di IAIN Pekalongan diantaranya yaitu menyusun rencana, membagi waktu, memilih dan menerapkan gaya belajar dan menentukan skala prioritas. Dalam menerapkan strategi belajar mahasiswa pekerja part time (paruh waktu) dalam meraih prestasi terdapat factor pendukung dan penghambat terdiri dari factor internal dan eksternal. factor internalnya yaitu dari mahasiswa itu sendiri sedangkan factor eksternalnya ada pada keluarga, lingkungan pertemanan, sarana dan prasarana.
DAFTAR PUSTAKA :
Ario, T. S. (2019). Problematika Pada Mahasiswa Pekerja Paruh Waktu "Part Time". Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Azizah, N. L. (2018). Pengaruh kerja Part Time terhadap prestasi akademik dan Non Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Afama islam angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Bungin, M. B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Data Perguruan Tinggi, https://www.iainpekalongan.ac.id/profil/tentang-institut/sejarah, diakses 24 April 2022 pukul 13.20 WIB
Data Perguruan Tinggi, https://www.iainpekalongan.ac.id/profil/struktur-institut/pimpinan-institut, diakses Kamis, 23 Juni 2022 pukul 01.07 WIB
Dokumentasi Perguruan Tinggi, https://www.iainpekalongan.ac.id/profil/fasilitas, diakses Rabu 22 Juni 2022
Data Referensi PPDIKTI, https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/M0IyRDM1NkEtNDBGNC00Mzg2LUExNzgtQ0M5NDZCODUwRDZD#sortstatus, diakses Selasa 24 Mei 2022 pukul 06.40 WIB.
Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/M0IyRDM1NkEtNDBGNC00Mzg2LUExNzgtQ0M5NDZCODUwRDZD#, diakses 28 April 2022 pukul 12.12 WIB
Elma Mardelina, A. M. (t.thn.). Mahasiswa Pekerja Part Time Dan Dampaknya Pada Aktivitas Belajar Dan Prestasi Akademik. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Etta mamang Sangadji, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: AND.
Haidir, S. (2012). Strategi Pembelajaran (suatu penedekatan bagaiamana meningkatkan kegiatan belajar secara transformatife), . Medan: Perdana Publishing.
Hardani, H. A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.
Hastuti, E. P. (2008). Pengantar Hukum Ketenagakerjaan. Semarang: Semarang University Press.
Helaluddin. (2019). Analisis Data Kulaitatif Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Makassar: Sekolah tinggi Theology Jaffray.
Helluddin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologi Jafarry.
Iswanti, T. (2019). , Analisis Faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Kebidanan Rangkasbitung Tahun Angkatan 2017. Jurnal. Rangkasbitung: Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan)Volume 6, Nomor 1, Mei 2019.
Majda Rijavec, T. L. (2017). Working Part-Time during Studies: The Role Of Flow in Students' Well Being And Academic Achievement. Zagreb: Croatian Journal of Education, Vol.19; Sp.Ed.No.3/2017.
Meiji, N. H. (2019). Pemuda Pekerja Paruh Waktu: Dependensi dan Negosiasi (Mahasiswa Part Time di Kota Malang Jawa Timur, Indonesia. Jurnal Studi Pemuda, Volume 8 Nomor 1.
Moleong, L. J. (2001). metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Fathurrohman, S. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Meningkaykan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Nalim. (t.thn.). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Bekajar mahasiswa Yang Kuliah Sambil Bekerja. STAIN Pekalongan.
Pakpahan, S. P. (2011). Gaya Belajar dan Strategi Belajar Mahasiswa Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (hal. 49-65). Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh Volume 12, Nomor 1, Maret 2011,.
Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M UNY.
Rahmi Lubis, d. (2015, Desember). Coping Stress Pada Mahasiswa Yang Bekerja. Jurnal Diversita. Volume 1, Nomor 2, Desember.
Surihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. ISSN: 2441-9449 Vol. 3.No1, 73-82.
Walian, A. (2013). Konsepsi Islam Tentang Kerja: Rekonstruksi Terhadap Pemahaman Kerja Seorang Muslim. Jurnal AN NISA'A. VOL. 8, NO. 1, Juni.
Wardana, A. D. (2019). Belajar dan pembelajaran 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis. Parapare: CV. Kaaffah Learning Center.
Zahara, A. I. (2019). Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Kerja Part Time Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Semarang: UNNES 2019.
23SK2321179.00 | SK PAI 23.179 SHO s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain