SKRIPSI PAI
Konsep Pendidikan Islam Nusantara Pada Pondok Pesantren Al-Masyhad Manba'ul Falah Wali Sampang Pekalongan Timur Kota Pekalongan
Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Islam Nusantara, Santri
Pendidikan merupakan bidang faktual yang sangat penting dan harus ada di sepanjang perjalanan manusia. Pendidikan memiliki arti yang sangat urgen didalam kehidupan dan diakui sebagai sesuatu yang dapat menolong manusia untuk mencapai suatu peradaban yang maju. Selain itu pendidikan juga dipandang akan memberikan bekal kepada manusia sehingga kehidupan manusia akan tercerahkan dan lebih manusiawi di masa yang akan datang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adallah Bagaimana Pendidikan Islam terkait Konsep Islam Nusantara dan kegiatannya yang di lakukan Pondok Pesantren Al-Masyhad Manba’ul Falah Wali Sampang Pekalongan Timur Kota Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) kualitatif dengan mengambil latar Santri Pondok Pesantren Al-Masyhad Manba’ul Falah Wali Sampang Peklongan Timur Kota Pekalongan. Hasil penelitian untuk mewujudkan Langkah-langkah dalam membumikan Islam Nusantara di pesantren ini dilakukan dengan mengkampanyekan pentingnya pemahaman Islam Nusantara, strategi pengorganisasian dan kurikulum.
DAFTAR PUSTAKA :
Akbar, Ali, dan Ismail, Hidayatullah, 2018 “Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang” Riau: al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, vol. 17, no. 1.
Aryudi AR, 2019. ”Moderat, Ciri Khas Islam Nusantara”, https://www.nu.or.id/post/read/110678/moderat--ciri-khas-islam-nusantara-.
Basyar, Abdul ‘’Strategi Pengorganisasian dan Model Penerapan Pendidikan Karakter di MA Matla’ul Falah Tanara Kabupaten Serang” Banten: Tesis UIN Sultan Maulana Hasanudin.
Bilfagih, Taufik. 2016 ‘’Islam Nusantara; Strategi Kebudayaan NU di tengah Tantangan Global’’ JURNAL AQLAM -- Journal of Islam and Plurality Volume 2, Nomor 1.
Burhanuddin, Tamyiz. 2001 Akhlak Pesantren :Solusi Bagi Kerusakan Akhlak, Yogyakarta: ITTIQA Press.
Damarjati, Danu. 2018. “MUI Sumatra Barat Tolak Islam Nusantara” https://news.detik.com/berita/d-4133086/mui-sumatera-barat-tolak-islam-nusantara.
Dhofir, Zamahsyari. 1982. Tradisi Pesantren, LP3ES, Jakarta.
Dian Permatasari, 2018. “Upaya Guru Meningkatkan Akhlak Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran Dikelompok A TK Masyitoh 20 Kandang Panjang Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017”, Skripsi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Dokumentasi Pondok Pesantren Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang Pekalongan, dikutip tanggal 11 Oktober 2021
Dokumentasi Struktur Organisasi Kepengurusan Santri Putra dan Putri Pondok Pesantren Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang, Sampangan Pekalongan Periode 2020/2021, dikutip tanggal 13 Oktober 2021
El Umam, Rozi. ‘’Konsep Islam Nusantara Kajian Ayat-Ayat Multikultural dalam Tafsir al-Azhar Karya Hamka dan Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab Surabaya: Tesis..
Fahmi, Muhammad. 2017. ‘’Diskursus Islam Nusantara dalam Representasi Media Massa’’ (Surabaya: Jurnal Komunikasi Islam Volume 07 Nomor 01.
Farah Nuril Badriyah, Hasan Baharun, 2020. ‘’Pendidikan Multikultural Dalam Binkai Islam Nusantara Perspektif KH Aqil Siroj’’ Probolinggo: Tafaqquh: Jurnal Penelitian dan kajian keislaman Volume 8, Nomor 1.
Fathurohman, Imam. ‘’Islam Nusantasa dalam Pemikiran KH. Said Aqil Siraj dan Usaha-usaha Sosialisasinya tahun 2010-2018 M’’ Yogyakarta: Skripsi.
File Dokumentasi Kurikulum Agenda Kegiatan Pondok Pesantren Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang, Sampangan Pekalongan, dikutip tanggal 5 Oktober 2021
Hafil, Muhammad. 2020. “Budaya Kita Lebih Mulia dari Arab” https://www.republika.co.id/berita/q4o19t430/kh-said-aqil-siroj-budaya-kita-lebih-mulia-dari-adab.
Hasil Observasi pada tanggal 2 Oktober 2021 di Pondok Pesantren Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang Pekalongan.
Hasim, Fuad, dan Nur Falach, Yasin 2020 “Pendidikan Spiritual Dalam Tradisi Istighosah Santri Pondok Pesantren AL Mahrusiyah III Ngampel Kota Kediri” Kediri:el Bidayah: Journal of Islamic Elementary
Education Volume 2, Nomor 2.
Jamal, Misbahuddin. 2011. “Konsep al-Islam dalam al-Qur’an “ Manado: Jurnal Al- Ulum Volume. 11, Nomor 2.
Jamila, 2016. ‘’Pendidikan Berbasis Islam yang Memandirikan dan Mendewasakan’’ Sumatera Utara: Jurnal EduTech Vol. 2 No. 2.
Junanah, Mohamad Joko Susilo, Imam Mukhyidin, 2020. “Analisis Konsep Pendidikan Islam Humanisme Religius Menurut Abdurrahman Mas’ud’’Millah: Jurnal Studi Agama Vol. 20, No. 1.
Karimullah, Edy Susanto. 2016. ‘’Islam Nusantara: Islam Khas dan Akomodasi terhadap Budaya Lokal’’ (Pamekasan: Al-Ulum Volume 16 Number 1.
Khoirul Nama, Faris. 2019 https://darulfaqih.com/kajian/2019/02/16/mengawal-islam-nusantara/.
Mahfudin, Rudi dkk. 2017. “Konsep pendidikan Islam KH Abdullah bin Nuh dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Modern” Jakarta: Jurnal Studi Al-Qur’an Vol. 13, No. 2 , Tahun. 2017.
Maimoen, Muhammad Najih. 2018 ”Problematika Islam Nusantara”, https://ribatdeha.wordpress.com/2018/10/01/seminar-kh-m-najih-maimoen-dengan-tema-problematika-islam-nusantara-di-pp-nurul-qodim-paiton-probolinggo-senin-1-oktober-2018/.
Maula, Nikmatul “Dzikir Istighasah sebagai Metode Dakwah pada Jamaah Pengajian di Pondok Pesantren Alfadllu Wal-Fadlilah Kaliwungu Kendal” Semarang: Skripsi UIN Semarang.
Moqsith, Abd. 2016 ‘’Tafsir atas Islam Nusantara (Dari Islamisasi Nusantara Hingga Metodologi Islam Nusantara)’’ Jakarta: Jurnal Multikultural & Multireligius Volume 15 Nomor 02.
Muhakamurrohman, Ahmad. 2014. Pesantren: Santri, Kiai, Dan Tradisi. (Mesir: Al-Azhar Kairo, Vol. XII, No. 2.
Mujamil, Qomar. 2002. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Erlangga, Jakarta.
Musohihul Hasan, 2015 “Nilai nilai Pendidikan Islam dalam Maulid Nabi ‐ Muhammad SAW” Al-Insyirah, Vol. 1.
Mustofa, 2018. “kitab kuning sebagai literatur keislaman dalam konteks perpustakaan pesantren’’ Surakarta: Jurnal Tibanndaru Volume 2 Nomor 2.
Nawawi, Hadari. 1990. Pendidikan Dalam Islam, Surabaya: Al-Ikhlas.
Permatasari, Dian. 2018. “Upaya Guru Meningkatkan Akhlak Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran Dikelompok A TK Masyitoh 20 Kandang Panjang Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017”, Skripsi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Pondok Pesantren Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang Pekalongan, dikutip tanggal 10 Oktober2021
Priatmoko, Sigt. 2018. ‘‘Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0’’ Lamongan: TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol.1 No.2.
Putri, A. Z. (2018). Kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) dalam Pendidikan Agama Islam di Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Qomar, Mujamil. 2015. “ISLAM NUSANTARA: Sebuah Alternatif Model Pemikiran, Pemahaman, dan Pengamalan Islam” Tulungagung: el Harakah Vol.17 No.2.
Rahman, A. (2012). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi dan Isi-Materi. Jurnal Eksis.
Ramdhan, Tri Wahyudi. 2018. ‘’ Islam Nusantara: Pribumisasi Islam ala NU’’ Al-Insyiroh Volume 2, Nomor 2.
Rosmiaty, Azis. 2016. Ilmu Pendidik Islam, Yogyakarta: Sibuku.
Sajiah, K. (2020). Kontribusi Fatayat NU dalam Pembinaan Pendidikan Karakter Nilai-nilai Islam terhadap Perempuan di Desa Kaliboto Lor-Lumajang (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember).
Sholeh. 2016. ‘‘Konsep Pendidikan Islam yang Ideal: Upaya Pembentukan Keperibadian Muslim’’ Pekanbaru: Jurnal Al-hikmah Vol. 13, No. 1.
Silmi Nurul Utami “Kurikilum: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Komponennya”https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/skola/read/2021/07/02/101008069/kurikulum-pengertian-fungsi-tujuan-dan-komponennya(Di akses Jumat 2 Juli 2021).
Sinaga, Syahrul Syah. 2006 “fungsi dan cirri khas kesenian rebana di pantura jawa tengah” Harmonia jurnal pengetahuan dan pemikiran seni: vol. Vii no. 3.
Sukaryat, Tata. 2017 “Nadzom sebagai Media Pendidikan dan Dakwah” Bandung: Cendekia Vol. 15 No. 2.
Suyuti, Imam. ‘’Pelestarian Tradisi Keilmuan Pesantren oleh Nahdlatul Ulama melalui Model Islam Nusantara’’ Pekalongan: Tesis.
Syafe’i, Imam. 2017. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter” Lampung: Jurnal Pendidikan Islam, No. 8, VIII.
Syah Sinaga, Sahrul. 2006 “Fungsi dan Ciri Khas Kesenian Rebana di Pantura Jawa Tengah’’ harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni: Vol. VII No. 3.
Syamsi, Moh. 2018. ‘Konsep Pendidikan Agama Islam, Studi Atas Pemikiran Ibnu Qayyim Al-Jawziyyah’’ (gresik: Attaqwa volume 14, no. 2.
Syawaludin, 2010. Peranan Pengasuh Pondok Pesantren dalam Mengembangkan Budaya Damai di Provinsi Gorontalo, Kementrian Agama RI Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan, Jakarta.
Thoriqussu’ud, Muhammad 2012 “Model-model pengembangan kajian kitab kuning di pondok pesantren” Surabaya:Jurnal Ilmu Tarbiyah "At-Tajdid", Vol. 1, No. 2.
Wiguna, Rian. 2020. https://www.berpendidikan.com/2020/12/pengertian-konsep.html.
Yanti Khozanatu Lahpan, Neneng 2021 “Nadoman sebagai Ruang Negosiasi dalam Pertemuan Islam dan Budaya Sunda’’ Lopian: Jurnal Pengetahuan Lokal, Vol. 1 No. 1.
Yunus, Moch 2019 “Peringatan Maulid Nabi (Tinjauan Sejarah dan Tradisinya di Indonesia)” Probolinggo: Humanistika, Volume 5, Nomor 2.
Zain, Hasse dan Irwan. 2008. Agama, Pendidikan Islam dan Tanggung Jawab Sosial Pesantren, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
23SK2321174.00 | SK PAI 23.174 AKH k | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain