SKRIPSI PAI
Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Learning di SMP Negeri 1 Bojong
Kata Kunci : Manajemen pembelajaran, PAI, blended learning.
SMP Negeri 1 Bojong telah mengaplikasikan pembelajaran berbasis blended learning pada mata pelajaran PAI yang dilakukan dengan dua model yaitu model offline dan online. Model offline dilaksanakan secara tatap muka di ruang kelas, sedangkan model online dilaksanakan melalui whatsapp, google classroom, quizizz dan google form.
Rumusan masalah berdasarkan latar tersebut yaitu (1) Bagaimana manajemen pembelajaran PAI berbasis blended learning di SMP Negeri 1 Bojong? dan (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran PAI berbasis blended learning di SMP Negeri 1 Bojong?
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah manajemen pembelajaran PAI berbasis blended learning di SMP Negeri 1 Bojong telah dilaksanakan dengan baik melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pembelajaran PAI berbasis blended learning di SMP Negeri 1 Bojong memiliki faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana yang memadai serta minat dan motivasi yang tinggi dari siswa. Adapun faktor penghambatnya yaitu jaringan sinyal yang tidak lancar serta keterbatasan ekonomi orang tua siswa dalam memberikan fasilitas handphone dan kuota internet.
DAFTAR PUSTAKA :
A., Fitrah M., Giatman, M., dan Ernawati. 2021. Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Blended Learning. Dalam Jurnal Riset Tindakan Indonesia, Vol. 6 No. 1, 2021. Padang.
Aminuddin dkk.. 2014. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum. Bogor: Ghalia Indonesia.
Amka. 2019. Filsafat Pendidikan. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Anggraeni, Dewi, dkk.. 2020. Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. Dalam Jurnal Tarbawy, Vol. 7 No. 1, Mei 2020. Bandung.
Astuti, Siti Utami Budi. 2017. Implementasi Kurikulum Sekolah Alam Berbasis Pendidikan Islam Terpadu di Kelas V SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Dalam Jurnal PGSD, Vol. 6 No. 12, 2017. Yogyakarta.
Bafadal, Ibrahim. 2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Basar, Afip Miftahul. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri-Cikarang Barat-Bekasi). Dalam Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 2 No 1, Januari 2021. Bekasi.
Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center.
Dwiputro, Retna Maskur, dkk.. 2021. Model Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam Jurnal Rayah Al-Islam, Vol. 5 No. 2, Oktober 2021. Bogor.
Dwiyogo, Wasis D. 2018. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif; Analisis Data. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Erwinsyah, Alfian. 2017. Manajemen Pembelajaran dalam Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Guru. Dalam Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 5 No. 1, 2017. Gorontalo.
Fahlefi, Wilis. 2021. Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus di Akademi Manajemen
Administrasi Yogyakarta. Dalam Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), Vol. 12 No. 3, November 2021. Semarang.
Firmansyah, M. Iman. 2019. Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi. Dalam Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 17 No. 1, 2019. Bandung.
Firmansyah, Rizki. 2019. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas X SMAN 8 Bandar Lampung”. Lampung: Skripsi Sarjana Pendidikan UIN Raden Intan Lampung.
Halimatussa’diyah. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Hasan, Muhammad Tholchah. 2016. Pendidikan Multikultural Sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme. Malang: UNISMA.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Istiningsih, Siti dan Hasbullah. 2015. Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Dalam Jurnal Elemen, Vol. 1 No. 1, Januari 2015. Lombok Timur.
Izzati, S.L. dan Anwar, E. 2017. Manajemen Pembelajaran Berbasis Sekolah Alam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Dalam Jurnal Tadbir Muwahhid, Vol. 1 No. 1, 2017. Bogor.
Khotimah, Indah Husnul. 2021. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Learning di SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep”. Madura: Tesis Magister Pendidikan IAIN Madura.
Kurniawan, Didin dan Machali, Imam. 2013. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Listyani, Endang. 2012. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nasima Semarang. Dalam Educational Management, Vol. 1 No. 1, Juni 2012. Semarang.
Maghfiroh, Anis. 2020. “Manajemen Pembelajaran PAI Berbasis Blended Learning dalam Mengembangkan Multiple Intellegence Peserta Didik di MA Miftahut Thulab Cengkalsewu Sukolilo Pati”. Kudus: Tesis Magister Manajemen Pendidikan Islam IAIN Kudus.
Majid, Abdul. 2014. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, Dhea Abdul. 2019. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Berbasis Blended Learning. Dalam Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4 No 1, 2019. Cirebon.
Maulidiyah, Eka Cahya. 2018. Penanaman Nilai-nilai Agama dalam Pendidikan Anak di Era Digital. Dalam Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, Vol. 1 No. 2, Juli 2018. Tulungagung.
Mindaudah. 2013. Pengembangan Model Blended Learning pada Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Jombang. Dalam Jurnal SASTRANESIA, Vol. 4 No. 1, April 2013. Jombang.
Muchit, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Grup.
Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran: Menuju Efektifitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN Maliki Press.
Nasution, Nurlian, Syahril, Nizwardi, dan Jalinus. 2019. Buku Model Blended Learning. Pekanbaru: Unilak Press.
Nawawi dan Bahreisy. 2012. Terjemahan riyadhus shalihin. Tangerang: Pustaka Jiwa.
Pohan, Sutan Saribumi. 2016. Blended Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Era Digital. Dalam Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 2016. Semarang.
Prabowo, Muh. Elyas dan Muslimin. 2021. Manajemen Blended Learning Berbasis Whatsapp pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di SMAN 1 Manggelewa). Dalam Jurnal Islamic Manajement, Vol. 4 No. 2, Juli 2021. Bogor.
Ramayulis. 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rukajat, Ajat. 2018. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer; Mengembangkan Profesional Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Rusman dkk.. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Rajawali Press.
Saprin. 2012. Optimalisasi Fungsi Manajemen dalam Pembelajaran. Dalam Lentera Pendidikan, Vol. 15 No. 2, Desember 2012. Makassar.
Saputro, Yusron Rizqi. 2021. “Implementasi Model Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun”.
Ponorogo: Skripsi Sarjana Pendidikan IAIN Ponorogo.
Septiani, Rahma Dwi. 2020. Manajemen Pembelajaran Berbasis Alam. Purwokerto: Pustaka Senja.
Sudarman. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Perolehan Belajar Konsep Dan Prosedur Pada Mahasiswa Yang Memiliki Self-Regulated Learning Berbeda. Dalam Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 21 No. 1, 2014. Malang.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
-----------. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.
-----------. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
-----------. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulaiman. 2017. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Banda Aceh: Yayasan PeNA.
Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Dalam Jurnal Kependidikan, Vol. 11 No. 2, 2014. Purwokerto.
Syafaruddin dan Nasution, Irwan. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.
Wibowo, Agus. 2017. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyani, Novan Ardy. 2017. Perencanaan Program Kegiatan PAUD Responsif Gender. Dalam Jurnal Yin Yang, Vol. 12 No. 2, 2017. Purwokerto.
23SK2321173.00 | SK PAI 23.173 NIL m | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain