SKRIPSI PAI
Aktualisasi Strategi Ekspositori Berbasis Digital Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Research Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP N 01 Warungasem Kabupaten Batang)
kata kunci: Strategi Ekspositori, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Digital Learning, Pandemi.
Strategi pembelajaran Ekspositori adalah strategi pembelajaran yang sering dilaksanakan dalam pembelajaran tatap muka. namun, strategi pembelajaran Ekspositori juga dapat digunakan dalam pembelajaran non tatap muka (Daring) dengan melakukan aktualisasi terhadap strategi tersebut dengan disertai pemanfaatan terhadap teknologi dan Digital Learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktualisasi strategi Ekspositori berbasis Digital Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di masa pandemi COVID-19 yang dilakukan di SMP N 01 Warungasem Kabupaten Batang? dan apa saja kendala dan solusi dalam proses aktualisasi strategi pembelajaran Ekspositori berbasis Digital Learning pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di masa pandemi COVID-19 di SMP N 01 Warungasem Kabupaten Batang?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianlapangan (field research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru PAI. sedangkan data sekundernya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan yang ada di SMP N 01 Warungasem. Adapun teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian bahwa aktualisasi strategi Ekspositori yang dilaksanakan di SMP N 01 Warungasem adalah dengan cara mengelaborasikan tahap-tahap strategi Ekspositori seperti perencanaan, pendahuluan, penyajian, korelasi, pengecekan pemahaman dan pemberian latihan lebih lanjut dengan pemanfaatan teknologi dan Digital Learning. kemudian beberapa kendala internal dalam proses reaktualisasi antara lain adalah beban moral, kurangnya pemahaman teknologi, dan turunya semangat belajar para peserta didik. Dengan solusi yang dilakukan oleh pendidik adalah optimalisasi kemampuan pendidik, koordinasi mgmp, dan kegiatan sapa pagi. kemudian beberapa kendala eksternal antara lain adalah, adaptasi regulasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan waktu pembelajaran yang lebih singkat dengan solusi yang dilakukan adalah mengikuti kegiatan diklat dan optimslisasi pelayanan.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Mujib, Yusuf Mudzakir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, ( Jakarta: Kencana )
Abdul Mukhlis, Muhammad Sopari. 2021. Progresif Group dan Digital Based Learning: Sebuah Pembelajaran Alternatif Pada Masa Pandemi COVID-19. (Pasuruan: UNIWARA)
Aditia, Oriza. 2020. Penerapan Media Google Classroom di Era Pandemi COVID-19 Pada Pembelajaran PAI. (Cirebon: Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik)
Ahmad, Iqbal Faza. 2020. Alternative Assessment In Distance Learning In Emergencies Spread Of Coronavirus Disease (Covid-19) In Indonesia.(Jurnal Pedagogik”, (Yogyakarta: Jurnal Pedagogik)
Ariani, Tri. Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan HasilBelajar Fisika. (Palembang: Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika)
Efendi. 2018. Upaya Guru Dalam Penerapan Strategi pembelajaran di SMK Sore Tulungagung. (Tulungagung: Perpustakaan IAIN Tulungagung)
Eka Yanuarti, dkk.. 2021. Penerapan Strategi Pembelajaran Aplikasi Zoom Colaboration Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. (Surup: JOEAL: Jurnal of Edecation and Intruction)
Gestiana, dkk.. 2020. Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di sekolah Dasar. (Tanggerang: Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah)
Giyasi. 2020. Strategi Alternatif Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19. (Bengkulu: GHAITSA: Isalmic Education Journal)
Inayah, Iin. 2013. Penerapan Strategi Eksposition Dalam Pembelajaranal-Qur’an Hadits Hubungannya Dengan Motivasi Belajar Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (Mts) Arifin Billah Desa Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. (Yogyakarta: IAIN Syeikh Nurjati Cirebon)
Kharisma Danang, Denok Sunarsi. 2020. Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi COVID- 19.(Pemalang: Guru Kita)
Manab, Abdul. 2015.Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif .(Yogyakarta: Kalimedia)
Mulyono, Ismail Suardi. 2018. Startegi Pembelajaran di Abad Digital, (Yogyakarta: Adi Karya Mandiri)
Munif, Muhammad. 2016. Pengembangan Pendidikan Agama Islam Sebagai Budaya Sekolah. (Probolinggo: Pedagogik: Jurnal Pendidikan)
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran,(Pekalongan: IAIN Pekalongan Press)
Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
Noor, Wahyudin. 2014. Rekontruksi Pendidikan Agama Islam. (Jurnal QATHRUNA)
Pujiasih, Erni. 2019. Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19. (Bantul: IDEGURU: Jurnal Karya Ilmiah Guru)
Rahman,Abdul. 2012. Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam. (Samarinda: Jurnal EKSIS)
Ristiana Siti, Dedi Heryadi. 2020. Ekspository Learning Model”, (Tasikmalaya: International Journal of Education and Research)
Rouf, Abd. 2015. Potret Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, (Surabaya: Pendidikan Agama Islam)
Saepudin, Juju. 2019. Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Berbasis Pesantren: Studi Kasus Pada SMP Al- Muttaqin Kota Tasikmalaya. (Tasikmalaya: EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan)
Sapuardi.2019. Strategi Pembelajaran,(Medan: Harapan Cerdas)
Sugiyono. 2016. Metode Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta)
Sukiati. 2016.Metodologi Penelitian Sebuah Pengantar. (Medan: CV.Manhaji)
Talkah, Muslih. 2021. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi COVID-19. (Surabaya: MUDIR: Jurnal Manajemen Pendidikan)
Tang, Muhammad. 2018. Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Merespon Era Digital, (Makassar: FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam)
Taufiq Nur Aziz, Taufiq. 2019. Strategi Pembelajaran Era Digital. (Bogor: ACIEDSS)
Umaroh, Amelia 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Perbandingan Studi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah YPUI Teratak Kecamatan Rumblo Jaya Kabupaten Kampar. (Riau: UIN Suska Riau)
Umi Nur Azizah. 2017. Penerapan Strategi Ekspositori Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Hidayah Purwokerto Barat Kabupaten Banyumasa. (Purwakarta: IAIN Purwakarta)
Zhulian, Mutfi. 2021. Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunagrahita pada Masa Pandemi COVID-19 di SLBN 01 Jakarta, (Djakarta: UIN Syarif Hidayatullah)
23SK2321172.00 | SK PAI 23.172 MUH a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain