SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Jujur Dan Tanggungjawab Pada Anak Usia Sekolah Menengah Pertama di Desa Denasri Kulon Kecamatan Batang Kabupaten Batang
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Anak Usia Sekolah Menengah Pertama
Perilaku (adab) atau yang sering kita kenal dengan istilah karakter saat ini telah tergeser, nilai-nilai adab yang telah diajarkan oleh nenek moyang bangsa Indonesia turun temurun saat ini telah kehilangan maknanya dikalangan generasi muda. Kenyataan di lapangan cerminan adab dan etika anak usia sekolah menengah yang ada di desa Denasri Kulon Kecamatan Batang Kabupaten Batang merupakan salah satu contoh yang dapat dilihat perilaku kehidupan anak usia sekolah pertama di masa globalisasi saat ini. Kurangnya etika terlihat ketika anak berbicara dengan orang-orang yang lebih tua, mereka menganggap sama tidak ada kesopanan yang terdengar dari percakapan mereka. Pendidikan karakter anak usia sekolah menengah pertama banyak hambatan, terutama hambatan dari lingkungan anak sendiri, seperti faktor lingkungan, faktor teman sebaya dan faktor teknologi (gadget).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)bagaimana implementasi pendidikan karakter pada anak usia sekolah menengah di Desa Denasri Kulon Kecamatan Batang Kabupaten Batang?
2) apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dari pendidikan karakter pada anak usia sekolah menengah di Desa Denasri Kulon Kecamatan Batang Kabupaten Batang?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Proses analisis data, seperti pengumpulan data, reduksi data, penarikan data dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian bahwa faktor-faktor penghambat dalam pendidikan karakter anak usia sekolah menengah pertama meliputi : 1) faktor lingkungan, dimana masyarakat desa Denasri Kulon merupakan daerah pesisiran yang sebagian besar masyarakat bermata pencaharian sebagai buruh tani dan nelayan. Dan kehidupan keagamaan walaupun masyarakat Denasri Kulon mayoritas beragama Islam tetapi tidak termasuk Islam taat (Islam abangan); 2) faktor teman sebaya, umumnya anak usia sekolah menengah pertama mulai memiliki rasa solidaritas terhadap teman-temannya, dan diusia itu anak mulai mencari jati dirinya, pencarian tersebut biasanya juga mengadopsi dari teman sebaya yang akrab atau orang yang menjadi idolanya; 3) faktor lain (gadget), alat komunikasi ini sangat akrab dalam kehidupan anak usia sekolah menengah pertama, dengan alat ini anak bisa belajar, bermain. Gadget ini memiliki manfaat besar jika digunakan sebagai alat komunikasi dapat mengakses ilmu pengetahuan dan berita apapun yang ada di dunia, bahkan situs-situs yang tidak layak ditonton oleh anak usia sekolah menengah pertama akan dengan mudah tampil di layar gadget mereka. Pengunaan alat komunikasi ini harusnya digunakan dengan bijak agar bermanfaat.
Adapun faktor-faktor pendukung pendidikan karakter Disiplin Jujur Tanngggungjawab pada anak usia sekolah menengah pertama di desa Denasri Kulon Kecamatan Batang Kabupaten Batang diantaranya 1) faktor keluarga, dari keluargalah pendidikan karakter anak dimulai, dimana keluarga yang harmonis pasti akan menghasilkan anak-anak yang taat, yang patuh dan memiliki karakter lebih baik dari pada anak yang hidup dalam lingkungan keluar yang penuh dengan masalah; 2) faktor lingkungan, dengan lingkungan sekitar anak yang baik masyaratnya banyak memberikan contoh kepada anak dengan kebaikan-kebaikan seperti melaksanakan ibadah tepat waktu ke masjid, menuntut ilmu agama di masjid atau majelis qur’an dan waktu digunakan hanya untuk ibadah seperti bekerja, belajar, beribadah. Tetapi ketika anak berada pada lingkungan masyarakat yang kurang taat beribadah, waktu digunakan untuk berfoya-foya, judi burung dara dan perjudian lainnya, maka anak usia sekolah menengah pertama akan cepat sekali terpengaruh dengan kondisi lingkungan sekitar yang seperti itu; 3) faktor teman sebaya, teman sebaya merupakan teman bermain yang memiliki hubungan erat dengan anak. Hubungan tersebut melebihi hubungannya dengan kedua orang tuanya. Maka ketika teman sebaya yang akrab akan cepat memberikan pengaruh besar terhadap diri anak usia sekolah menengah pertama.
DAFTAR PUSTAKA :
Aeni, Ani Nur. 2014. Pendidikan Karakter untuk Anak Siswa SD dalam Perspektif Islam. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 1.
Ainiyah, Nur. 2013. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, Volume 13, Nomor 1.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Aviani. 2020. Peran Keluarga Dalam Pembinaan Ahklak Remaja Di desa CempokoKuning Kec. Batang Kab. Batang, Skripsi jurusan PAI, Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Departeman Agama RI, 1994. Al-Qur’an dan Terjemahan. Semarang: PT.Kumudasmoro Grafindo.
Fauzi Rachman, M. 2011. Islamic Parenting. Jakarta : Erlangga.
Laili, Shandi. 2019. Peran Masyarakat Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Di Rowowungu Desa WatuPayung Kesesi Kabupaten Pekalongan , Skripsi jurusan PAI, Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter). Jakarta : Bumi Aksara.
Lickona, Thomas. 2013. Character Matters (Persoalan Karakter). Jakarta : Bumi Aksara.
Musrifah, 2016. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Edukasi Islamika. Volume 1, Nomor 1.
Nu’man, Baihaqi. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter : Tanggung Jawab. Jakarta : Penerbit Lentara Abadi.
Nurbuko, Cholid. 2007. Metode Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.
Nurhayati, Tati. 2016. Pendidikan Anak Dalam Keluarga Muslim Kontemporer (Studi Kasus Pada Keluarga dengan ayah dan ibu bekerja di Perumahan Mega Nusa Endah Karyamulya Kota Cirebon). Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, Volume 3. Nomor. 1.
Rahmawati, Asri. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter : Jujur. Jakarta : Penerbit Lentera Abadi.
Rosmery, 2018. Penguatan Pendidikan Karakter : Disiplin. Jakarta : Penerbit Lentera Abadi.
Subkhan, Muhammad. 2020. Pembinaan Akhlak Pada Remaja Melalui Program Kegiatan Kampung Pesantren. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Rosda Karya.
Taubah, Mufatihatut. 2015. Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 03, Nomor 01.
Zuhriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Malang: Bumi Aksara.
23SK2321171.00 | SK PAI 23.171 ALI i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain