SKRIPSI PAI
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring Materi Al Quran Hadits Kelas VIII di SMP Negeri 02 Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Problematika Pembelajaran Daring, Materi Al Quran Hadits
Penerapan pada proses pembelajaran daring terdapat beberapa problematika yang sedang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam, khususnya pada materi Al Quran Hadits di SMP Negeri 02 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Banyak materi Al Quran Hadis yang diajarkan kepada peserta didik sulit untuk dipahami terutama materi yang bersifat hafalan, peserta didik merasa kesulitan dalam mendemonstrasikan (menerapkan) materi Al Quran Hadits dalam kehidupan sehari-hari, karena peserta didik merasa asing dengan materi yang baru saja mereka kenal, selain itu kurangnya sarana dan prasarana yang digunakan saat proses pembelajaran online, dan kurangnya pengetahuan mengenai teknologi mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran daring, hal ini dapat mempengaruhi nilai pembelajaran peserta didik.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana Proses pembelajaran daring materi Al Quran Hadits kelas VIII di SMP Negeri 02 Karanganyar Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana problematika pembelajaran daring materi Al Quran Hadits kelas VIII di SMP Negeri 02 Karanganyar Kabupaten Pekalongan? (3) Bagaimana strategi guru pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi problematika pembelajaran daring materi Al Quran Hadits kelas VIII di SMP Negeri 02 Karanganyar Kabupaten Pekalongan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah : metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode analisis data. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskripstif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat problematika pembelajaran daring pada materi Al Quran Hadits baik dialami guru maupun siswa. Problematika tersebut, ialah: (1) Kurangnya Sarana Dan Prasarana dalam Proses Pembelajaran Daring. (2) Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru PAI (3) Kurangnya guru dalam penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran daring. Strategi yang dalam mengatasi problematika pembelajaran daring yaitu : (1) Siswa yang tidak punya smartphone datang langsung ke sekolah dan ada subsidi kuota bagi yang punya smartphone. (2) Siswa datang langsung ke sekolah bertatap muka dengan guru, melakukan chatting pribadi, Home Visit. (3) Pengadaan pelatihan pemahaman teknologi media pembelajaran daring.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmad, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Akmaludin. 2016. Problematika Bahasa Indonesia Kekinian: Sebuah Analisis Kesalahan Barbahasa Indonesia Ragam Tulisan, Mataram: Mabasan Vol. 10, No.2).
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kalitatif, Sukabumi: CV Jejak.
Ardiano, Rizqi. 2021. Siswa Kelas 8 SMP N 02 Karanganyar, Wawancara Pribadi, Kabupaten Pekalongan.
Budiman, Tanto. 2021. Siswa Kelas 8 SMP N 02 Karanganyar, Wawancara Pribadi, Kabupaten Pekalongan.
Echols, John M. dan Hassa Shadily. 2000. Kamus Inggris-Indonesia (Jakarta: Gramedia.
Fadil, Zuhdi Fadil. 2021. Siswa Kelas 8 SMP N 02 Karanganyar, Wawancara Pribadi, Kabupaten Pekalongan.
Farhana, Karla. 2021. "Memahami Arti Daring dan Luring, Cari Tahu Bedanya di Sini”, https://www.fimela.com/lifestyle/read/4304691/memahami-arti-daring-dan-luring-cari-tahu-bedanya-di-sini.
Fitriana. 2021. Siswa Kelas 8 SMP N 02 Karanganyar, Wawancara Pribadi, Kabupaten Pekalongan.
Ghony, M. Djunaidi Ghony & FauzanAlmanshur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar- Ruzz.
Guru PAI di SMP N 02 Karanganyar, wawancara pribadi, Pekalongan 22 Agustus 2021.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.
Hidayat, Cucu dan Dicky Tri Juniar. 2020. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Cet Ke-1, Yogyakarta: Deepublish.
Ikromah, Najikhatul. 2021. Siswa Kelas 8 SMP N 02 Karanganyar, Wawancara Pribadi, Kabupaten Pekalongan.
Kafi, Muh. Bashar, Mahmudah dkk. Problematika Pembelajaran Shalat pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 3 Kota Waringin Barat, Jurnal Al-Qiyam.
Kusuma, Jaka Wijaya, Hamidah. Perbandingan Hasil belajar Matematika Dengan Penggunaan Platfrom Whatsapp Group dan Wabinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid 19, Vol. 5, No. 1, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika hlm 101.
Majid, Abdul. 2006. Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004), Bandung: Ramaja Rosdakarya.
Marno dan M. Idris. 2011. Strategi & Metode Pengajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Masitoh, Dewi, Laksmi. 2009. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Pendidikan Agama Islam Depag.
Muchith, Saechan. 2008. Pembelajaran Kontekstual, Semarang: Rasail Media Group.
Permatasari, Tri Wulin. 2021. Kepala Sekolah SMP N 02 Karanganyar, Wawancara Pribadi, Kabupaten Pekalongan.
Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Purwodadi: CV Sarnu Untung.
Prabowo, dkk. 2010. Perencanaan pembelajaran pada bidang studi, bidang studi tematik, muatan lokal, kecakapan hidup, bimbingan dan konseling, Malang: UIN Maliki Press.
Pusat Bahasa Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Qulkhak, Slamet Resa. 2021. Siswa Kelas 8 SMP N 02 Karanganyar, Wawancara Pribadi, Kabupaten Pekalongan.
https://tafsirweb.com/616-surat-al-baqarah-ayat-151.html
Rahman, Suci Febriantika. 2020. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Islam Nurussalam Al-khoir Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019-2020”, Skripsi, Surakata: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahmat, Pupu Saiful. 2009. Penelitian Kualitatif, Malang: Jurnal Equilibrium Unversitas Brawijya Malang, No. 9, Januari-Juni, V.
Reviana, Elsa. 2021. Siswa Kelas 8 SMP N 02 Karanganyar, Wawancara Pribadi.
Rozaetun, Alina. 2021. Orang tua siswa, Wawancara Pribadi.
Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Praktis dalam Penelitian, Yogyakarta: Andi Offset.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Predia Media Group.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sekha Apriliana, Nur Millati Aska. 2020. Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas IV MI Bustanul Mubtadin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang, Skripsi Sarjana Pendidikan, Semarang: Perpustakaan IAIN Salatiga.
Solekhatun. 2021. Guru Pendidikan Agama Islam SMP N 02 Karanganyar, Wawancara Pribadi, Kabupaten Pekalongan.
Sudarsana, Ketut, dkk. 2020. Covid-19 Perspektif Agama dan Kesehatan, Bali: Yayasan Kita Menulis.
Sudiran, dkk. 2020. Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D), Bandung: Alfabeta.
Susanto, Eko Purnomo, Rahmatullah. 2020. Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Google Classroom. Vol. 2, No. 2, Jurnal Piwulang.
Susiana. 2017. Problematika Pembelajaran PAI di SMKN 1 Turen, Jurnal At-Thariqah, Vol. 2, No. 1.
Syafitri, Dhea. 2021. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid 19 di MTSN Medan, Skripsi, Medan: Universitan Muhammadiyah Sumatra Utara.
Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wahyuningsih, Kompyan Sri. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Di SMA Dharma Praja Denpasar, Jurnal Pangkaja.
Wibowo, Putra Wisnu. 2021. Siswa Kelas 8 SMP N 02 Karanganyar, Wawancara Pribadi.
Widoyoko, Eko Putro. 2013. Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yachilu, Nur. 2021. Orang tua siswa, Wawancara Pribadi, Kabupaten Pekalongan.
Yamin, Martinis. Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran, Jakarta: GP Press.
Yolanda, Sisca. 2020. Problematika Guru Dalam Pelaksanaan Kelas Daring (Online) Selama Masa Pandemi COVID 19 Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22/IV Kota Jambi, Skripsi, Jambi: Universitas Islam Negri Sulthan Thaha Saifuddin jambi.
Yuthika Wardhani, Tsaniya Zahra dan Hetty Krisnani. 2020. Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid 19, Jurnal: Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.7 No.1.
23SK2321170.00 | SK PAI 23.170 SUP s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain