SKRIPSI PAI
Pendidikan Agama Islam di Masa Rasulullah SAW Dan Pendidikan Homeschooling di Masa Pandemi (Studi Perbandingan)
Kata Kunci : Pendidikan Rasulullah, Homeschooling, Pandemi.
Pendidikan merupakan hal yang pokok bagi manusia terutama anak-anak. Orang tua memiliki keterlibatan dalam memilih pendidikan bagi anak. Sekolah umum yang merupakan kebiasaan orang tua dalam memilih pendidikan menjadikan anak kurang bebas mengembangkan bakat dan minat anak, orang tua juga kurang puas terhadap hasil belajar anak di sekolah pada umumnya. Kemudian moral yang buruk serta kurikulum yang terus berganti seakan memaksa anak memahami materi pembelajaran menjadi keharusan. Hal tersebut membuat para orang tua mempertimbangkan kembali untuk menyekolahkan anak di sekolah umum. Dengan berkembangnya teknologi jenis pendidikan homeschooling mulai di kenal masyarakat dan dijadikan kiblat pendidikan yang lebih mementingkan bakat, minat, kenyamanan dalam belajar serta orang tua dapat dengan mudah mengajari anak-anaknya mengenai ilmu agama Islam terutama dalam kondisi pandemi covid-19 yang mana semua kegiatan banyak dilakukan di dalam rumah. Hal ini sebelas duabelas dengan pendidikan ala Rasulullah yang mana pendidikan dilakukan pertama kali di rumah Beliau sendiri.
Rumusan masalah dalam latar belakang tersebut ada tiga yaitu: 1) bagaimana pendidikan agama Islam di masa Rasulullah?, 2) bagaimana pendidikan homeschooling di masa pandemi?, dan 3) bagaimana persamaan dan perbedaan pendidikan agama Islam di masa Rasulullah dengan pendidikan homeschooling di masa pandemi?. Tujuan dari penelitian ini adalah mampu memberikan andil pemikiran trobosan pendidikan tentang pendidikan masa Rasulullah dan pendidikan homeschooling serta perbandingan pendidikan agama Islam masa Rasulullah dengan pendidikan homeschooling masa pandemi covid-19.
Jenis penelitian ini adalah studi literatur atau studi kepustakaan yang mana teknik mengkaji berbagai macam buku dan karya ilmiah lainya yang berkaitan dengan variable penelitian kemudian ditelaah secara kritis, analitik, dan mendalam.
Hasil penelitian ini adalah 1) Pendidikan masa Rasulullah Saw. dilakukan dengan lima pendekatan diantaranya pendekatan dibidang akidah, pedekatan dibidang ibadah, pendekatan dibidang akhlak, pendekatan dibidang muamalah, dan pendekatan melalui keteladanan Rasulullah. 2) Pendidikan homeschooling ini ada beberapa macam yaitu homeschooling tunggal, homeschooling majemuk, dan homescooling komunitas. Model pembelajaran di homeschooling juga ada banyak variasinya diantaranya school at home, unit studies, the living books, the classical, the mostessori, unschooling, dan the electric. Pendidikan homeschooling di masa pandemi ini menyesuaikan jenis homeschooling apa yang digunakan oleh masing-masing anak serta model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran, misalnya pada homeschooling tunggal model pembelajaranya mengguankan the living books. 3) Persamaan dan perbedaan antara pendidikan Islam di masa Rasulullah dengan pendidikan homeschooling di masa pandemi ialah memiliki persamaan tempat yaitu di rumah sebagai tempat pertama untuk pembelajaran, kemudian metode atau model pembelajaran yang digunakan seperti metode bertanya dengan model unschooling. Selain itu tujuan dalam pendidikan keduanya adalah sama-sama mengedepankan pendidikan bagi anak serta menjunjung nilai-nilai keIslaman. Sedangkan perbedaan kedua pendidikan tersebut ada pada sisi waktu, kemudian pendidiknya, alat, dan media yang digunakan dalam pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA :
Adiningsih, Wahyu. 2019. “Pendidikan Akhlak Melalui Pembiasaan Tujuh Sunnah Rasulullah di SD Islam Aulia Kota Bekasi”, Skripsi, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Agus, Ayu Rianti. 2021. “Metode Mendidik Menurut Rasulullah Saw. (Studi Atas Buku Cara Rasulullah Saw Mendidik Anak Karya Ayu Agus Rianti)”, Skripsi, Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Ali, Fierdha Abdullah. 2020. “Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajarn selama Pandemi Covid-19”, Jurnal: Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Vol. 2, No. 2.
Al-Qur’an dan Terjemahan untuk Wanita. 2010. Bandung: Jabal.
Amanda, Gita. 2022. “Deretan Perubahan Kebijakan Pendidikan Pendidikan Selama Covid-19”, Republika. Deretan Perubahan Kebijakan Pendidikan Selama Covid-19 | Republika Online
Ariefianto, Lutfi. 2017. “Homeschooling: Presepsi, Latar Belakang dan Problematikanya (Studi Kasus pada Peserta Didik di Homeschooling Kabupaten Jember)”, Jurnal: Edukasi, Vol. IV, No. 2.
Asrori, “Homeschooling dalam perspektif Pendidikan Islam dan Undang-undang Sisdiknas”, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 1.
B, Chaeruddin. 2013. “Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah”, Jurnal Diskursus Islam, Vol. 1, No. 3.
Badriyah, Laelatul. 2015. “Kurikulum Pendidikan Islam Masa Klasik”, Jurnal:Literasi, Vol. 4, No. 2.
Barni, Mahyuddin. 2011. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Ayat-ayat Al-Qur’an tentang Pendidikan), Yogyakarta: Pustaka Prisma Yogyakarta.
Choirin, Muhammad. 2021. “Pendekatan Dakwah Rasulullah Saw. di Era Makkah dan Relevansinya di Era Modern”, Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat, Vol. 4, No. 2.
Dedi, Mursidin, dan Suriadi. 2021. “Home Schooling di Masa Pandemi: Sebuah Tinjauan dalam Pendidikan Islam”, Jurnal: Madaniyah,Vol. 11, No. 2.
Devianty, Rina. 2017. “Bahasa sebagai Cermin Kebudayaan”, Jurnal Tarbiyah, Vol. 24, No. 2.
Djafar, Heriyanto. 2017. “Studi Komparasi Pendidikan dalam Keluarga Menurut Zakiah Daradjat dan Ki Hajar Dewantara”, Jurnal Ilmiah Al Jauhari, Vol. 2, No. 2.
Efendi, Zainal. 2014. “Profil Rasulullah Saw sebagai Pendidik Ideal dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia”, Jurnal Fitrah, vol. 8, No. 2.
Eko S, Muhammad. 2018. “Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Ceramah Interaktif”, Jurnal: vactor M, Vol. 1, No. 1.
Fajriyah, Arini Inayatul. 2021. Metode Mendidik Menurut Rasulullah Saw. (Studi Atas Buku Cara Rasulullah Saw Mendidik Anak Karya Ayu Agus Rianti)”, Skripsi, Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Fauziah, Pujiyanti, dkk. 2020. Pendidikan dan Pengasuhan Anak dalam Keluarga untuk Generasi Milenial pada Masa Pandemi Covid-19, Yogyakarta: Program pascasarjana UNY.
Fauziah, Pujiyanti, dkk. 2019. Homeschooling Kajian Teoritis dan Praktis, Yogyakarta: UNY Press.
Fauziah, Pujiyanti, dkk. Homeschooling Implementasi Model Sekolah Rumah, (Jakarta: Cv. Pena Persada).
Hafiddin, Hamim. 2015. “Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah”, Jurnal Tarbiyah, Vol. 1, No. 1.
Hanafi, Halid, La Adu, dan Zainuddin. 2018. Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: CV Budi Utama)
Herawati, Nita Sunarya. 2021. “Peran Orang Tua sebagai Homeschooling dalam Proses Pembelajaran Anak di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal: At Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB, Vol. 5, No. 2.
Hidayat, Dayat. 2016. “Diversifikasi Pelayanan Pendidikan Kesetaraan: Implementasi Homeschooling dalam Pendidikan Informal dan Nonformal”, Prosiding Seminar SeminarNasional, Vol. 1, No. 4.
Hidayat, Feriawan. 25 Juni 2020. “Pandemi Covid-19 Mempercepat Transformasi Sitem Pendidikan, Berita satu.
H. Sarto Al Syarif dan Fadlil Munawar Mansyur. 2017. “Metode Pendidikan Profetik dalam Al Qur’an: Kajian Ayat-ayat Kisah Nabi Ibrahim As.”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 1.
Husin, Gusti Irhamna. 2017. “Pemikiran Tentang Sistem dan Kelembagaan Pendididkan Islam di Masa Rasulullah pada Periode Makkah dan Periode Madinah”, Jurnal: Ilmiah Al Qalam, Vol. 11, No. 24.
Ismiani, Sri. 2021. “Implementasi Prinsip-prinsip Manajemen Pendidikan Islam dalam Homeschooling di Tengah Pandemi Covid-19”, Jurnal At Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang kerang NTB, Vol. 5, No. 1.
Islamy, Nur Alam. 2020. Welcomeback Homeschooling: Panduan Dasar Pendidikan Rumah Menuju Manusia Unggul dan Beradab di Era Revolusi Industri 4.0, (Bogor: PT. Penerbit IPB Press).
Istiani, Zulliza. 2008. “Penerapan Jenis Homeschooling dalam Pembentukan Mandiri Anak”. Skripsi. (Malang: Universitas Islam Negeri Malang).
Kompasiana Beyond Blogging. 4 Desember 2021. “Penerapan Homeschooling dengan Metode Montessori di Era Pandemi”.
Khafiddin, Hamim. 2015. “Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah”, Jurnal Tarbiya, Vol. 1, No. 1.
Mukhlis, Abdul. 2020. “Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah Fase Makkah dan Madinah”, Pancawahana: Jurnal Studi Islam, Vol. 15, No. 2.
Nasution, Mulyadi Hermanto Nasution. 2020. “Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam”, Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Keislam, Vol. 5, No. 1.
Nasution, Nurul Hidayah, dkk. 2021. “Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Pecegahan Covid-19 di Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan”, dalam Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, Vol. 6, No. 1.
Nata, Abuddin. 2018. Islam dan Ilmu Pengetahuan, (Jakarta: Prenadamedia Group).
Naufal, Ahmad. 2015. “Homeschooling Paradigma Baru Pendidikan Islam di Indonesia”, Jurnal: Tawazfun, Vol. 8, No. 1.
Nurhalim, Ahmad. 20 Agustus 2020. “Homeschooling untuk Pendidikan Masa Pandemi, Detik News.
Pito, Abdul Haris. 2019. “Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an”, Androgogi: Jurnal Diklat Teknis, Vol. 7, No. 1.
Rahmat, Abdul. Pengantar Pendidikan (Teori, Konsep, dan Aplikasi).
Ramli, M. 2015. ”Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al Hadits”, Jurnal: Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Vol. 13, No. 23.
Rantikasari. 2020. “Tren Baru Homeschooling Islam di Indonesia Era Pandemi”, Jurnal: Pendidikan Edumaspul, Vol.4, No. 1.
Rositawati, Tita. 2017. “Transmisi Ilmu dalam Tradisi Islam”, Jurnal Tadbir: Jurnal Manajemen, Vol. 5, No. 2.
Sahlan. 2013. Urgensi Pendidikan Islam dalam Membina Akhlak Mulia Peserta Didik Kelas VII MTs di Pondok Pesantren Ulil Albab Simpasai Lambu Kabupaten Bima, Skripsi, (Makasar: UIN Alauddin Makasar).
Salim, Agus. 2019. “Kurikulum dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam”, Jurnal Edu Tech, Vol. 5, No. 2.
Santoso, Joko. 2019. Pendidikan Agama Islam, Modul Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.
Sari, Rina S. 2016. Analisis Proses Berpikir Analogi dalam Menyelesaikan Soal-soal Materi Limas dan Prisma pada Siswa Kelas VIII MTs. Darul ‘Ulum Banda Aceh, Skripsi, ( Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).
Setiyadi, Bima. 7 September 2021. “Homeschooling Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”, iNews.id.
Sodik, Hairus. 2020. “Konsep Homeschooling dalam Perspektif Islam”, Jurnal: Kariman, Vol. 8, No. 1.
Sodiq,Umar. 2011. “Urgesi Pendidikan pada Anak Usia Dini”, Jurnal Insania, Vol. 16, No. 2.
Sofia, Hanni. 26 Juni 2021. “Evolusi Dunia Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19”, Antara Kantor Berita Indonesia.
Solihin, Imam. 2018. “Madrasah dan Pertumbuhan Keilmuan Dunia Islam: Sebuah Kajian Sosio Historis”, Jurnal Elemtary, Vol. 4.
Sosmed, Ilmu. 13 Agustus 2022. “Homeschooling Alternatif Pendidikan di Era Pandemi”, Kompasiana Beyound Blogging, Home Schooling Alternatif Pendidikan di Era Pandemi Halaman all - Kompasiana.com.
Sumanang, Nanang. 30 Agustus 2020. “Pendidikan Masa Pandemi, Pendidikan Kehidupan”, Antara Kantor Berita Indonesia. Pendidikan masa pandemi, pendidikan kehidupan - ANTARA News.
Sundari, Latifah. 2020. “Pelaksanaan Pendidikan Bagi Anak Usia Dini pada Keluarga Penyelenggara Homeschooling (Studi Komunitas Rumah Bintang Purwokerto)”. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi dan Pendidikan Indonesia”, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1.
Surawardi, 2012. “Telaah Sistem Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah Saw.”, Ta’lim Muta’alim, Vol. 3, No. 2.
Syahrani. 2019. “Manajemen Pendidikan dengan Literatur Al-Qur’an”, Darululum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, Vol. 10, No. 2.
Syatiri, Ana Shofiana. 2022. “Pendidikan Daring di Masa Covid-19”, Kompas.com. Pendidikan Daring di Masa Covid-19 (kompas.com).
Putri, Nurul Putri. 6 Oktober 2021. “Solusi Dunia Pendidikan saat Pandemi”, Republika Blogger.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. (Yogyakarta: Litera).
Untung, Moh. Slamet. 2018. Muhammad Sang Pendidik. (Yogyakarta: Litera).
Wahidin, Unang dan Ahmad Saefuddin. 2018. “Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1.
Wardati, Zahrul. 2019. “Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Albi Homeschooling”, Dayah: Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 2.
Yahya, Yuangga Kurnia. 2019. “Pengrauh Penyebaran Islam di Timur Tengah dan Afrika Utara: Studi Geobudaya dan Geopolitik”, Al-Tsaqafa: Jurnal Peradaban Islam, Vol. 16, No. 1.
Yakub, M. 2019. “Islam dan Solidaritas Sosial: Perkembangan Masyarakat Islam Periode Madinah”, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 7, No. 1.
Yasmin, Puti. 12 Februari 2021. “Tak Melulu Buruk, ini Sisi Positif Pandemi untuk Pendidikan RI”, Detik News.
Yudhoyono, Agus Harimurti. 2022. “Pendidikan Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19”, Media Indonesia. Pendidikan Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19 (mediaindonesia.com).
Yulanda, Novidya. 2017. “Pentingnya Self Regulated Learning bagi Peserta Didik dalam Penggunaan Gadget”, Research and Development Journal Of Education, Vol. 3, No. 2.
Yusra, Al Firman dan Zulmuqim. 2021. “Pendidikan Islam Masa Rasulullah dan EKsistensi Kuttab serta Masjid dalam Pengembangan Pendidikan Islam”, Jurnal Al Kawakib, Vol. 2, No. 2.
Zivara, Dinda. 20 Februari 2022. “Artikel tentang Pendidikan di Masa Pandemi Via Daring”, Bantul Media. Artikel Tentang Pendidikan Di Masa Pandemi, Via Daring - BantulMedia.com.
23SK2321169.00 | SK PAI 23.169 YAR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain