SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Al Husna Dalam Program Pembelajaran Membaca Al-Qur'an TKIT Bina Insan Mulia Pemalang
Kata Kunci: Implementasi metode al-Husna, Pembelajaran membaca Al-Qur’an
Mengajarkan membaca al-Qur’an pada anak usia dini bukan suatu hal yang mudah, selain memerlukan pengetahuan seorang pendidik juga harus mengetahui metode yang sesuai untuk dipakai dalam proses pembelajaran membaca al-Qur’an. Akan tetapi kenyataan berbeda dengan waktu dan guru yang kurang guru belum menguasai materi metode yang disampaikan dalam pembelajaran, pada metode yang berbeda digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di sekolah dengan pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ rumah masing-masing siswa. Kurangnya waktu dan tenaga guru dalam pembelaran al-Husna serta kurangnya penguasaan materi yang disampaikan.
Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan masalah Bagaimana implementasi metode al-Husna dalam program pembelajaran membaca al-Qur’an, dan Bagaiaman faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi metode al-Husna dalam program pembelajaran membaca al-Qur’an TKIT Bina Insan Mulia Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode Al husna dalam Program Pembelajaran Membaca Al Qur’an di TKIT Bina Insan Mulia Pemalang sebagai kemampuan dasar membaca al-Qur’an serta faktor-faktor apa yang menjadi penghambat dan pendukung implementasi metode al-husna dalam program pembelajaran membaca al-Qur’an TKIT Bina Insan Mulia.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis kualitatif model Milles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi metode al-Husna dalam program pembelajaran membaca al-Qur’an di TKIT Bina Insan Mulia Pemalang adalah adanya persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta bimbingan khusus untuk pendidik. Melalui langkah-langkah pembelajaran: story-scanning-saying, penggunaan tanda baca, kata kunci dan kode. Faktor-foktor Penghambat yang ada pada implementasi metode al-Husna dalam program pembelajaran membaca al-Qur’an adalah kurangnya waktu dan tenaga guru, tidak sinkronnya metode membaca al-Qur’an yang dipelajari anatara di sekolah dengan di TPQ, guru belum menguasai materi pembelajaran. Sedangkan faktor pendukung implementasi metode al-Husna dalam program pemebelajaran membaca al-Qur’an TKIT Bina Insan mulia adanya materi diberikan setiap hari, modul dan buku tersusun secara aplikatif dan komunikatif, terbantu dengan coding–story-saying.
DAFTAR PUSTAKA :
Al Jazari, Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Yusuf .2006. Manzhumah Al Muqaddimah Fi Ma Yajibu Ala Qari`Al Qur`an An Yalamahu, Cet. Ke-4, Jeddah : Dar Nur Al Maktabat
Al Suyuthi, Jalaluddin Abdurrahman, Al Itqan Fi Ulumil Qur`an,Jilid.I,Beirut : Mu`assasah Fu`ad Ba'inu Li Al Tajlid
-------Amarizki Purwa Kususma,2020. “Implementasi Metode Al-Husna Sebagai Alternatif Pengenalan Huruf Hijaiyah”, Al asma: Journal Of Islamic Education Vol.2, No. 2, November 2020
-------Arif Rahmawan, Muhammad, dkk. 2021. "Implementasi Metode Tahsin Al-Husna dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Al-Kahfi". Jurnal Studi Qur`an, Vol. 17, No. 1, 2021.
-------Dewi, Mutia 2022. “Implementasi Metode Al-Husna di SDIT Izzudin”. Palembang Al Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, No.2 Vol.6
http://www.alfirdaus.net/webalfi1/quranic-parenting-belajar-membaca-al-quran-dengan-metode-al-husna/ diakses tanggal 21 April 2021
http://www.alhusnaindonesia.com/cara-mudah-cepat-baca-quran-balita-dewasa-lansia/ diakses tanggal 21 April 2021
https://kbbi.web.id/baca.html diakses 23 April 2021
https://m.republika.co.id/, diakses tanggal 12 April 2021
https://www.Rumus.com diakses tanggal 17 April 2021
Inayah, Nur. 2021.“Sejarah penggunaan metode al-Husna dalam program pembelajaran Al-Qur’an”. Wawancara dengan Kepala Sekolah TKIT Bina Insan Mulia Pemalang langsung lewat saluran telepon pada Rabu, 19 Mei 2021.
Ita Muttqoh.2022. “Pelaksanaan Pembelajaran Metode Al-Husna”. Wawancara dengan guru kelas al-Husna TKIT Bina Insan Mulia Comal Pemalang wawancara langsung, pada tanggal 30 Juni 2022
Janati.2021. “Pelaksanaan Pembelajaran Metode al-Husna”. Wawancara dengan guru kelas al-Husna TKIT Bina Insan Mulia Comal Pemalang via Telepon, pada tanggal 20 Agustus 2021
Mustika, Rita.2017. ” Implementasi Metode UMMI di TPA AR-RAHMAN AR-ROHIM Dalam Pembelaran Membaca Al-Qur’an Dukuh Tanujngsari Kelurahan Tegalgede Kabupaten Karanganyar”, Surakarta : IAIN Surakarta
---------Mustaidah, 2021.”Penerapan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Al-Husna Di SD Negeri Candirejo”, Semarang: PROGRESS: Jurnal Pendidikan PAI Universitas Wahid Hasyim, Vol.9, No.1, Juni.
Observasi di TKIT Bina Insan Mulia Comal di Pemalang, 4 februari 2020.
Rahyubi,Heri. 2012.Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Bandung : Nusa Abadi
Rochanah. 2019. “Meningkatkan Minat Membaca Al Qur`an Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Qiroti", Vol. 7, No. I.
Rusman.2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung : Alfabeta
S. Margono.2000. Metode Penelitian Pendidikan , Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina.2013. Penelitian Pendidikan Jenis metode dan Prosedur,Cet- 1 Jakarta: Kencana
Sanjaya,Wina.2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Setyosari, Punaji.2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta: Kencana Pranada Media.
Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan, (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Cet. Ke-1 Bandung: Alfabeta
Tanzeh,Ahmad.2011. Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras
--------Taufik,Ahmad.2014.Pendidikan Agama Islam, Surakarta : Cakrawala Media
Tim Penyusun.2018. Pedoman Penulisan Skripsi IAIN Pekalongan, Pekalongan:STAIN PREES
Trianto.2010. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan dan Profesi Pendidkan Tenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana
Wahyudi,Tri.2015. Metode al-Husna, Surakarta: MUMTAZ Media
Wallpapercartoonmuslimah.blogspot.com/2013/11/metode-al-baghdadi.html?m=1 diakses tanggal 13 April 2021
Wawancara dengan kepala sekolah TKIT Bina Insan Mulia Comal di Pemalang, 9 Februari 2020.
www.bersamadakwah.net diakses tanggal 12 April 2021
-------Zulfitria. "Penerapan Metode Iqro` Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al Qur`an Di TK Hiama Kids" (Penelitian ini dibuat untuk dijadikan bahan evaluasi di TK Hiama Kids)
23SK2321168.00 | SK PAI 23.168 AIS i | DIGITAL (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain