SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membekali Moderasi Beragama di SMP Negeri 7 Batang
Kata Kunci : Upaya Guru, Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama
Keberagaman di Indonesia yang sangat banyak memberikan nilai positif dan negatif secara menyeluruh terutama kepada masyarakat yang ada di dalamnya. Nilai positif yang dimaksudkan dalam hal ini merupakan nilai yang baik dalam lingkup bermasayarakat seperti saling menghargai, menyayangi, dan lain sebagainya. Sedangkan nilai negatif pada hal ini adalah adanya bentuk keregaman yang tinggi tersebut mudahnya termasuki oleh pengaruh yang dapat memecah belah persatuan seperti tindakan intoleran, radikalisme, dan lain sebagainya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menggali bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan moderasi beragama di SMP Negeri 7 Batang dengan menggunakan beberapa pendekatan berupa upaya yang dilaksanakan dalam rangka membekali moderasi beragama dan faktor apa yang melatarbelakangi tentang mebekali moderasi beragama dalam sekolah tersebut.
Adapun rumusan masalah yang dipergunakan adalah bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membekali moderasi beragama di SMP Negeri 7 Batang dan Faktor apa yang mempengaruhi guru pendidikan agama Islam dalam membekali moderasi beragama di SMP Negeri 7 Batang.
Dalam melaksanakan penelitian ini mempergunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana hasil penelitian tersebut dideskripsikan secara menyeluruh. Sumber data yang diperoleh terbagi menajdi dua yaitu sumber data primer berupa lokasi dan guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 7 Batang dan sumber sekunder berupa buku, jurnal, serta bentuk foto dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan moderasi beragama di SMP Negeri 7 Batang adalah dengan memberikan yaitu kepada siswa-siswi dapat memahami moderasi beragama ini dengan memiliki rasa toleransi kepada yang lainnya. Salah satu contoh kegiatan yang berlangsung antara non muslim dengan muslim secara sosial memiliki rasa toleransi yang tinggi. Tidak sampai disitu saja namun ada penekanan pada setiap sikap yang ada pada setiap materi tentang moderasi beragama, serta faktor yang melatarbelakangi pentingnya membekali moderasi beragama di SMP Negeri 7 Batang adalah antara lain mengingat bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini memiliki banyak keragaman yang ada baik dalam segi budaya, agama, suku, ras dan lain sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA :
Agusta, Ivanovich. 2011. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Araniri, Nuruddin. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Sikap Keberagaman yang Toleran.” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 6, no. 1. Jakarta.
Barton, Greg. 2009. The Combatting Terorism, at west point Radical Islamic Ideology in Southeast Asian. Southeast Asian Project.
Chadidjah, Sitti, Agus Kusnayat, Uus Ruswandi, dan Bambang Syamsul Arifin. 2021. “Implementasi Nilai Moderasi Beragama dalam Pembeljaran PAI : Tinjauan Analisis Pada Penddikan Dasar Menengah dan Tinggi. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal 6, no. 1. Yogyakarta.
Daradjat, Zakiah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ekstrand, L.H. 1997. Multicultural Education. New York: Pergamon.
Faisal, Muhammad. 2020. Manejemen Pendidikan Moderasi. Yogyakarta : Literasi.
Huberman, Miles.1992. Analisis Data Kuualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Iffan, Ahmad, Muhammad Ridho Nur, dan Asrizal Saiin. 2020. “Konseptualisasi Moderasi Beragama Sebagai Langkah Preventif Terhadap Penangana Radikalisme di Indonesia.” PERADA 3, no. 2. Jakarta.
Islam, Khalil Nurul. 2020. Moderasi Beragama di tengah Pluralitas Bangsa : Tinjauan Revolusi Mental Perspektif Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Makassar. Makassar: UIN Alauddin Makassar. Makassar.
Kholis, Nur. 2015. “Paradigma Pendidikan Islam dalam Undang-Undang SISDIKNAS 2003,” no. 1. Jakarta.
Latif, Rayfi Mohammad. 2020. “Internalisasi Moderasi Beragama Di MTs. Negeri 2 Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 19, no. 1. Yogyakarta.
Murod, Abdul Choliq. 2020. “Nasionalisme dalam Perspektif Islam.” Jurnal Sejarah CITRA LEKHA, no. 2. Yogyakarta.
Nugraha, Dera. 2020. Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI di SMP Islam Cendekia Kabupaten Cianjur. Pare: Skripsi IAIN Pare. Pare.
Palar, Elsa, Sjamsi Pasandaran, dan Jan Rattu. 2021. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran PPKN di SMAN 1 Tompaso". Minahasa
Pratiwi, Putri Septi, Mia Putri Seytawati, Ahmad Fauzan Hidayatullah, Ismail Ismail, dan Tafsir Tafsir. 2021.“Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok).” Jurnal Dakwah dan Komunikasi 6, no. 1. Yogyakarta.
Rahardjo, Mudjia. 2020. Studi kasus dalam Penelitian Kualitatif, Konsep dan Prosedurnya. Semarang : ISA Grafika.
Rahman, H Abdul. 2001. Pendidiikan Agama Islam dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi dan Isi Materi. Yogyakarta : Diandra.
Ridho, Muhammad. 2020 “Konseptualisasi Moderasi Beragama Sebagai Langkah Preventif Terhadap Penanganan Radikalisme di Indonesia di SMA N 2 Riau,”.
Saihu, Made. 2019. “Pendidikan Moderasi Beragama : Kajian Islam Wasathiyah menurut Nurcholish Madjid. Yogyakarta : Sunrise
Slamet Untung, Moh. 2019. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosia’. Yogyakarta: Litera.
Syatar, Abdul. 2020. Darurat Moderasi Beragama di Tengah Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di SMA N 1 Makassar. Makassar: Skripsi PAI UIN Alauddin Makassar. Makassar.
Umar, Ahmad Rizky Mardhatillah. 2021. “Melacak Akar Radikalisme Islam di Indonesia.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 14. Jakarta.
Bambang Widjayanto. 2010. Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahab, Abdul Jamil. 2019. Islam Radikal dan Moderat Diskursus dan Kontestasi Varian Islam Indonesia. Jakarta: PT Eelex Komputindo.
Wibowo, Ari. 2021. “Kampanye Moderasi Beragama di Facebook: Bentuk dan Strategi Pesan.” Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan 5, Palembang.
Wibowo, Nugroho. 2016. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 1, no. 2.
Yogyakarta.
Yazid, Abu. 2014. Islam Moderat. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Zayadi, Achmad. 2020. Menuju Islam Moderat. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.
Zulkifli, 2018. “Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14, no. 1. Riau.
23SK2321166.00 | SK PAI 23.166 MUH u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain