SKRIPSI PAI
Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi Handwriting Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VII MTs Wahid Hasyim Warungasem
Kata Kunci: Media Video Animasi Handwriting, Peningkatan Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang kurang menyukai pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dikarenakan cara belajar yang menoton, dan hanya sering menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi tanpa menggunakan sarana yang sudah disediakan disekolah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu model pembelajaran yang kurang inovatif dan menarik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas eksperimen, 2) Apakah penggunaan media video animasi handwriting efektif dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Wahid Hasyim Warungasem?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar sejarah kebudayan Islam di kelas eksperimen dan menganalisis keefektifan hasil belajar penggunaan media video animasi handwriting dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam antara kelas kontrol dan eksperimen
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Eksperimen quasidengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Warungasem dengan jumlah 2 Kelas yaitu kelas VII A(eksperimen) dan kelas VII C(kontrol) yang masing-masing kelasnya berjumlah 29 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan tes pilihan ganda, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang inovatif serta bervariasi dan siswa lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata posttest eksperimen dan kontrol yaitu 66,55 dan 61,66 dari kedua data tersebut sudah diketahui besar rata-rata kelas eksperimen. Tetapi untuk memastikan adakah peningkat setelah melakukan treatment maka dilihat pada tabel paired samples test yang memiliki data Sig. ,003 dapat disimpulkan pada penelitian ini ada peningkatan hasil belajar siswa dan keefektifan pemggunakan media handwriting dengan nilai Sig. 0,03 karena kriteria untuk melihat adanya peningkatan yaitu jika nilai Sig. yang di peroleh melebihi 0,05 maka tidak ada peningkatan tetapi jika nilai Sig. dibawah 0,05 adanya peningkatan.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmad Faizal Ginanjar. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Videohandwriting Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Universitas Pendidikan Indonesia.
Aini, Sukma. 2021. Efektivitas Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Kelas V MI Darul Ulum Kauman Batang. Jurnal of Basic Education. UIN Walisongo Semarang.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik Cet 15, Jakarta Rineka Cipta.
Arsyad, Amad. 2010. Media Pembeajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dedi Wahyudi dan Nelly Agustin, 2018. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensial Spiritual” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 9 No 1.
Departemen Pendidikan Nasional dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2003. Jakarta: Balai Pustaka.
Dwigoyo, Wasis. 2013. Media Pembelajaran. Malang: Wineka Media.
E. Kosasih, 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: YRama Widya.
Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.
Husaini Usman dan Purnomo Setiadi Akbar. 2008. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Komariah, Aan dkk. 2005. Visionary Leader Ship Menuju Sekolah Efektif, Bandung: Bumi Aksara,
Marga Ramadhan, Ossi. 2020. Efektifitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui google classroom ditinjau dari hasil belajar siswa, ( Jurnal Inovasi pembelajaran.
Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Mufarokah. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: TERAS.
Muhammad Thobroni & Arif Mustofa, 2013. Belajar & Pembelajaran Pengembangan wacana dan praktik pembelajaran dalam pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyono, 2012. Strategi Pembelajaran (Menuju Efektifitas Pembelajaran diAbad Global). Malang:UIN-MalikiPress.
Murodi, 2009. Pendidikan Agama IsIam Sejarah Kebudayaan IsIam, (Semarang: PT Karya Toha Putra.
Murodi, 2009. Sejarah Kebudayaan Islam. Semarang: PT.KaryaToha Putra.
Muslich, Masnur. 2013. “Melakasanakan PTK Itu Mudah (clasroom action resech) Pedoman Praktis Bagi Guru Profesional”. Jakarta:Bumi Aksara.
Mustofa, Bisri. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Parana Ilmu.
Nasution. 2015. Teknologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.
Novikasari, Ifada. 2016. Artikel Uji prasyarat Analisis. Purwokerto.
Nuraida, Tetri. 2021. Manfaat Media Pembelajaran Online untuk Guru Sejarah Kebudayaan lslam(SKI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 06 Desa Sebapo kecamatan Mestong labupaten Muara Jambi. Skripsi: UIN Sulthan Saifuddin Jambi.
Nurhasah, Apun. Efektivitas Media Audio visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Penelitian Kuantitatif Eksperimen di Kelas VI MI An-Nur V Malangbong). Jurnal PGMI. Studi PGMI. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Putu Ade Andre Payadnya dan Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. 2018. panduan penelitian eksperimen berserta analisis statistik dengan SPSS . Yogyakarta: CV Budi Utama.
Rochmah, Nazilatur. 2020. “Efektivitas Penggunaan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri Kedungkebo
Kecamatan Karangdadap KabupatenPekalongan. Skripsi. IAIN PEKALONGAN.
Rofik. 2016. Nilai Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Kurukulum Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga, Vol XII No.01.
Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2003. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru algesindo.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Urifah, Siti. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Google Form Terhadap Peningkatan Respon Peserta Didik Dalam Mengerjakan Tugas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ski Di Mts Bahrul Ulum Blawi.
Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.
UU sidiknas Nomer 20 Tahun 2003 dalam Ali Mudlofir dan Evi Fatimatur Rusydiyah, 2017. Desaign Pembelajaran lnovati. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
W. james Popham, Eva L Baker, 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Yuliana, 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkol Video Scribe Kelas V MI Al-Hikmah Bandar Lampung, “Skripsi : fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Teori-Aplikasi, . Jakarta: PT Bumi Aksara,.
23SK2321165.00 | SK PAI 23.165 ALF e | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain