SKRIPSI PAI
Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Organisasi IPNU-IPPNU di SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: Pembinaan Karakter Religius, IPNU-IPPNU
Pada era globalisasi ini hanya bangsa-bangsa yang berkualitas tinggi yang mampu bersaing. Oleh karena itu, untuk mencapai bangsa yang berkualitas ialah dengan pendidikan khususnya dalam pendidikan agama yang di dalamnya mengajarkan moralitas, karakter religius, dan norma yang baik. Karakter religius merupakan hal yang utama dalam pembinaan peserta didik di sekolah. Apabila pembinaan di sekolah dilakukan dengan maksimal maka peserta didik dapat menerapkan karakter religius di manapun ia berada.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana karakter religius peserta didik di SMK Nusantara 1 Comal, bagaimana pembinaan karakter religius peserta didik di SMK Nusantara 1 Comal melalui ekstrakurikuler IPNU-IPPNU, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam membina karakter religius melalui ekstrakurikuler IPNU-IPPNU di SMK Nusantara 1 Comal. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan karakter religius peserta didik di SMK Nusantara 1 Comal, untuk mendeskripsikan pembinaan karakter religius melalui ekstrakurikuler IPNU-IPPNU di SMK Nusantara 1 Comal, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membina karakter religius melalui ekstrakurikuler IPNU-IPPNU di SMK Nusantara 1 Comal. Penelitian ini berguna untuk menambah wawasan ilmiah, khususnya dalam pembinaan karakter religius peserta didik melalui IPNU-IPPNU.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pertama karakter religius peserta didik di SMK Nusantara 1 Comal ialah meyakini rukun iman dan Islam, selalu melaksanakan salat dzuhur berjamaah, berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, selalu bersalawat kepada Nabi Muhammad, membaca dan menghafalkan asmaul husna, serta membaca Yasin dan Tahlil setiap hari Jumat. Kedua, pembinaan karakter religius melalui ekstrakurikuler IPNU-IPPNU di SMK Nusantara 1 Comal ialah dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode kisah, dan metode hadiah atau hukuman. Ketiga, faktor pendukung pembinaan karakter religius melalui ekstrakurikuler IPNU-IPPNU di SMK Nusantara 1 Comal adalah dukungan dari Yayasan Kesejahteraan dan Pendidikan Islam, dukungan dari dewan guru SMK Nusantara 1 Comal, dukungan dari wali murid, dan adanya fasilitas yang mendukung kegiatan pembinaan karakter religius melalui ekstrakurikuler IPNU-IPPNU di SMK Nusantara 1 Comal. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kurangnya kesadaran guru dalam membina IPNU-IPPNU sebagai ekstrakurikuler wajib di SMK Nusantara 1 Comal, kurangnya kesolidan antar pengurus, dan adanya kegiatan Praktik Kerja Industri untuk peserta didik kelas XI.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahsanulkhaq, Moh. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia: No.1 Vol. 2, 2019.
Akhmad Muamimin Azzet. 2011. Urgensi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Ali al-Baihaqiy , Abu Bakar Ahmad Ibn Husayn Ibn, Sunan al-Baihaqiy dalam Al-Maktabah al-Syamilah Juz 2.
Badan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, 2010.
Daryanto dan Suryatri Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Pertama.
Drs. Sadi dan Anthin Latifah, 2015. Buku Mata Pelajaran KE-NU-an Ahlussunnah Wal Jama’ah Kelas X MA.SMA/SMK, Semarang: PWNU Jawa Tengah.
Dwi Muya Saroh dan Zeni Mutafiati. 2020. Membentuk Karakter Religius. IndonesiaJournal of Islamic Education Studies: No. 1 Vol. 3.
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Rajagrafindo Perkasa.
Fajrul Falah, dkk. Modul Pimpinan Komisariat. Surabaya: PW IPNU-IPPNU Jawa Timur.
Heny Narendrany Hidayati. 2009. Pengukuran akhlakul Karimah Mahasiswa. Jakarta: UIN Press dan LPJM.
http://kbbi.web.id/karakter
Husein, Sadam. Upaya Pembinaan Karakter Religius dan Disiplin Melalui Kegiatan Keagamaan Siswa SMP N 2 Kalasan. Skripsi Strata I FTIK Yogyakarta: elibrary UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.
Khakim, Lukman. Hubungan Antara Keaktifan Mengikuti Kegiatan Ipnu/Ippnu Dengan Sikap Sosial Keagamaan Peserta didik Mts. Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Strata PAI. Semarang: eprints UIN Walisongo Semarang, 2015.
Khusnul Khotimah. 2016. Model Manajemen Pendidikan Karakter. Muslim Heritage Journal: No. 2 Vol 1.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Malik, Bin Annas. 2009. Al-Muwaththa. Beirut: Dar Al-Kotob, Al-ilmiyah.
Manan, Syaepul. 2017. Pembinaan Karakter Religius. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. I5 No. 1.
Marzuki dan Pratiwi Istifany Haq. Penanaman Nilai-nilai Karakter Religius dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter : No. Vol. VIII, 2018.
Muchlas Samawi, dan Hardiyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustofa, Muhammad Zaenal Khoirul. Peran Organisasi IPNU-IPPNU dalam meningkatkan Nilai Religius Pelajar di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung 2016. Skripsi Strata I.Tulungagung: e-library IAIN Tulungagung, 2016.
PDPRT. 2014. Materi Kongres XIII. Jakarta: PP IPNU-IPPNU
Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Richa Fadhlyla, Erlamsyah dan Dr. Daharnis. 2014. Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Sawahlunto, Jurnal Konselor: No. 3 Vol. 3.
Sadiah, Dewi. 2015. Metode Penelitian Dakwah:Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sahlan, Asmaun. 2011. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang : UIN Maliki Press
Sugeng Sholehuddin, dkk. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan 2019.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Untung, Moh Slamet. 2019. Metodologi Penelitian ; Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogya: Litera.
W Eka Wahyudi dan Mufarrizul Hazin. 2018. Pedoman Kaderisasi IPNU. Jakarta: PP IPNU.
23SK2321164.00 | SK PAI 23.164 RIZ p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain