SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) di TPQ Al-Amin Desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Pembelajaran, BTQ , al-Qur’an
Pembelajaran ialah sebuah proses yang memiliki tujuan untuk tercapainya sebuah pengetahuan dan pengalaman. Pembelajaran al-Qur’an dipilih karena mengingat begitu agungnya kedudukan kitab al-Qur’an bagi umat Islam. Dalam mempelajari al-Qur’an ilmu yang harus di pakai tidaklah hanya menggunakan satu kajian ilmu saja, akan tetapi kita harus mengetahui dan menguasai banyak ilmu agar kita tidak salah dalam membaca, memahami dan mengamalkan isi al-Qur’an. Pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Amin Desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan masih sangat banyak kekurangannya, akan tetapi dengan kreatifitas para ustadznya pembelajaran al-Qur’an di TPQ ini dapat terlaksana dengan baik.
Berdasaarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pembelajaran BTQ Di TPQ Al-Amin Desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan? Apa faktor yang mempengaruhi pembelajaran BTQ Di TPQ Al-Amin Desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran BTQ Di TPQ Al-Amin Desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang dipaparkan dengan teknik analisis deskriptif maka analisanya berlangsung selama dan pasca pengumpulan data, yang dipaparkan dalam bentuk narasi.
Hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran BTQ Di TPQ Al-Amin Desa Notogiwang sudah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat beberpa kekurangan khususnya dalam menerapkan pembelajaran ilmu tajwid, kemudian kondisi psikologis santri yang belum siap ketika pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana dan minimnya tenga pengajar itu juga menjadi kendala bagi TPQ Al-Amin dalam menjalankan proses pembelajaranya.
DAFTAR PUSTAKA :
Acep Iim Abdurohim. 2003, Pelajaran Ilmu Tajwid Lengkap,Bandung: Diponegoro.
Ahmad. Syariti. 1984, Pedoman Penyajian Al-Qur’an Bagi Anak-anak, Jakarta: Binbaga Islam.
Ardika Riski Rahmawan. 2015, Iqro’, Tajwid, dan Tahsin Panduan Belajar Membaca AlQur’an untuk Pemula, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Arief. Armai. 2000, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Arikunto. Suharsimi.2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Dakir. 2004, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Danin. Sudarwan. 2013, Menjadi Peneliti Kualitatif Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial, pendidikan dan Humaniora, Bandung: Pustaka Setia.
El-Mahfani. Khalillurrahman.2014 ,Belajar Cepat Ilmu Tajwid, Jakarta: Wahyu Qolbu.
Hasunah. Umi dan Jannah. Alik. Roichatul. 2017, Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfuz Seblak Jombang , Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1, No. 2.
Humam. As’ad. 2000, Buku Iqro’ Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an, Yogyakarta: Team Tadarus AMM.
Iskandar. 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta: Gaung Persada Press.
Ismail. Abdul Mujib dan Nawawi. Maria Ulfah. 2005, Pedoman Ilmu Tajwid, Surabaya: Karya Abditama.
Istiqomah. 2016, Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dalam Mengembangkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Pada Anak di Dukuh Kludan Desa Karanganom Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang, Pekalongan: Perpustakaan IAIN Pekalongan.
Latif. Abdul. 2014, Implementasi Pembelajaran Murotal di Taman Pendidikan Al-Qur’an Kelurahan pabean Pekalongan, Pekalongan: Perpustakaan IAIN Pekalongan.
Moloeng. J Lexy. 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhaisin. Salim. 2000, Biografi al-Qur’an al- Karim, Surabaya : CV. DWI MARGA
Muhammedi. 2020,Metode Pembelajaran Al-Baghdad Dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa Dan Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar
Mulyasa. E.2004,Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munandar Utami. 2011, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, sebagaimana dikutip oleh Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murjito. Imam, Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Baca Al-Qur’an Qira’ati Semarang: Koordinator Pendidikan Al-Qur’an.
Mustakim. Zaenal, Strategi dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). Pekalongan:IAIN Pekalongan Press.
Mustofa. Bisri. 2008, Metode Menulis Skripsi dan Tesis, Yogyakarta: Optimis.
Ramayulis. 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Roqib Moh. 2009, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: LKIS.
Rosyada. Dede. 2004, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah model Pelibatan Mayarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Srijatun. 2017, Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, Semarang: Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam UIN Walisongo, 1(2): 25.
Sudjana. Nana.1995, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung:Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta.
Sulistya. Meda . 2016, Metode Iqro’ Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Autis, Surabaya: Jurnal Pendidikan Khusus.
Sutrisno. Abu Zakariya. 2018, Panduan Lengkap Mengajar Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), Sukoharjo: Yayasan Hubbul Khoir.
Sya’roni Sam’ani. 2013, Tafkirah Ulum Al-Qur’an, Pekalongan: Al-Ghotasi Putra.
Syafi’i. A. Mas’ud , Pelajaran Tajwid, Semarang: M.G
Syah Muhibbin .2006, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Press.
Taufiqurrahman. 2005, Metode Jibril, Malang : Ikatan Alumniu PIQ.
Untung. Slamet Moh. 2019, Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial, Yogyakarta: Litera.
23SK2321163.00 | SK PAI 23.163 AMI i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain