SKRIPSI PAI
Peran Ikatan Remaja Masjid Baiturrohman Dalam Membina Manajemen Diri Remaja di Desa Sijeruk Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci Peran, Ikatan Remaja Masjid, Manajemen Diri.
Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Fase remaja merupakan fase yang penuh dengan badai dan tekanan. Masa penemuan jati diri. Remaja tidak akan mau disebut anak-anak. Mereka akan menolak atau mematahkan pendapat itu karena mereka menganggap diri mereka sudah dewasa. Perkembangan remaja akan tumbuh menjadi sosok yang baik ketika mereka berada di lingkungan yang tepat, namun ketika mereka berada di lingkungan yang buruk maka konsekuensi yang akan timbul yaitu akan menjadikan remaja ini menjadi remaja yang kurang baik. Pada masa remaja ini, tingkat emosinal mereka masih sangat tidak stabil. Sehingga pada masa remaja dibutuhkan sistem manajemen diri yang mana akan menjadikan mereka lebih mandiri dan juga bisa mengatur diri mereka. Di lingkungan masjid sendiri menyediakan sebuah wadah yang di sebut dengan Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) untuk mengumpulkan remaja-remaja ini dalam mengeksplore kemampuan atau bahkan kreativitas mereka sehingga akan menjadikan mereka mampu untuk mengatur waktu bahkan belajar untuk mengendalikan diri mereka baik dari sisi emosional, perbuatan, perkataan, atau bahkan tingkah laku. Selain itu dengan IRMAS diharapkan supaya remaja-remaja ini bisa mengatur waktur diri mereka untuk hal-hal yang bersifat positif sehingga mereka tidak akan bingung akan melangkah kemana.
Dari permasalahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Ikatan Remaja Masjid Baiturrohman dalam mengembangkan manajemen diri remaja yang ada di Desa Sijeruk dan bagaimana cara remaja Masjid Baiturrohman dalam menerapkan manajemen diri. Sedangkan kegunaan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan kepada remaja yang ada di Desa Sijeruk tentang peran Ikatan Remaja Masjid dalam mengembangkan manajemen diri mereka, sebagai bahan evaluasi untuk remaja untuk bisa menjadikan diri mereka lebih baik lagi dan memiliki karakter yang akhlakul karimah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat penelitian di Masjid Baiturrohman Desa Sijeruk Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Sumber data primer dalam penelitian ini ialah Remaja Masjid Baiturrohman. Dan untuk informan pendukungnya Alumni Ketua IRMAS. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa remaja-remaja yang tergabung dalam IRMAS Baiturrohman ini mereka sudah menerapkan sistem manajemen diri walau belum bisa sempurna dalam penerapannya. Untuk peran IRMAS dalam mengembangkan manajemen diri remaja di Desa Sijeruk ini dikatakan sudah bisa melakukannya dengan baik. Cara yang mereka lakukan yaitu dengan membuat kegiatan-kegiatan yang bersifat positif dan tentunya kegiatan yang akan menarik minat remaja-remaja ini. Seperti kegiatan wisata religi yang dilakukan satu tahun sekali. Tujuannya yaitu remaja-remaja ini tidak hanya mendapaat ilmu, kemanfaatan dari ziarah juga tetap mencampurkan sisi kesenangan dari remaja-remaja ini yaitu berlibur. Dengan berziarah ini diharapkan mereka bisa menajdi sosok yang religius, bisa menjadikan diri mereka lebih sabar dan mampu untuk mengendalikan emosi mereka. Karena masa remaja sendiri adalah masa yang penuh dengan badai dan tekanan. Selain itu IRMAS Baiturrohman sudah bisa memberikan arahan untuk remaja-remaja ini dalam memanajemen diri mereka masing-masing walau belum bisa sempurna.
DAFTAR PUSTAKA :
Agustiani Hendrianti, 2006, Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Diri dan Penyesuaian Diri Pada Remaja, Bandung: PT. Refika Aditama.
Andriyansah, 2020, “Peranan Remaja Islam Masjid (RISMA) Baabusalam Dalam Membina Akhlak Remaja Di Desa Pekalongan Kecamatan Prkalongan Lampung Timur”, Skripsi Sarjana Pendidikan Lampung Timur: Institut Agama Islam Negeri Metro.
Anekasari Rahmi, 2018, Psikologi Perkembangan, Cet.2, Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
D.Gunarsa , 1986, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: PT.BK Gunung Mulia.
Daradjat Zakiah, 1993, Kesehatan Mental, Cet.10, Jakarta: Gunung Agung.
Desmita, 2013, Psikologi Perkembangan, Cet.8, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Elizabeth. Hurlock, 2002, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Cet.5, Jakarta: Erlangga.
Fadhil Abdul dkk, “Upaya Ikatan Remaja Masjid Jami Nurul A’la dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Jatiluhur Jatiasih Bekasi”, Jurnal Studi Al-Qur’an.
Fakhrurrazi, 2019, “Karakteristik Anak Usia Murahiqah (Perkembangan Ko gnitif, Afektif, dan Psikomotorik)”, Jurnal Ilmu Pendidikan.
Gunawan Imam, 2016, Metode Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-4, Jakarta : Bumi Aksara.
Iskandar, 2017, “Pengaruh Pelatihan Manajemen Diri dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Manajemen Pendidikan”, Jurnal Teknologi Pendidikan.
Ismail Qusyairi dan Moh. Achmad, 2007, Pelayanan dan Tamu di Rumah Allah, Jawa Timur: Pustaka Sidogiri.
Jamaludin Adon Nasrullah, 2016, Dasar-Dasar Psikologi Sosial, Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Jazimah Hanum, 2014, “Implementasi Manajemen Diri Mahasiswa dalam Pendidikan Islam”, Jurnal Kajian Pendidikan Islam.
Moleong Lexy J, 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Monk dkk, 2002, Psikologi Pekembangan : Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mudarrisa, 2014, “Implementasi Manajemen Diri Mahasiswa dalam Pendidikan Islam”, Jurnal Kajian Pendidikan Islam.
Nuwairah Nabud, “Peran Keluarga dan Organisasi Remaja Masjid dalam Dakwah Terhadap Remaja”,Jurnal Al-Hiwar.
Rahmaningrum Eka Novia dkk, “Peranan Remaja Masjid Darussalam dalam Meningkatkan Kualitas Shalat Berjama’ah di Masjid Desa Rambah Muda”, Tasmin Journal for Community Service.
Rahmat Abdul & M. Arief Effendi, 2013, Seni Memakmurkan Masjid, Gorontalo: Ideas Publising.
Rumini Sri & Siti Sundari, 2004, Psikologi Remaja, Jakarta: Gunung Mulia.
S. Sarwono, 2011, Psikologi Remaja, Jakarta: PT. Rajagrapindo.
S. Yusuf, 2004, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: PT. Remaja Rodaskarya.
Sary Yessy Nur Endah, 2017, “Perkembangan Kognitif Dan Emosi Psikologi Masa Remaja Awal”, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Siregar Bahtiar, 2020, “Efektivitas Fungsi Remaja Masjid dan Badan Kenaziran Masjid Dalam Pengembangan Kegiatan Keagamaan Di Nagori Wonorejo Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun”, Jurnal Universitas Pembangunan Panca Bali.
Siswanto, 2005, Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid Jakarta: Pustaka al-kautsar.
Solikhah Maghfirotul Laila, 2019, “Peranan Remaja Masjid Hasan Ma’rif Dalam Penguatan Akhlakul Karimah Di Desa Kecandran RT 01-02/ RW 01-02 Sidomukti Salatiga Tahun 2018-2019”, Skripsi Sarjana Pendidikan Saalatiga: Institut Agama Islam Negeri Slatiga.
Sutarmadi Ahmad, 2002, Visi Misi dan Langkah Strategis Pengurus Dewan Masjid Indonesia dan Pengelolaan Masjid,(Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Yani Ahmad, 2016, Paduan Memakmurkan Masjid Kajian Praktis Bagi Aktivis Masjid, Jakarta: LPPD Kahiru Ummah.
Yusuf Syamsul, 2014, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Remaja Rosdakarya.
23SK2321162.00 | SK PAI 23.162 IND p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain