SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Untuk Menjaga Kerukunan Antar Ummat Beragama Siswa di SMP Negeri 1 Kota Tegal
Kata Kunci : upaya guru, keberagaman, toleransi
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya toleransi keberagaman yang memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan, oleh karena itu sangat diperlukan penanaman toleransi di lembaga formal seperti sekolah. Pendidikan toleransi perlu diajarkan disekolah karena sangat penting untuk menjaga kerukunan antar ummat beragama. Hal ini berupaya penting bagi guru dalam mengajarkan, memotivasi, memahamkan dan menanamkan kepada siswa tentang pentingnya toleransi. Untuk itu upaya guru menanamkan toleransi dengan menggunakan beberapa pendekatan yang akan diterapkan siswa yang bertujuan agar dapat menghormati dan menghargai pada perbedaan keberagaman.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam menanamkan nilai toleransi untuk menjaga kerukunan antar ummat beragama siswa di SMP Negeri 1 Kota Tegal. Kemudian apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam menanamkan nilai toleransi untuk menjaga kerukunan antar ummat beragama siswa di SMP Negeri 1 Kota Tegal. Adapun tujuan penelitian yaitu (1) untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan nilai toleransi untuk menjaga kerukunan antar ummat beragama siswa di Smp Negeri 1 Kota Tegal, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam menanamkan nilai toleransi untuk menjaga kerukunan antar ummat beragama siswa di Smp Negeri 1 Kota Tegal.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya Guru dalam menanamkan nilai toleransi untuk menjaga kerukunan antar ummat beragama siswa di SMP Negeri 1 Kota Tegal sudah baik, dengan mengupayakan yang dilakukan guru dalam menanamkan toleransi ialah menghormati keyakinan orang lain, menghargai perbedaan orang lain dan pemahaman kepada peserta didik, sedangkan pengimplementasikanya guru menggunakan beberapa pendekatan, seperti pendekatan persuasif, pendekatan individu, dan pendekatan secara kelompok, maupun kegiatan-kegiatan yang ada pada saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Sedangkan Faktor pendukung dalam menanamkan toleransi itu dari faktor pendukung internal yaitu adanya kinerja guru yang baik, kegiatan ekstrakurikeler, sedangkan dari faktor pendukung ekternal yaitu dari keharmonisan keluarga dan kerja sama dalam lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat internal kurangnya ketenagaan guru agama, dan kurangnya kesadaran diri pada siswnya, sedangkan faktor penghambat eksternal yaitu dari lingkungan sekolah sebelumnya dan kurangnya interaksi dalam lingkungan rumah.
DAFTAR PUSTAKA :
Ake, Meliati. 2019. Kehidupan Toleransi Beragama Disekolah, Jambura Early Childhood Education Journal.
Araniri, Nuruddin, 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Keberagaman Yang Toleran” Majalengka: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. Vol 6, No 1.
Aziz,Amrullah. 2015. Pendidikan Profesional Yang Berjiwa Islami . Jurnal Studi. Vol 10, No 1.
Bunga, Putri Komala Pua. 2018. Toleransi Umat Beragama dan Pengaruhnya Terhadap Kerukunan Masyarakat di Desa Tendakinde Kecamatan Wolowae Kabupaten Nageko Nusa Tenggara Timur, Skripsi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar
Darajat, Rafi, dkk. 2018. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti, Jurnal Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam.
Darmadi, Hamid. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional, Jurnal Edukasi. Vol 13, No 2.
Depdikbud, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Djollong, Fitriani Andi,dkk. 2019. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antara Ummat Beragama Peserta Didik Untuk Mewujudkan Kerukunan. Jurnal Al-Ibrah Vol VIII, No 01.
Dosen STIT PGRI Pasuruan. 2017. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Radikalisme Agama Di Sekolah, Journal Of Islamic Education (JIE). Vol 11 No 1 Mei.
Evitamala. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Antara Umat Beragama Siswa Di SMP N 2 Donggo Kabupaten Bima” Donggo: Skripsi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hadi, Sustrisno. 1986. Metode Penelitian Research II, Yo gyakarta: Andi Offiset.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, Cet 3.
Hamid, Abdul. 2017. Guru Profesional, Al-Falah, (XVII)
Handayani,Febri. Toleransi Beragama Dalam Perspektif HAM Di Indonesia, Staf Pengajar Fakultas dan ilmu Hukum UIN Sus Riau.
Hasana,Damayanti Frila, dkk. 2021. Pentingnya Sikap Toleransi Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Harmony. Vol 6, No 2.
Ismatulloh,A.M. Konsep Sakinah, Mawadah dan Rahmah dalam Al-Quran (Persepektif Penafsiran Kitab Al-Quran dan Tafsiranya) Mazahib, Jurnal Pemikiran Hukum Islam
Jufri, dkk. 2021. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menjaga Sikap Toleransi Peserta Didik Antar Agama DI SMP Negeri 14 Kota Kupang. Al-Manam: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman Vol 01. No 2.
Juhji. 2016. Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan, Studi Didaktika Jurnal Ilmiah Pendidikan.Vol 10, No 1.
Kaelan, 2016. “Pendidikan Pancasila”, Yogyakarta: Paradigma
Kholil, Makrum. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi STAIN Pekalongan, Pekalongan: STAIN Press.
Koencoroningrat. 2003. Metodologi Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia Persada.
Martsiswati, Ernie, Yoyon Suryono. Peran Orang Tua Dan Pendidikan Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Moh Noor, Moh. 2019 ,Guru Profesional Dan Berkualitas, Semarang: Al-PRIN.
Moloeng Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mukmin,Taufik. 2018. Pendekatan Dalam Mengajar Perspektif Syaiful Bahri Djamarah Dan Abuddin Nata. Jurnal el-Ghiroh Vol XIV, No 01.
Maryam, Siti. 2020. Pendekatan Persuasif Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pengamalan Ajaran Agama Islam Di SMP Negeri 1 Pangkajene, (Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar)
Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putra, Hutama Ardo. 2021. “Pembinaan Toleransi Antar Umat Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smas Paramarta 1 Seputih Banyak” (Lampung: Skripsi UIN Raden Intan Lampung)
Rijali, Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, No 33, Januari-Juni XVII.
Rosadi, Arif. 2018 “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menginternalisasikan Nilai Nilai Toleransi Antar Umat Beragama Di SMA Dharmawangsa Medan”. (Medan: Skripsi UIN Sumatra Utara Medan)
Safitri,Nelvin Eka. 2020. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Antara Umat Beragama Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi, (Skripsi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Salim, Peter, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Modern English Press.
Sembiring, Lesta. 2014. Martyria Sebagai Wujud Kebebasan Moral. Jurnal Filsafat.Vol 17, No 2.
Sudjiono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suprihatiningrum, Zamil, 2016. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kulitas, Klasifikasi, dan Kompetensi Guru. Jakarta: Ar-ruzz Media.
Usman, Husaini. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Untung, Selamet Moh. 2019. Metodologi Penelitian Teori Dan Praktik Riset. Pendidikan Dan Sosial. Yogyakarta: Literasi
Wijayanti, Yuliana Tri. 2016. Konsep Kebebasan Beragama Dalam Islam Dan Kristen. Jurnal Studi Islam. Vol 17, No 1.
23SK2321157.00 | SK PAI 23.157 BON u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain