SKRIPSI PAI
Strategi Pembelajaran Metode Tiqui Taca Dalam Program QTA (Quantum Tahfidz Al-Qur'an) di PPTQ Al-Asy'ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo)
Kata Kunci: Metode Tiqui Taca, Program Quantum Tahfidz Al-Qur’an
Skripsi ini membahas tentang strategi pembelajaran metode tiqui taca dalam program QTA (Quantum Tahfidz Al-Qur’an) di PPTQ Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengan Wonosobo. Program QTA ini merupakan program percepatan hafalan Al-Qur’an yang menggunakan metode tiqui taca. Dimana metode ini mengkombinasikan antara penggunaan otak kanan dan otak kiri.
Adapun rumusan masalahnya, yaitu Bagaimana strategi pelaksanaan pembelajaran metode tiqui taca dalam program Quantum Tahfidz Al-Qur’an di PPTQ Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran metode tiqui taca dalam program Quantum Tahfidz Al-Qur’an di PPTQ Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo. Tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui bagaimana strategi pelaksanaan pembelajaran metode tiqui taca dalam program Quantum Tahfidz Al-Qur’an di PPTQ Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran metode tiqui taca dalam program Quantum Tahfidz Al-Qur’an di PPTQ Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Program Quantum Tahfidz Al-Qur’an ini sangat berpengaruh sekali bagi para santri yang mengikuti program tahfidz. dengan program ini para santri dapat mengkhatamkan dengan cepat dan sesuai dengan target yang di tentukan. Program ini diterapkan pada program pasca tahfidz karena jika diterapkan pada pra tahfidz mereka masih belum bisa menalar rumus-rumus yang diberikan. Faktor pendukung meliputi: motivasi penghafal santri, penguasaan hafalan dan tafsir, kegiatan pelatihan otak kanan dan otak kiri, peran orangtua. Faktor penghambat meliputi: susahnya menggunakan rumus QTA, muroja’ah santri, seleksi penerimaan, padatnya jadwal kegiatan.
DAFTAR PUSTAKA :
Aini, Nur. 2019. Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Muttaqin Mersi Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Skripsi. FTIK IAIN Purwokerto.
Al-Asy’ari, Abdurrahman. 2018. NLP for Tahfidz Al-Qur’an. Wonosobo: BitiDjaya.
Al-Asy’ari, Abdurrahman. 2018. Teori Quantum Tahfidz Qur’an. Wonosobo: BitiDjaya.
Al-Asy’ari, Abdurrahman. 2018. Tiqui Taca Learning. Wonosobo: Yayasan Al-Asy’ariyyah.
Al-Asy’ari, Abdurrahman. 2017. Tiqui Taca Tahfidz. Wonosobo: Yayasan Al-Asy’ariyyah.
Amri, Sofan dan Muhammad Rohman. 2012. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Karya.
Az-zamawi, Fattah Abdul Yahya. 2015. Revolusi Menghafal Al-Qur’an Cara Menghafal, Kuat Hafalan dan terjaga Seumur Hidup. Surakarta: Al-Andalus.
De Porter, Boobi & Sarah Singer Nourie. 2000. Mempraktikan Quantum di Ruang-ruang Kelas. terj. Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.
Hidayah, Nurul. 2016. Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qu’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Ilmiah, Vol. 04, No. 01.
Iskandar. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persad Press.
J. Moleong, Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitati. Bandung: PT. Miarso.
Ma’wa, Dzurrotul. 2018. Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto Selatan Banyumas. Skripsi. FTIK IAIN Purwokerto.
Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Maskur, Abu Maskur. 2018. Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. Ilmu Al-Qur’an: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1. No. 02.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Najib, Mughni. 2018. Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafal Al-Qur’an bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Studi KeIslaman, Vol. 8, No. 3.
Nggermanto, Agus. 2002. Quantum Quotient. Bandung: Nuansa.
Raco, R, J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
RI, Agama Departemen. 2011. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Bintang Indonesia.
Rohman, Muhammad dan Sofan Amri. 2012. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Karya.
Rosmiati dan Aziz. 2019. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sibuku.
Saifuddin, Muhammad. 2000. Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul ‘Ilmi Banjarbaru. Al-Fallah: Jurnal Ilmiah KeIslaman dan Kemasyarakatan. Vol. 20. No. 1.
Salsabila. 2021. Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Rumah Qur’an Sabilul Muhtadiin Kelurahan Payo Selincah Kecamatan Paal Merah Kota Jambi Provinsi Jambi. Skripsi. FTIK UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Untung, Slamet. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi
W, John dan Cresswell. 2016. Research Design Penelitian Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yayan, Fauzan, A, H, Masagus. 2015. Quantum Tahfidz (Metode Cepat dan Mudah Menghafal Al-Qur’an). Jakarta: Emir Cakrawala Islam
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan Edisi Pertama. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
23SK2321154.00 | SK PAI 23.154 INT s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain