SKRIPSI PAI
Keteladanan Kyai Dalam Membina Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Nurul Qur'an Pekalongan
Kata Kunci: Keteladanan Kyai, Pembinaan Karakter dan Disiplin Santri
Dalam membina karakter santri atau murid, faktor keteladanan Kyai atau pendidik sangat menentukan. Terlebih terkait erat dengan proses pembinaan karakter disiplin bagi santri. Dalam proses membina karakter disiplin santri. Lazimnya seorang Kyai adalah menjadi suri tauladan dan mencontohkan sikap yang baik kepada santri-santrinya secara langsung agar berjalan dengan baik dan maksimal, selanjutnya apakah karakter disiplin santri juga berkembang menjadi lebih baik.
Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini berdasarkan uraian diatas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Keteladanan Kyai dalam membina karakter disiplin santri Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pekalongan?. (2) Apa saja hal-hal yang menjadi faktor pendukung dan penghambat keteladanan Kyai dalam membina karakter disiplin santri Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pekalongan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) Untuk menjelaskan Keteladanan Kyai dalam membina karakter disiplin santri Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pekalongan. 2) Untuk menjelaskan hal-hal yang menjadi faktor pendukung dan penghambat keteladanan Kyai dalam membina karakter disiplin santri Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan verifikasi (Conclution Drawing).
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan sebagai berikut: Pertama bahwa keteladanan Kyai dalam membina karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pekalongan dengan: 1) shalat berjamaah 2) membaca dan menghafal Al-Qur’an 3) pengajian kitab kuning, 4) ziarah kubur. Kedua, faktor penghambat dan pendukung. Faktor pendukung antara lain: 1) Kyai tidak pernah putus asa memberi keteladanan, 2) Pengurus dan ustadz pondok pesantren sabar dalam membimbing, 3) Santri tawadhu’ dan ta’dzim kepada Kyai, 4) Dukungan dari wali santri, 5) Dukungan dari masyarakat sekitar pondok pesantren. Faktor penghambat antara lain: 1) Faktor bahasa, 2) Faktor pergaulan dan 3) Faktor latar belakang santri.
DAFTAR PUSTAKA :
Abbas, Ersis Warmansyah, Pendidikan Karakter (Bandung: FKIP Unlam Press, 2014)
Abdurrahman, Muhammad, Pendidikan Karakter Bangsa (Banda Aceh: 'Adnin Foundation Publisher, 2018)
Alfath, Khairuddin, “Pendidikan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro” (Yogyakarta: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, No.1, IX, 2020)
Al-Farisi, Mochammad Salman, “Peran Kyai dalam Pembentukan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Kun Aliman Mojokerto”, Skripsi Sarjana Pendidikan (Malang: Perpustakaan UIN Malang, 2020)
Al-Furqan, Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren dan Upaya pembenahannya (Padang: UNP Press Padang, 2015)
Alam, Mansur, Model Pesantren Modern Sebagai Alternatif Pendidikan Masa Kini dan Mendatang (Jakarta: Gaung Persada Press, 2011)
Anam, Choirul, “Model Pembinaan Disiplin Santri” (Surabaya: Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Surabaya, No. 2, II, 2014)
Anam, Wahidul, Risalah Al-Qur’an Empat Puluh Hadits Shahih Tentang Keutamaan Al-Qur’an, (Blitar: MSN Press, 2017)
Arifin, Muhammad “Strategi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Disiplin Perguruan Tinggi” (Medan: Jurnal EduTech Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, No. 1, III, 2017)
Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, Tafsir Al-Qur’an Tematik Pendidikan, Pembangunan Karakter dan Pengembangan Sumber Daya Manusia: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (Jakarta, 2010)
Hanafie, Wardah dan Abdul Halik, Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren (Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019)
Hawi, Akmal, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Rajawali Pres, 2014)
Jauhary, Hadziq, Hidup Sukses Dengan Disiplin (Tangerang: Mutiara Aksara, 2021)
Karim, Bisyri Abdul Strategi Pembelajaran Kitab Kuning (Makassar: LPP UNISMUH Makassar, 2020)
Khoiron, Ahmad Mustamil, Metode Penelitian Kualitatif (Semarang : Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, 2019)
Koesoema, A. Doni, Strategi Pendidikan Karakter Revolusi Mental dalam Lembaga Pendidikan (Yogyakarta: PT. Kanisius, 2015)
Kurniawan, Syamsul, Pendidikan Karakter Sekolah (Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru, 2017)
Lomu, Lidia dan Sri Adi Widodo, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa” (Yogyakarta: 2018)
M. Hasyim dan Abdullah Botma, Konsep Pengembangan Pendidikan Islam (Makassar: Kedai Aksara, 2014)
Matondang, Asnawati, ”Suatu Tinjauan Tentang Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru” (Medan: Best Journal, Biology, Education, Science & Technology Universitas Islam Sumatra Utara, No. 02, I, 2018)
Muftisany, Hafidz, Kitab Kuning Dan Lahirnya Ulama (Karanganyar: Intera, 2021)
Muhajir, Materi Dan Metode Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an (Banten: Lembaga Pendidikan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2015)
Mustoip Sofyan, Muhammad Japar dan Zulela Ms, Implementasi Pendidikan Karakter (Surabaya: Jakad Publishing, 2018)
Nafi, Muhammad, Pendidik Dalam Konsepsi Imam Al-Ghazali (Yogyakarta: Deepublish, 2017)
Nofiaturrahmah, Fifi, “Metode Pendidikan Karakter Pesantren” (Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. No. 2. XI, 2014)
Pakar, Sutejo Ibnu. Tradisi Amaliyah Warga NU Tahlilan-Hadiyuan Dzikir dan Ziarah Kubur (Cirebon: Kamu NU, 2015)
_______, Pendidikan Pesantren (Cirebon: CV. Elsi Pro, 2016)
Patoni, Achmad, Kiai Pesantren dan Dialektika Politik Kekuasan (Tulungagung: IAIN Tulungagung Press, 2019)
Prasetyo, Nana, Membangun Karakter Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011)
Purnomo, M. Hadi, Kiai Dan Transformasi Sosial (Yogyakarta: Absolute Media, 2016)
Riyanto, Edy dkk, Implementasi Pendidikan Agama Dan Pendidikan Karakter (Tangerang: Media Edukasi Indonesia, 2019)
Saepuddin, Konsep Pendidikan Karakter Dan Urgensinya Dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-Ghazali (Bintan: STAIN SAR Press, 2019)
Saihu, Made, Manajemen Berbasis Madrasah Sekolah dan Pesantren (Tangerang: Yapin An-Namiyah 2020)
Supriyanto, “Strategi Penanaman Karakter Disiplin Santri” (Kendari: Jurnal Pemikiran Islam IAIN Kendari, No. 1, VII, 2021)
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian (Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015)
Untung, Slamet, Sejarah Sosial Pesantren Menurut Prof. KH. Saifuddin Zuhri (Pekalongan: IAIN Pekalongan Press. 2018)
23SK2321153.00 | SK PAI 23.153 FAT k | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain