SKRIPSI PAI
Penguatan Akhlakul Karimah Melalui Metode Pembiasaan Religius di Kelas VII MTS Salafiyah Al Muttaqin Medono
Kata Kunci : Penguatan, Akhlakul Krimah, Metode Pembiasaan Religius
Akhlak merupakan suatu kebiasaan dari seseorang yang secara spontan keluar dari hati nuraninya yang paling dalam tanpa adanya suatu paksaan dari sudut dan faktor manapun serta tanpa melalui sebuah perencanaan terlebih dahulu, sehingga seakan-akan seperti halnya sebuah kebiasaan yang sudah terlatih secara continue dan sehingga nantinya melahirkan sebuah sifat yang baik/buruk secara mudah dan spontan. Membina akhlak tentunya harus di mulai sejak dini mungkin termasuk pada saat anak tersebut berada di masa-masa sekolah/madrasah. Biasanya anak yang telah masuk di lemabag pendidikan seperti sekolah atau madrasah disebutnya dengan peserta didik.
Rumusan masalah: (1) Bagaimana akhlakul siswa kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin? (2) Bagaimana penguatan akhlakul karimah siswa kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin menggunakan metode pembiasaan religius? Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan akhlakul karimah siswa kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono. (2) Untuk mendeskripsikan penguatan akhlakul karimah siswa kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin menggunakan metode pembiasaan religius.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitataif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Metode analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif yakni meliputi reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : penguatan akhlakul karimah siswa di MTs salafiyah al muttaqin medono sudah berjalan dengan baik. Penguatan akhlakul karimah siswa dengan cara menjadi teladan, pemberian nasehat, pembiasaan, dan hukuman. akhlak siswa sudah tergolong sudah baik dimadrsah tersebut. Adapun faktor yang mempengaruhi penguatan akhlakul karimah siswa dibagi menjadi 2 fakor pendukung adanya kegiatan-kegiatan religius dilaksanakan setiap hari dan kerjasama yang dilakukan antar sesama guru dalam membina akhlakul karimah siswa, faktor penghambat adanya keterbatasan waktu, siswa kurang menyadari mengenai akhlak baik, Kurangnya perhatian orang tua, serta Lingkungan masyarakat khususnya lingkungan pergaulan. Solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan dalam penguatan akhlakul karimah siswa yakni memberikan nasihat, menjaga hubungan yang baik terhadap orang tua/wali siswa secara aktif dan guru selalu kerjasama dengan guru yang lainnya.
DAFTAR PUSTAKA :
Alawi, Asep Habib Idrus. 2020. “Pendidikan Pengutan Karakter Melalui Pembiasaan Akhlak Mulia” Jurnal Pendidikan Agama Islam, volume 2 nomor 2 Juli.
Amin, Alfauzan. 2018. Model Pembelajaraan Agama Islam Di Sekolah. Yogyakarta: Samudra Biru.
Anwar Roshidin. 2016, Akidah Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,. Jakarta: Rineka Cipta.
Azis, Moh. Rifiqi dan Ruslan. 2021. “Upaya Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa dalam Pembelajaran PAI di Era Milenial” jurnal Penelitian dan Pemikiran Islam Volume 8 Nomor 1 pada bulan Pebruari.
Bungin, Burhan. 2008. Metodelogi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijaka Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Faqih, Aunur Rahim. Amir Mu’alim. 2012. Ibadah dan Akhlak dalam Isalam, ( Jogjakarta: UII.
Gunawan, Heri. 2013 Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Hakim, Atang Abdul dan Mubarok, Jaih. 2017. Metodologi Studi Islam. Bandung: Rosda Karya.
Irawati, Hani Riska. 2017. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Etika Berkomunikasi Siswa di SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018”, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Metro.
Irawati, Hani Riska. 2017. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Etika Berkomunikasi Siswa di SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018”, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Metro.
Kholisin Dkk, 2012. Buku Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Madrasah Aliyah Kelas 10, Jakarta: Media Ilmu.
Kurniawati, Septi Adita. 2018. “Peran Guru Dalam Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Untuk Menumbuhkan Cinta Al-Qur’an Siswa Di SMP Salafiyah Pekalongan” Skripsi. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Mahardika, Galang Prihadi. 2019. Digitalgame Based Learning Dengan model Addie Untuk Pembelajaran doa sehari-hari jurnal teknoin, Vol. 22 No.2 Juni
Marzuki. 2017. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah
Mulyasa, E. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter (Jakarta: PT. Bumi Aksara
Nata, Abuddin. 2017. Akhlak Tasawuf Dan Karakter Mulia, (Jakarta: Rajawali Press
Ni’mah. 2013. Analisis Buku Ajar Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah, Literasi,Vol.IV. No.2 Desember
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta
Rahamatullah, Azam Syukur. 2016. ”Upaya Pengutan Motivasi Berakhlakul Karimah Terhadap Peserta Didik Beribu Nenek dengan Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim” jurnal(Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume 1 Nomor 2 pada bulan Juli-Desember
Ramayuli., 2015. Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia
Rossyida, Oktania Hainur. 2019. “Upaya Guru Pendidikan Agama Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa Di SMPN 1 Talun Blitar” Jurnal Pendidikan Agama Islam volume 2 nomor 2 Juli.
Sc.Syekhnurjati. 2020. “Pembinaan Akhlakul Karimah Remaja Usia 13-15 Tahun“
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPPP. Jakarta: Kencana
Sugiono. 2020. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsaputra,Uhar. 2012. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Tindaakan. Bandung: PT. Refika Aditama
Sulistiana, Rita. 2017. “Penanaman Cinta Al-Qur’an Melalui Tadarus Pada Siswa MTs Ma’arif NU Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas” Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto
Suma, M. Amin. 2014. Ulumul Qur’an. Jakarta: Raja Grafindo Persada
23SK2321152.00 | SK PAI 23.152 MUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain