SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Qiro'ati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di TPQ Masjid Walisongo Kota Pekalongan
Kata kunci: Metode Qiroati, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an
Pendidikan ialah cara yang nyata dilaksanakan untuk membuat manusia memgalami perubahan kearah yang lebih baik. Pendidikan umum maupaun pendidikan agama selalu menyesuaikan tujuannya yaitu menciptakan sikap dan perilaku dewasa kepada anak didiknya, baik intelektualnya, emosionalnya, maupun spiritualnya. Pembelajaran yaitu hubungan antara siswa dengan lingkunganya, melalui tempat tinggalnya peserta didik bisa menyesuaikan perilaku sesuai dengan norma yang digunakan di lingkungannya sehingga memiliki perilaku yang baik. Setiap kegiatan pembelajaran memerlukan metode yang tepat, begitu juga pengejaran Al-Qur’an membutuhkan metode yang sesuai supaya anak mudah mempelajarari Al-Qur’an dengan cepat, tepat, lancar, tartil dan sempurna.
Metode Qiroati meupakan salah satu pendekatan mengajar baca Al-Qur’an. Metode Qiroati ini adalah membaca Al-Qur’an langsung memasukan dan mempraktekkan bacaa tartil sesuai dengan qaidah ilmu tajwid. TPQ Masjid Walisongo termasuk pendidikan non formal karena lembaga yang didirikan oleh masyarakat yang bertujuan mewujudkan kepedulian pengenalan pendidikan agama atau membentuk akhlakul karimah di lingkungan masjid besar walisonggo. TPQ Masjid Walisongo menggunakan metode Qiroati dalam proses pembelajarannya yang disampaikan secara klasikal kemudian siswa membaca secara individu.
Dalam penelitian ini penulis akan merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana implementasi metode qiro’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Masjid Walisongo Kota Pekalongan?, (2) Apa kelebihan dan kekurangan metode Qiroati dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Masjid Walisongo Kota Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk memahami implementasi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi metode Qiroati dalam Pembejaran Al-Qur’an di TPQ Masjid Walisongo Kota Pekalongan. (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode Qiroati dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Masjid Walisongo Kota Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis adalah Penelitian ini bisa memberikan sumbangan pengetahuan dan menjadi rujukan penelitian yang akan datang tentang metode membaca Al-Qur’an. Serta kegunaan penlitian secara praktis adalah (1) Bagi penulis: memperluas pengetahuan tentang metode pembelajaran khususnya metode pembelajaran membaca Al-Qur’an. (2) Bagi siswa: untuk mendorong motivasi dalam belajar membaca Al-Qur’an. (3) Bagi Guru dan lembanga supaya bisa dijadikan rujukan dalam kegiatan pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (feild resarch), penelitian dengan cara mengumpulkan informasi, langsung mengamati dan menulis orang-orang yang ada setting atau tempat dengan menggunakan pendekatan kualitatif, tata cara penelitian yang berasal dari perilaku seseorang yang bisa diamati dalam bentuk data deskripsi berupa kata-kata atau lisan. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan, Observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian tekik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Data kualitatif akan di analisa dengan menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode qiroati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Masjid Walisongo Kota Pekalongan, yaitu guru sudah menyiapkan materi pembelajaran beserta tujuannya. Materi dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya membahas tentang ilmu tajwid tetapi juga memyampaikan materi tentang ilmu fiqih, tahid dan tarikh. Menggunakan sumber belajar yang sudah dikeluarkan oleh Batko Kota Pekalongan. Dalam kegiatan pembelajaran juga menggunakan metode Ceramah, Tugas, Tannya Jawab, Drill, Demonstrasi, Klasikal dan Individual. Evaluasi hasil belajar menggunakan Testertulis dan Nontertulis.
Dalam kegiatan pembelajaran metode Qiroati memiliki kelebihan sudah digunakan sejak lama dan disepakati oleh Batko, guru yang mengajar sudah ditakhsis, anak anak lebih mudah mengerti. Kekurangannya, makharijul hurufnya terutama guru belum bisa mencontohkan huruf sesuai dengan makhrajnnya, setiap anak memiliki karakter sendiri-sendiri, sehingga guru harus melakukan observasi pada masing-masing anak tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing anak. Setiap anak memiliki catatan masing-masing sehingga dalam menyampaikan materi pada anak sesuai dengan batas kemampuan anak tersebut.
DAFTAR PUSTAKA :
Afandi Muhammad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, Semarang: UNISsULA Press
Ali Rahmadi. 2017. “Efektifitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siawa SDIT BUNAYYA MEDAN”. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora. Volume 2 Nomor 1, Mei.
Aliwar. 2016. “Penguatan Mode Pembelajaran Baca Tulis Quran Dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA). Jurnal Al- Ta’dib”. Volume 9 Nomor 1, Januari-Juni.
Arischa Suci. 2019. “Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru”. Jurnal JOM FISIP Volume 6 Nomor 1, Januari.
Asrul, Rusydi Ananda, Rosnita. 2014. Evaluasai Pembelajaran, Bandung: Citapustaka Media.
Astuti Rini . 2013. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavoir Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 7 Nomor 2, November.
Bahrun Ali Murtopo, Syifa Maulana. 2019. “Pengutan Model Pembelajaran Baca Tulis Qur’an dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA). Ejournal, Cakrawla: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial. Volume 3 Nomor 1.
Dhaifi Ahmad. 2018. Perkembangan Kurikulum PAI Di Indonesia, Jurnal Edureligia, Vol. 01, No. 01
Dina Novita Amaliyah. 2020. “Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Tunagrahita Di TPQ Darul Hamdi Malang”, Skripsi Pendidikan Agama Islam, Malang; Uiversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Farida Eneng, Hana Lestari, Zulfikar Ismail. 2021. “Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Studi Kasus di SDIT Insantama Leuwiliang”. Region Education Social Laa Roiba Jurnal. Volume 3 Nomor 1.
Giri Syitami Candani. 2018. “Implementasi Metode Qiroati Pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di TPQ Al-Falah Bobosan Purwokerto Utara Banyuma”, Purwokwrto: Skripsi IAIN Purwokerto.
Hanifuddin Ahmad Ishaq dan Ruston Nawawi. 2017. “Ilmu Tajwid dan Implementasinya Terhadap Ilmu Qira’ah. Jurnal: QOF. Volume 1 Nomor 1, Januari.
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kurniawati. 2015. “Pendidikan Sejarah dalam Kurikulum di Republik Federal Jerman: A Lesson Learned”. Jurnal: Pendidikan Sejarah. Volumen 4 Nomor 1, Januari.
Machrus Ahmad Najib. 2009. “Problematika Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Yanbu’a Dan Solusinya (Studi Di TPQ Al-Hasyim Wilagung Gajah Demak)”, Semarang: Skripsi Fakultas Tarbiyah, Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
Maryani Listya. 2018. “Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an DI SD IT Mutiara hati Purwareja Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara”. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Purwokweto: IAIN Purwokerto.
Murtin Mahin. 2015. “Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di TPQ Al-Hasani Gampingan Pagak Malang”, Skripsi Pendidikan Agama Islam, Malang: Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Mustaqim Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: IAIN Pekalongan Press.
Nopiyanti Dian, Abdul Ghofar, Nawawi. 2018. “Pengaruh Metode Qiraati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia 7-12 Tahun Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatus Shibyan Desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakaan Kabupaten Cirebon”, Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1, Juni.
Nunung. 2020. “Implememtasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Ta’allumil Qur’an Al-Multazam Broni Kota Jambi”. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Jambi: Universitas Negeri Islam.
Nur Wahyudin Nasution. 2017. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Nurdin Ismail, Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitaian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Nurdyansyah, Andiek Widodo. 2015. Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Prasasti Dhita. 2018. “Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan”, Jurnal Lontar Vol. 6, No. 1, Januari-Juni.
Purnama Ita Sari. 2021. “Ilmu Tajwid Melaui Metode Qiroati Dalam Membaca Al-Qur’an”, Skripsi Pendidikan Agama Islam, Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Rochanah. 2019. “Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Qiroati (StudiKasus Di TPQ Nurussalam Lau Dawe Kudus)”. Jurnal Thufula. Volume 7 Nomor 1, Januari-Juni.
Siyoto Sandu, Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sulfasyah, Jamaluddin Arifin. 2016. “Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja”. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiolog. Volume IV Nomor 2, November.
Untung Slamet. 2019. Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial). Yogyakarta: Litera.
23SK2321151.00 | SK PAI 23.151 CHU i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain